Teknologi

Strategi SEO Terbaru 2020 Untuk Dapatkan Peringkat 1 di Google

Berikut ini adalah strategi SEO terbaru 2020 untuk blog yang dapat kamu coba untuk membantu blog-mu mendapatkan rangking 1 di pencarian Google.

Written by endar julian · 1 min read >

Mendapatkan rangking pertama di pencarian Google memang bukanlah suatu perkara mudah. Search engine yang paling banyak digunakan di dunia ini selalu mengupdate algoritma-nya yang membuatnya semakin dalam memilih halaman atau blog yang ditampilkan di halaman dan peringkat pertama. Untuk itulah, menjadi hal penting bagi seorang blogger untuk selalu mengupdate strategi SEO terbaru.

Mulai Menulis Konten Spesifik

Seperti yang diketahui bahwa, Google terbilang rutin melakukan update pada algoritma-nya, salah satunya pada kode hummingbird. Hummingbird adalah algoritma Google yang cenderung lebih fokus memberikan rangking yang baik untuk blog dengan konten yang spesifik, detail dan juga memberikan manfaat untuk pembacannya.

Berdasarkan pada Algoritma Hummingbird ini, maka sangat disarankan bagi kamu untuk membuat konten blog yang spesifik dan relevan. Sebagai contoh sederhana, jika kamu membuat blog tentang digital marketing dan SEO, maka kamu disarankan membuat konten blog yang berhubungan dengan hal tersebut. Contohnya; Tren SEO 2020 atau panduan belajar digital marketing untuk pemula.

Optimalkan On Page SEO Factors

Mengoptimalkan On Page SEO Factors adalah langkah SEO untuk blog selanjutnya yang perlu kamu lakukan. Jika kamu ingin membuat blog kamu bertengger di rangking 1 pencarian Google, sebaiknya kamu mulai mengoptimasi beberapa faktor SEO Onpage blog-mu, seperti tag judul dan deskripsi meta konten, dan penerapan kata kunci pada judul serta url konten kamu.

Untuk melakukan riset keyword yang akan kamu gunakan, kamu dapat mengandalkan sejumlah tools keyword research, baik yang premium ataupun yang gratis. Untuk tool keyword research gratis, keywordtool.io, keyword shitter dan google keyword planner dapat menjadi beberapa opsi yang kamu pertimbangkan.

Gunakan Google Search Console

Jika kamu telah mengoptimalkan SEO Onpage di Blog-mu, sangat disarankan untuk kamu juga mengandalkan tool dari Google yakni Google Search Console. Tool dari Google ini memiliki sejumlah fitur yang membantu memantau performa blog-mu, mulai dari memantau traffic hingga mengumpulkan keyword potensial.

Selain itu, tools ini juga meningkatkan kesempatan blog-mu untuk berada di rangking pertama pencarian Google. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mendaftarkan blog-mu ke Google Search Console ini dan memasukkan meta tag yang yang diberikan ke halaman blog-mu.

Membangun Backlink Berkualitas Untuk Blog-mu

Teknik SEO yang terakhir yang dapat kamu terapkan adalah membangun backlink berkualitas untuk blog-mu. Mungkin banyak dari kamu yang telah mengetahui bahwa backlink juga merupakan elemen penting dalam penerapan SEO. Memiliki backlink berkualitas akan meningkatkan kesempatan blog-mu untuk mendapatkan peringkat 1 di pencarian Google.

Backlink sendiri dapat dibangun dengan berbagai cara, mulai dari blogwalking hingga membangun media sosial. Namun pada poin ini, social media adalah hal yang disarankan untuk kamu. Social media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya memiliki peringkat dan Alexa yang baik di mata Google.  Sehingga akan menjadi backlink yang berkualitas untuk blog-mu.

Kamu dapat memulainya dengan membuat akun media sosial untuk blog-mu dan secara rutin membuat post yang berpotensi menarik pembaca untuk mencari tahu banyak di blog-mu. Sebagai catatan tambahan, kamu juga harus memperhatikan berapa kali kamu mencantumkan link aktif blog-mu di media sosial. Dikarenakan, beberapa platform media sosial (contohnya facebook), cukup sensitif perihal aktifitas penyebaran link di dalamnya (akun berpotensi di suspend/block)

Itulah beberapa tips dan strategi SEO terbaru yang dapat kamu coba untuk membuat posisi blog-mu meroket ke peringkat 1 di pencarian Google. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *