Wisata

Pulau Bintan, Suguhkan Pantai dengan Panorama yang Menawan

Bukan hanya panorama yang menawan, tapi juga fasilitas yang lengkap dan mewah serta tingkat pengamanan yang ketat. Alasan itulah yang membuat Pulau...

Written by agus kurniawan · 1 min read >

Pulau Bintan merupakan pulau terbesar di wilayah Kepulauan Riau. Letaknya yang hanya sekitar 50 mill di sebelah selatan Singapura, dan juga tidak terlalu jauh dari wilayah Johor Baru Malaysia, membuat pulau ini memiliki posisi yang strategis dibidang perdagangan.

Namun demikian, bukan hanya bidang perdagangan saja yang memberikan kontribusi besar bagi pendapatan asli daerah, tapi juga bidang pertambangan serta industri pariwisata.

Industri Pariwisata di Pulau Bintan

Dibidang pariwisata tempat ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. Selain karena panorama alamnya yang menawan, juga karena pengelolaan wisata Pulau Bintan berstandar internasional.

Industri pariwisata di pulau ini benar-benar digarap secara professional, berkat MoU yang ditandangani Indonesia dengan Singapura. Kedua negara bersepakat untuk membangun Pulau Bintan bersama-sama dengan maksud agar dapat memberi keuntungan bagi kedua Negara dalam Zona Perdagangan Bebas di kawasan Bintan, Kepulauan Bintan dan Batam.

Kerjasama itulah yang memungkinkan terbangunnya destinasi wisata dengan standar internasional yang diberi nama Bintan Resort atau dikenal juga dengan sebutan Lagoi. Tempat wisata spektakuler ini terletak di bagian utara pulau Bintan menghadap ke arah Laut China Selatan dengan luas sekitar 23.000 hektar.

Lagoi ditata sedemikian rupa sebagaimana halnya Nusa Dua Bali. Sehingga wisatawan yang datang berkunjung ke Pulau Bintan tidak hanya disuguhi indahnya panorama alam, tapi juga fasilitas yang lengkap dan pengamanan yang ketat. Dengan sistem pengamanan yang ketat itulah wisatawan dapat lebih maksimal dalam menikmati aktifitas wisata sekaligus terjaga privasinya.

Besarnya industri pariwisata di Bintan Resort ini bisa dilihat dari banyaknya mereka yang bekerja di sektor pariwisata baik langsung maupun tidak langsung. Tidak kurang dari 5000 orang yang menggerakkan roda pariwisata di Pulau Bintan, sehingga dibuatkan perkampungan khusus, lengkap dengan pasar tradisionalnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sedang untuk mereka yang posisinya pada tingkatan manager, disiapkan apartemen di dalam area wisata, berdekatan dengan tempat bekerja masing-masing.

Daya Tarik Bintan Resort

Suguhan utama dari Lagoi bagi para wisatawan yang datang adalah panorama pantainya yang eksotis dengan hamparan pasirnya yang putih berkilau. Tempat ini juga menawarkan ekowisata, ombak yang besar buat mereka yang suka berselancar, serta keindahan terumbu karang untuk mereka yang memiliki hobby diving dan snorkeling.

Selain menyuguhkan pemandangan pantai dan wisata bahari, Pulau Bintan dengan Bintan Resortnya juga dilengkapi dengan lima lapangan golf  kelas dunia, dua diantaranya berlokasi di Bintan Lagoon Resort.

Kedua lapangan golf yang berdesain 18 hole tersebut, yakni Ian Baker-Finch Woodlands dan The Jack Nicklaus Sea View Golf . Desainernya adalah arsitektur lapangan golf internasional terkemuka, sehingga membuat lapangan ini tidak saja menarik sebagai sarana olah raga, tapi juga menawan untuk dipandang mata lewat hamparan pemandangan hijaunya.

Satu lagi lapangan golf kelas dunia di Pulau Bintan yang pernah dinobatkan sebagai lapangan golf terbaik se-Asia adalah Ria Bintan Championship Golf Course.

Dengan pangsa pasar wisatawan dari mancanegara, membuat tempat wisata yang ada di sini juga sarat dengan fasilitas-fasilitas mewah, seperti pusat perbelanjaan, tempat spa, restoran-restoran mewah, serta hotel-hotel berbintang.

Tertarik untuk berkunjung ke Lagoi yang ada di Pulau Bintan? Siapkan saja kocek yang tebal, dan jangan lupa untuk menukarkan rupiah dengan dollar ke money changer terlebih dahulu, karena semua transaksi yang dilakukan di Bintan Resort dilakukan dengan menggunakan mata uang dollar. (*)

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *