Pendidikan

Tantangan Pendidikan saat Wabah Covid-19

pembelajaran daring, pengertian pembelajaran daring, solusi pembelajaran daring, kelebihan pembelajaran daring

Written by Vivi Irmawati · 1 min read >

Sektor pendidikan tak luput dari sorotan ketika masa pandemi ini. Berbagai pihak turut ambil andil dalam menentukan cara efektif dan tetap produktif dalam mengajar. Hasilnya, pembelajaran daring dipilih sebagai jalan supaya pendidikan di Indonesia tetap berjalan.

Apa pengertian pembelajaran daring? Pembelajaran ini adalah cara belajar yang dapat dilakukan jarak jauh menggunakan jaringan internet. Belajar secara online atau daring memiliki tantangan yang besar dan tidak mudah.  

Saat ini lebih dari 188 negara terinfeksi virus corona yang berawal dari kota Wuhan di Cina. Alhasil, jutaan manusia di seluruh dunia terpapar atas virus ini. Semua bidang terkena imbas tak terkecuali bidang pendidikan. 

Berikut ini adalah tantangan pendidikan terhadap dunia pendidikan:

A. Teknologi

Tak dipungkiri teknologi menjadi tantangan yang besar. Kurangnya keterampilan dalam penggunaan teknologi membuat kegiatan belajar mengajar tersendat. Ada banyak faktor yaitu kurangnya sarana penggunaan teknologi dan kurangnya pelatihan. 

B. Terbatasnya Sarana dan Prasarana

Tak dipungkiri, tidak banyak guru atau siswa yang memiliki perangkat yang cukup untuk metode pengajaran daring ini. Alih-alih mempunyai perangkat yang mumpuni, untuk kebutuhan sehari-hari pun masih kurang. 

Masalah ini pasti terjadi di daerah pedalaman atau desa. Mereka sangat sulit untuk membeli gadget dan ponsel yang mendukung kegiatan sekolah.  

C. Internet

Sudah jelas bahwa sistem pembelajaran saat ini sangat mengandalkan internet. Kebutuhan internet sangat melonjak. Hal ini juga menjadi batu sandungan para siswa terutama siswa di pedalaman untuk belajar. Akhirnya, lagi-lagi guru dan instansi harus memutar otak untuk menyelesaikan hal ini. 

D. Biaya

Biaya dalam hal ini adalah pengeluaran tambahan untuk membeli kuota internet atau mungkin harus memasang wi-fi di rumah. Para orang tua dan guru pun juga harus menyiapkan dana tambahan yang cukup lumayan untuk ini. 

E. Orang Tua

Mau tidak mau orang tua memiliki andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar daring ini. Tak ada salahnya jika anda juga mengikuti perkembangan teknologi karena anda akan terlibat langsung dalam proses perkembangan pendidikan anak. 

Jadi, salah satu kelebihan metode pembelajaran daring ini dapat membuat anda lebih dekat dekat dengan anak-anak. Selain itu, anda juga terjun langsung dalam mengawasi perkembangan pendidikan anak-anak anda. 

Banyak manfaat dari keikutsertaan anda dalam proses belajar mengajar ini. Memang benar bahwa sebagai orang tua harus memiliki kesabaran yang besar dan mendukung anak anak secara fisik dan batin. 

Kembali lagi, rumah merupakan tempat sebaik-baiknya untuk anak-anak belajar. Dengan begitu fungsi rumah pun akan bertambah yaitu sebagai tempat sekolah, sedangkan uru hanya sebagai fasilitator.    

F. Guru

Tantangan terbesar juga terjadi pada guru. Guru diharuskan untuk lebih kreatif dan cepat beradaptasi dengan perubahan. Untuk itu, guru dituntut untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya agar dapat cepat menguasai metode pembelajaran yang baru. 

Tentunya proses sangat dibutuhkan. Tidak ada hal yang tidak mungkin. Selama ada usaha pasti ada jalan.

Dengan adanya teknologi dan jaringan internet, hal tersebut menjadi solusi pembelajaran daring. Banyak opsi yang dapat dilakukan oleh guru.  Banyak webinar yang dapat diikuti oleh guru. Oleh karena itu, ikutilah sebanyak mungkin webinar. 

Dalam kenyataannya, masih ada kelebihan dan kekurangan dalam metode pembelajaran daring ini. Terlepas dari hal tersebut, hal metode tersebut dipandang sebagai yang terbaik dan paling bisa untuk dilakukan.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *