Teknologi

Tips Membeli Laptop bagi Mahasiswa Baru

Membeli laptop bukan perkara mudah karena banyaknya macam spesifikasi yang ditawarkan. Selain itu, laptop ini bukanlah barang yang murah sehingga perlu berhati-hati...

Written by bunga ikasari · 1 min read >

Memasuki pergantian tahun ajaran baru, banyak pelajar atau mahasiswa yang berburu tips membeli laptop. Kebutuhan akan laptop memang meningkat pesat karena adanya pandemi virus corona. Banyak mahasiswa yang harus belajar dengan sistem daring.

Tentunya laptop menjadi salah satu kebutuhan mereka di masa-masa ini. Membeli laptop bukan perkara mudah karena banyaknya macam spesifikasi yang ditawarkan. Selain itu, laptop ini bukanlah barang yang murah sehingga perlu berhati-hati saat ingin membelinya. Berikut ini adala beberapa tips membeli laptop untuk pelajar.  

Sesuaikan dengan Kebutuhan 

Banyaknya merek dan tipe laptop yang berada di pasaran seringkali membuat pembeli bingung dalam memilih. Tips membeli laptop yang pertama adalah memilih laptop dengan spesifikasi sesuai kebutuhanmu.

Kamu bisa saja langsung bertanya pada penjual tentang jenis laptop yang cocok dengan kebutuhanmu. Namun akan lebih baik jika kamu mengetahui hal-hal dasar tentang spesifikasi laptop dan fitur-fitur tertentu yang mungkin kamu butuhkan. Paling tidak, cari tahu tentang processor, RAM, dan kapasitas memory pada laptop yang akan dicari.  

  1. Processor  

Disebut sebagai otak sebuah laptop, processor memegang peranan penting dalam menunjang performa laptop. Untuk kebutuhan standar seperti mengetik dan browsing, laptop dengan processor Celeron dan Pentium dari Intel atau Athlon dari AMD sudah bisa diandalkan.  

Namun jika kamu adalah mahasiswa jurusan desain grafis, misalnya, tentunya kamu butuh laptop dengan processor yang lebih kuat. Banyak juga mahasiswa yang hobi bermain game. Jika laptop gaming yang kamu cari, kamu  butuh processor yang mendukung aktifitas gaming seperti core i7 dari Intel atau AMD Ryzen generasi terbaru. 

  1. RAM 

Memperhatikan besar RAM juga termasuk tips membeli laptop baru yang sangat penting. Semakin besar RAM, laptop akan bekerja lebih cepat. Laptop yang dijual di pasaran saat ini memiliki paling tidak RAM 4GB. Untuk kebutuhan standar, RAM 4GB sudah bisa diandalkan.  

Tetapi kamu mungkin membutuhkan RAM lebih jika sering bekerja multitasking. RAM 8GB lebih direkomendasikan untuk perkuliahan daring. Biasanya ketika menghadiri kuliah online melalui online video conference, mahasiswa juga harus membuka banyak file dan mungkin membuka banyak tab di browser. 

  1. Kapasitas Memory Penyimpanan  

Umumnya laptop mempunyai memory dari 512GB hingga 1 TB. Drive dengan kapasitas 512GB sudah memberikan cukup ruang untuk menyimpan office documents. Tetapi banyak mahasiswa yang mungkin membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar. File dalambentuk video seperti film, misalnya, tentunya membutuhkan ruang penyimpanan lebih di laptop.  

Sesuaikan dengan Budget 

Spesifikasi laptop yang akan dibeli adalah pertimbangan yang penting. Tetapi kamu juga harus mempertimbangkan dana yang tersedia. Dari spesifikasi dan fitur yang sudah kamu tentukan, cari yang sesuai dengan budget yang sudah disiapkan. Jika dirasa masih terlalu mahal, berarti kamu punya dua pilihan. Pertama, pertimbangkan untuk menaikkan budget. Apabila tidak memungkinkan, berarti kamu harus mencari laptop dengan spesifikasi yang lebih rendah.  

Mencari Toko yang Tepat 

Setelah menentukan laptop yang akan dibeli, langkah selanjutnya adalah mencari toko untuk membeli laptop tersebut. Saat ini banyak orang memilih untuk membeli barang melalui toko online karena alasan kepraktisan. Kekurangan membeli online adalah kamu tidak bisa mengecek fisik dari laptop yang dibeli. Bukan berarti membeli online bukan ide yang bagus. Tips membeli laptop agar tidak tertipu adalah pastikan untuk membeli laptop di toko yang bereputasi bagus. 

Dengan memperhatikan tips membeli laptop di atas, kamu bisa mendapat laptop yang kamu butuhkan untuk kuliah tanpa budget membengkak. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *