Pendidikan

Yuk Kenali Prospek Kerja Psikologi dengan Gaji Tinggi yang Cocok untuk Masa Depan

Psikologi merupakan salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat. Melalui jurusan psikologi seseorang juga dapat berkarier di banyak bidang. Yuk, ketahui prospek...

Written by Sri Utami · 2 min read >

Sebagian orang beranggapan bahwa kuliah jurusan psikolgi hanya dapat berkarier sebagai psikolog. Sebenarnya hal tersebut tidaklah benar. Karena itulah, sebelum kuliah jurusan psikologi, ketahui dulu seperti apa prospek kerja psikologi untuk masa depan.

Bisa dibilang, peluang karier untuk lulusan psikologi sangat beragam dengan besaran gaji yang cukup tinggi. Sebelum memilih kuliah jurusan psikologi, sebaiknya kenali beberapa hal penting. Mari simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Peminatan dalam Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi merupakan salah satu jurusan di dunia perkuliahan yang mengajarkan kepribadian, perilaku, dan pemikiran. Tepatnya, mahasiswa Jurusan Psikologi akan belajar latar belakang seseorang dalam bertindak. Jika tindakan yang dilakukan tidak baik, maka dapat dicegah dan dihilangkan penyebabnya.

Dalam Jurusan Psikologi, ada peminatan yang berfokus pada beberapa bidang pekerjaan psikologi, antara lain:

  • Psikologi Klinis: Peminatan psikologi ini fokus untuk menangani kelainan perilaku setiap individu.
  • Psikologi Sosial: Peminatan ini berfokus pada perilaku individu secara khusus. Pengkhususan yang dimaksud dilihat dari interaksi kelompok yang mempengaruhi individu tersebut.
  • Psikologi Pendidikan: Peminatan satu ini berfokus pada pendidikan yang mempengaruh pekembangan individu. Tepatnya, peminatan ini berfokus untuk mencari pendidikan yang sesuai untuk individu.
  • Psikologi Industri dan Organisasi: Peminatan psikologi ini berfokus pada interaksi organisasi dengan pegawai dalam sebuah industri.

Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Berdasarkan peminatan dalam Jurusan Psikologi, bisa dibilang prospek dan peluang kerjanya cukup beragam. Tentunya hal ini sangat cocok untuk karier di masa depan. Berikut ini beberapa prospek kerja untuk lulusan psikologi, antara lain:

A. Psikolog

Salah satu pekerjaan psikologi bergaji tinggi dan cocok untuk masa depan adalah menjadi seorang psikolog. Agar dapat menjadi psikolog, seseorang harus menempuh pendidikan hingga jenjang S2. Selain itu, peminatan yang diambil juga harus berfokus pada psikologi klinis.

Jika sudah berkompeten dalam bidangnya, seorang psikolog dapat membuka praktik individu. Selain itu, seorang psikolog juga dapat bekerja di rumah sakit. Tugasnya adalah menangani masalah kejiwaan dan perkembangan mental individu.

Dengan tugas yang cukup berat, tidak heran gaji seorang psikolog sangat tinggi. Apalagi jika sudah berpengalaman dengan jam terbang yang tinggi, seorang psikolog bisa berpenghasilan hingga kisaran Rp 2 Milyar.

B. Terapis

Prospek kerja lulusan psikologi selanjutnya adalah menjadi seorang terapis. Umumnya, tugas seorang terapis adalah menangani pertumbuhan dan perkembangan anak berkebutuhan khusus. Sehingga, anak berkebutuhan khusus dapat bertumbuh kembang seperti anak normal.

Biasanya gaji untuk seorang terapis dihitung dari jumlah individu yang ditangani. Untuk terapis yang berpengalaman, gaji yang didapat bisa mencapai Rp 50 Juta untuk setiap individu.

C. Human Resources Development

Menjadi Human Resources Development atau HRD juga termasuk pekerjaan di bidang psikologi yang banyak dibutuhkan perusahaan. Karena hal itulah, fresh graduate lulusan psikologi sering mengawali karier menjadi HRD. Umumnya, pekerjaan HRD berkaitan dengan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan.

Gaji untuk pekerjaan HRD pun tidak perlu diragukan. Fresh graduate lulusan psikologi yang berkarier sebagai HRD bisa mendapat gaji mencapai UMR. Jika sudah berpengalaman, seorang HRD bisa mendapat gaji hingga Rp 10 Juta.

D. Konselor

Prospek kerja lain untuk lulusan psikologi adalah menjadi seorang konselor untuk klien yang membutuhkan. Dalam sebuah perusahaan, tugas konselor adalah memberikan konseling untuk karyawan. Dalam LSM pun, konselor bertugas untuk menangani individu dari beragam usia.

Gaji seorang konselor akan semakin tinggi jika pengalaman dan jam terbangnya juga tinggi. Untuk konselor yang berpengalaman 3 tahun lebih, gaji yang didapatkan bisa mencapai Rp 10 Juta hingga Rp 15 Juta.

Sudah tahu kan prospek kerja psikologi dengan kisaran gaji yang tinggi? Beragam pekerjaan tersebut dapat dijadikan pertimbangan sebelum memilih jurusan psikologi. Yang pasti, beragam pekerjaan tersebut sangat tepat untuk membangun karier yang cemerlang di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *