Bisnis

Tujuh Ide Bisnis yang Menjanjikan selama Pandemi Corona

Selama masa pandemi corona ini, dunia mengalami krisis ekonomi. Untuk bertahan hidup, masyarakat harus tetap berpenghasilan. Berikut ini tujuh ide bisnis yang...

Written by Muafillah Shofah · 2 min read >

Selama masa pandemi corona ini, dunia mengalami krisis ekonomi. Berbagai sektor bisnis terdampak, bahkan berujung gulung tikar, dan tak sedikit karyawan yang dipulangkan dengan terpaksa.  Untuk bertahan hidup, masyarakat harus tetap berpenghasilan. Berikut ini tujuh ide bisnis yang menjanjikan selama pandemi dan tentunya bisa kamu lakukan dari rumah.

  1. Snack kekinian

Di masa pandemi ini, orang-orang banyak beraktivitas di rumah, mengkonsumsi snack kekinian yang praktis menjadi andalan bagi mereka.

Varian snack kekinian saat ini sangat beragam di media sosial, kamu tinggal perlu memilah harga dan selera rasa yang sesuai dengan target pasar. Selain itu, snack kering bisa bertahan cukup lama dan bisa dikirim ke berbagai kota lewat jasa ekspedisi. Sangat praktis bagi kamu yang ingin mulai mencoba berbisnis mandiri.

  1. Produk kuliner lokal

Ketika banyak waktu untuk di rumah saja, saatnya kamu mencoba mengasah keahlian memasak makanan lokal siap saji. Contohnya seperti: mie ayam, soto, sate, bakso, risoles, lumpia, dan sebagainya. Kamu hanya perlu menambahkan fasilitas DO (Delivery Order) atau COD (Cash on Delivery) dengan menggunakan layanan Gofood, Grabfood, atau kurir sameday. Dengan layanan tersebut, calon pembeli akan lebih merasa dimanjakan dan semakin tertarik untuk membeli produk kamu.

  1. Frozen Food

Pembelakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang telah ditetapkan pemerintah sejak April lalu, menyebabkan akses untuk berpergian menjadi terbatas. Bahkan untuk pergi ke pasar, berbelanja kebutuhan sehari-hari sekalipun.

Jika kamu jeli, kamu bisa memanfaatkan situasi tersebut untuk memulai bisnis yang menguntungkan di tengah pandemi corona. Kamu bisa mencoba berbisnis frozen food atau makanan beku.

Dalam keadaan sekarang, banyak keluarga yang berpikir untuk menyimpan banyak makanan di kulkas agar intensitas keluar rumah bisa dikurangi. Sehingga, aneka frozen food seperti bakso, kebab, daging, jamur, hingga buah dan sayuran menjadi pilihan praktis. Khususnya bagi ibu-ibu muda, atau mereka telah mempunyai anak dan sibuk mengurus urusan rumah tangga.

  1. Bumbu instan

Akibat pandemi, rempah-rempah menjadi semakin susah didapat dan melambung harganya. Berjualan produk berbagai bumbu instan menjadi pilihan yang cermat. Selain praktis, bumbu instan juga dapat disimpan cukup lama.

Selain memiliki umur simpan yang panjang, bumbu instan juga bisa dikirim ke berbagai kota dengan mudah. Kamu bisa memulai membuatnya sendiri atau menjadi reseller brand lokal dan menjualnya ke berbagai marketplace yang kamu punya.

  1. Biji-bijian dan bibit tanaman

Banyak orang yang ingin tetap produktif ketika di rumah saja, fenomena yang terjadi akhir-akhir ini, “petani musiman” mulai berjamuran. Berkebun menjadi alternatif pilihan bagi orang-orang yang terdampak covid dan memilki banyak waktu luang. Menanam sayur, buah, bunga di halaman rumah atau lahan kosong menjadi kebiasaan baru yang mengasikkan. Karena selain bisa dipanen hasilnya untuk dikonsumsi sendiri, hasil panen juga bisa dijual kembali. Nah, berbisnis biji atau bibit tanaman bisa menjadi bisnis paling menjanjikan saat corona.

  1. Masker dan Hand Sanitizer

Klaim bahwa masker dan hand sanitizer dapat menghindarkan kita dari resiko penularan virus corona, membuat penjualan hand sanitizer dan masker naik begitu pesat. Bahkan beberapa waktu kosong diapotek atau swalayan, karena permintaan yang pesat dan stok yang terbatas.

Selama corona, masyarakat harus menggunakan masker dan hand sanitizer ketika terpaksa berpergian. Hal ini berarti setiap keluarga harus memiliki dua benda ini, setidaknya masing-masing satu bagi setiap anggota keluarganya. Bayangkan berapa banyak keluarga di daerah kamu. Oleh karenanya, berbisnis masker dan handsanitizer menjadi bisnis yang sangat menguntungkan saat ini.

Namun, karena maraknya masker dengan harga yang sangat mahal, kamu bisa berinovasi untuk membuat masker sendiri. Buatlah masker dengan desain gambar yang unik dan motif yang menarik. Selain itu, kamu harus menyediakan berbagai ukuran masker yang cocok untuk anak kecil hingga dewasa, tentunya dengan bahan yang beragam dan nyaman untuk digunakan. Selajutnya, kamu bisa menjualnya dengan harga yang bisa dijangkau oleh semua orang. Maka produk kamu akan laris manis dipasaran.

  1. Paket Baby Gift

Dalam situasi sekarang ini, kita sangat terbatas melakukan aktivitas di luar rumah, termasuk berkunjung ke sanak saudara atau teman terdekat. Namun tidak ada halangan bagi kita untuk tetap berbagi hadiah,terutama ketika ada sahabat yang habis melahirkan. Nah, paket baby gift akan sangat membantu orang-orang yang ingin memberi hadiah ke ibu dan babynya.

Kamu hanya perlu menyiapkan bingkisan secantik mungkin, kemudian menjualnya melalui marketplace. Paket baby gift dapat dikirimkan ke rumah tujuan tanpa harus bertatap muka.

Itulah tujuh ide bisnis yang menjanjikan selama masa pandemi corona ini. Semoga bisa menjadi inspirasi dan dipraktikkan untuk menambah penghasilan selama masa pandemi corona sekarang ini. Jadi, kamu mau mencoba bisnis yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *