Wisata

Tips Backpacker Sendirian Untuk Pemula

Ingin berlibur dengan budget yang lebih hemat? Backpacker sendiri bisa menjadi solusi berlibur hemat dan menyenangkan.

Written by Indah Nurhasanah · 1 min read >

Tips Backpacker Sendirian Untuk Pemula

Hari libur adalah waktu yang tepat untuk berlibur menghilangkan penat setelah melakukan berbagai aktivitas rutin tiada henti. Banyak sekali yang menganggap bahwa berlibur harus menghabiskan waktu dan uang yang tidak sedikit. Padahal dengan melakukan backpacker sendirian kamu bisa memangkas pengeluaran. Lho!

Kalau kamu mau berlibur santai dan menikmati waktu sendirian, berlibur ala backpacker ini bisa menjadi pilihan karena anti ribet dan sangat hemat. Kamu juga bisa melakukannya bersama dengan sahabat dan keluarga untuk pengalaman wisata yang berbeda dari biasanya. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Backpacker?

Kegiatan backpacker di Indonesia semakin digandrungi terutama oleh para pemuda tapi masih sedikit yang mengetahui arti backpacker. Backpacker sendiri bisa diartikan sebagai perjalanan sendiri tanpa menggunakan jasa travel atau tour. Backpacker juga bisa dilakukan oleh sekelompok orang dengan tujuan sama.

Ketika berlibur menggunakan jasa travel, kamu hanya perlu memberikan sejumlah uang dan melakukan serangkaian kegiatan yang telah disiapkan. Namun, ketika melakukan backpacker kamu bisa melakukan banyak hal tanpa dibatasi dan mengeksplor lebih banyak tempat.

Saat melakukan perjalanan wisata secara mandiri kamu bisa mengunjungi lokasi-lokasi anti mainstream yang sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan lain. Kamu juga tidak perlu membawa uang banyak sehingga lebih hemat baik untuk akomodasi, transportasi, makan, sampai masuk ke tempat wisata.

Jika ingin menjadi backpacker Indonesia maka sebaiknya mengunjungi tempat-tempat wisata yang jarang dikunjungi. Jadi kamu bisa mendapatkan pengalaman backpacker yang lebih menyenangkan dan berbeda dari yang lain.

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Backpacker?

Sebelum kamu memutuskan untuk pergi berlibur sendiri, persiapkan terlebih dahulu beberapa hal penting agar liburan tidak terganggu. Dengan memiliki persiapan yang matang, kamu bisa menikmati liburan tanpa mengkhawatirkan hal lainnya.

Hal pertama yang diperlukan adalah tas backpacker untuk menampung semua hal yang akan dibawa selama berlibur. Tas harus bisa memuat banyak barang sehingga tidak perlu lagi membawa tas tambahan. Tujuannya supaya kamu bisa pergi dari satu tempat ke tempat lain tanpa harus menenteng banyak tas.

Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan obat-obatan pribadi untuk jaga-jaga sakit ketika perjalanan. Akan tetapi sebelum melakukan perjalanan pastikan kamu menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Apalagi jika ingin melakukan perjalanan selama berhari-hari karena akan membutuhkan banyak energi.

Maka dari itu, sebelum backpacker-an, perhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin agar badan tetap bugar selama liburan. Jangan sampai rencara liburanmu terganggu karena sakit, ya!

Untuk menghemat pengeluaran, kamu juga bisa mempersiapkan makanan ringan dari rumah sehingga tidak terlalu sering membeli makanan di jalan. Bawa juga persediaan air yang cukup dan usahakan untuk membawa tumblr agar dapat mengisi ulang air. Lebih hemat bukan?

Sebelum berangkat juga sebaiknya memperhitungkan mulai dari transportasi, akomodasi, dan makanan untuk pergi dan pulang. Bawa juga sedikit uang lebih untuk kebutuhan mendadak. Jadi, kamu dapat memperhitungkan dengan baik uang yang diperlukan untuk berlibut sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

Melakukan backpacker sendirian memang sangat seru dan menantang. Apalagi kalau kamu sangat menyukai perjalanan yang anti mainstream dan ingin melakukan hal yang berbeda dari biasanya. Kamu juga bisa menghemat pengeluaran selama liburan tapi dapat mengeksplor berbagai lokasi wisata yang unik.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *