Lainnya

Peran Ibu di Era Digital Bagi Anak Sebagai Pengontrol

Seorang ibu adalah madrasah atau sekolah pertama bagi setiap anak-anaknya. Di era digital saat ini, seorang ibu harus punya skill tambahan untuk...

Written by vivi ayu setiawati · 1 min read >

Peran ibu di era digital saat ini, bisa dibilang sangat penting atau vital. Dengan istilah lain, seorang ibu menjadi pemegang kendali terbesar bagi anak. Jika kamu adalah seorang ibu, maka tentu kamu paham bagaimana tanggung jawab seorang ibu yang sebenarnya. Memberikan pendidikan atau edukasi terkait hal yang berhubungan dengan dunia digital, adalah salah satunya.

Jaman yang membawa pada kecanggihan saat ini, tidak menutup kemungkinan akan menghilangkan kontrol diri dari segala hal buruk. Sebagai ibu yang cerdas, tentu kamu harus mulai menyiapkan diri untuk menjadi sosok yang selalu siap menjaga anak-anak dari pengaruh buruk yang ditimbulkan oleh teknologi digital tersebut.

Apa Yang Harus Dimiliki Oleh Ibu di Era Ini?

Sebagai sosok penuh arti, ada banyak hal penting yang perlu kamu miliki. Beberapa hal tersebut akan mempengaruhi bagaimana tindakan kontrolling kamu terhadap keluargamu. Salah satu hal yang perlu dimiliki tersebut adalah pengetahuan akan dunia digital. Sebelum melakukan kontrolling terhadap anak, maka sudah seharusnya kamu paham dengan dunia digital iti terlebih dulu.

Menjadi ibu yang modern tidak ada salahnya. Dengan menjadi ibu modern pun kamu akan jadi lebih paham strategi apa yang harus kamu bentuk agar anakmu tetap aman dalam menghadapi era yang sudah serba digital ini.

Bagaimana Seharusnya Ibu Bertindak Dalam Kontrolling Keluarga?

Kemajuan era digital saat ini memang tidak bisa dihindari. Berbagai hal kini berjalan secara digital. Bahkan proses belajar pun kini banyak menggunakan cara digital. Salah satu bentuk nyatanya adalah sebuah gadget.

Bisa dilihat dalam realite, tidak sedikit anak-anak yang gemar bermain dengan benda ajaib modern yang satu ini. Sifatnya yang asik dan membuat candu, membuat gadget menjadi benda yang sangat dicintai oleh anak-anak.

Dalam hal ini, peranmu sebagai ibu sangat diperlukan. Lantas apa yang harus kamu lakukan? Mendekatkan diri dengan anak adalah satu tindakan kontrolling yang bisa dilakukan. Semua diawali dengan pendekatan. Jika kamu sudah membentuk kedekatan yang intens dengan anakmu, maka tentu secara alamiah, anak akan lebih suka berinteraksi dengan ibunya dibanding dengan gadget.

Hal kedua yang bisa kamu lakukan adalah memberikan batasan waktu pada anak untuk mengontrol pemakaian gadget. Kamu bisa bekerjasama dengan ayah untuk mengatur akses pegang gadget bagi anak-anak di rumah. Pembatasan terhadap kendali gadget ini harus kamu lakukan dengan setegas mungkin. Aturlah dengan baik terkait kapan anak boleh bermain gadget dan kapan tidak boleh.

Jangan lupa, selalu berikan edukasi terkait hal-hal apa saja yang perlu dihindari saat bermain gadget. Lakukanlah secara continue. Anak akan mulai terbiasa dengan aturan yang kamu buat. Sehingga hal ini akan meminimalisir terjadinya kerusakan otak dan kebiasaan buruk yang diakibatkan oleh gadget di era digital.

Tolak Ukur Keberhasilan Peran Ibu Dalam Era Digital

Pentingnya peran ibu di era yang serba digital saat ini, memang tidak bisa dipungkiri lagi. Tanpa kontrolling yang baik dari seorang ibu, maka anak yang tumbuh dalam dunia digital akan bertindak sesuka hati. Akibatnya pun bisa sangat fatal bagi masa depannya.

Peran ibu di era digital yang bisa dikatakan berhasil, adalah ketika anak tidak lagi bergantung pada gadget. Tidak bergantung bukan berarti tidak memakai. Pemakaian gadget hanya dilakukan seperlunya dan dengan metode penggunaan yang baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *