Kesehatan

Stop asal-asalan! Beginilah cara merawat kulit wajah sensitif dan kering dengan tepat.

Setiap orang memiliki tipe kulit wajah yang berbeda-beda. Ada yang kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi. Berikut adalah cara merawat kulit wajah sensitif...

Written by annisha haris · 3 min read >

Dalam dunia kecantikan, wajah merupakan anggota tubuh yang paling utama untuk mendapatkan perawatan lebih dalam. Sehingga banyak wanita yang pasti ingin tau cara merawat kulit wajah. Sebab wajah adalah anggota tubuh yang paling pertama kita lihat.Oleh karena itu, akan sangat menjengkelkan sekali apabila wajah kita berjerawat atau kemerahan karena alergi.

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa tiap orang memiliki tipe kulit wajah yang berbeda-beda. Ada yang kering, berminyak, bahkan ada juga tipe kulit kombinasi antara kering dan berminyak. Ada juga tipe kulit wajah sensitif, dimana kulit wajah sensitif ini juga terbagi ke dua tipe. Yaitu, cenderung kering atau cenderung berminyak.

langkah-langkah ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui jenis kulit wajah. Setelah mencuci muka, tempel face oil di kedua pipi, dahi dan juga dagu. Kemudian tunggu sampai sekitar 1,5 jam. Apabila tidak banyak minyak yang keluar dari wajah, itu berarti wajah kamu tipe yang kering. Tapi kalau banyak minyak, sudah pasti kulit kamu tipe berminyak.

Berikut adalah hal-hal yang mempengaruhi kondisi kulit wajah kita.

-Stres

Kondisi stres terjadi karena adanya tuntutan yang diberikan lebih besar dan berat, melebihi kemampuan kita untuk mengatasinya. Misalkan karena pengaruh lingkungan di sekitar kita. Bisa dari pekerjaan di kantor,pekerjaan rumah tangga, atau saat kamu berbaur dengan tetangga.

-Makanan

Untuk kamu dengan tipe wajah kering usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan/minuman yang manis, dairy product, dan juga makanan yang digoreng. Sebab terdapat kandungan-kandungan yang apabila dimakan berlebihan bisa membuat hormon tidak seimbang, dan itu berdampak pada timbulnya jerawat,

-Polusi Udara

Wajah yang sering terkena asap knalpot akan menyebabkan kulit menjadi kusam apabila tidak dirawat dengan baik dan benar. Tidak hanya untuk paru-paru saja, tapi kandungan dari asap itu juga bisa membahayakan kulit kamu.

Oleh karena itu kita harus rajin membersihkan wajah setiap hari. Selain harus memperhatikan kandungan dalam produk kecantikan, kamu juga harus tau cara perawatan yang benar. Berikut adalah cara merawat kulit wajah sensitif kering dengan baik dan benar.

  1. Pagi hari kita hanya perlu membersihkan wajah dengan air suhu ruangan atau lebih baik kita gunakan hydrating toner yang bisa membuat lembap kulit wajah. Tuang pada kapas pembersih lalu gosok ke seluruh wajah secara merata. Lakukan secara perlahan agar tidak terjadi iritasi.

Sedangkan malam harinya kita bisa melakukan double cleansing dengan menggunakan milk cleanser dan sabun muka. Oles milk cleanser pada wajah, kemudian ratakan sambil dipijat dengan pelan. Setelah itu bersihkan dengan kapas, bisa juga dibasuh dengan air biasa.

Setelah itu kita cuci muka dengan sabun muka. Sama seperti proses diatas, ratakan dan pijat wajah. Lalu bilas dengan air biasa. Usahakan menggunakan sabun muka yang gentle dan mengandung PH yang seimbang.

2. Toner

Untuk kulit tipe ini usahakan pilihlah hydrating toner yang bisa membuat kulit lembap. Jangan malas untuk memeriksa label kandungan bahan setiap produk kecantikan yang akan kita beli.

Cara pemakaiannya taruh di atas kapas secukupnya lalu oles ke seluruh wajah. Apabila tidak ada kapas bisa juga ditaruh di tangan, lalu ratakan selanjutnya tepuk-tepuk ke seluruh wajah. Terutama di bagian yang kering.

3. Moisturizer

Pilih moisturizer yang tidak mengandung alkohol buruk dan juga tidak mengandung parfum. Karena kedua kandungan itu bisa membuat kulit kamu menjadi lebih kering. Oleskan krim ke semua area wajah, lalu ulang sekali lagi di bagian yang menurut kamu sangat kering.

4. Tabir Surya/Sunblock

Untuk kita yang ada di Indonesia, memakai sunblock dengan SPF 30 itu sudah cukup untuk melindungi kulit dari paparan matahari. Jangan pelit bila menggunakan sunblock, kamu harus memakai metode dua jari. Jadi oleskan krim sepanjang dua jari kamu, lalu oleskan secara merata di seluruh wajah.

Sama seperti moisturizer, carilah sunblock yang tidak mengandung alkohol buruk atau yang mengandung parfum. Begitulah 4 cara merawat kulit wajah kering.

5. Face Scrub

Setelah keempat tahap diatas sudah rutin dilakukan maka tahap terakhir ada scrubbing. Pilihlah yang mengandung mandelic acid yang berguna untuk membuang sel-sel kulit mati dan membuat kulit menjadi halus. Tapi jangan lakukan scrub wajah setiap hari, karena butiran-butiran yang ada di dalamnya bisa membuat kulit wajah mengelupas atau iritasi. Jadi lakukan scrub wajah 1 minggu sekali.

6. Konsumsi buah dan sayur

Seperti kutipan yang sudah kita ketahui, “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa kuat”. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, kita juga memerlukan makanan yang baik bagi tubuh dan juga menyehatkan. Coba kamu ganti pola makan kamu, menjadi pola makan yang sehat. Untuk itu makanlah buah dan sayur yang mengandung vitamin A, B, C, E, dan K.

Vitamin A terdapat dalam buah apel, melon, semangka, dan wortel. Kamu bisa juga konsumsi alpukat, pisang, dan jambu biji. Selain buah jeruk ada juga kiwi, strawberry, nanas dan juga mangga yang mengandung vitamin C. Untuk vitamin E terdapat pada sayur bayam, brokoli, kacang almond, mangga dan juga tomat. Kale, lobak, kiwi dan alpukat bisa memberikan vitamin K terdapat tubuh.

7. Olahraga

Selain asupan makanan sayur dan buah, kamu juga perlu untuk melakukan olahraga. Sebab dengan olahraga dapat meningkatkan detak jantung dan akan menurunkan resiko berbagai penyakit. Kamu tidak perlu repot pergi ke tempat gym untuk olahraga, berikut adalah olahraga ringan yang bisa kamu lakukan sebagai salah satu cara merawat kulit wajah.

a. Jumping Jack

Gerakan lompat dengan kaki terbuka kemudian menutup, ditambah kedua tangan berayun dari samping ke atas dan ke bawah. Lakukan gerakan ini 3 x 10 hitungan, atau bisa kamu sesuaikan denganĀ  kemampuan. Jangan terlalu dipaksa apabila tidak nyaman di lutut, kamu bisa ganti dengan gerakan yang lain.

b. Squat

Atur posisi badan menjadi tegak, kaki dibuka selebar bahu dengan jari-jari agak menghadap depan. Kemudian tekuk lutut, turunkan badan dan bokong kamu. Untuk pemula cukup turunkan badan sedikit saja. Lalu kembali berdiri seperti posisi awal, rapatkan bokong seperti menahan bab. Lakukan gerakan ini sama dengan hitungan gerakan sebelumnya.

Selain gerakan diatas, kamu bisa lakukan jalan kaki atau jogging selama 20-30 menit. Yang penting tubuh kamu bergerak, mengeluarkan keringat yang bisa menyegarkan badan. Lakukan olahraga dengan pasangan atau teman, selain sehat emosi juga jadi bahagia.

Begitulah beberapa cara untuk merawat kulit wajah sensitif, yang bisa kamu coba untuk membuat wajahmu mulus kembali. Yang terpenting dari semua proses di atas adalah niat yang kuat untuk konsisten melakukan perubahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *