Ekonomi

Pengaruh Wabah Korona Terhadap Bisnis Digital

Perbedaan yang signifikan terlihat pada bisnis digital yang lebih stabil, jika dibandingkan dengan bisnis di sektor lain saat wabah corona seperti saat...

Written by mastermin · 1 min read >

Tidak bisa dipungkiri bahwa wabah korona memiliki dampak yang sangat besar pada berbagai sektor salah satunya adalah sektor bisnis. 

Meskipun begitu banyak orang yang penasaran bagaimana sebenarnya pengaruh atau dampak yang diberikan korona terhadap bisnis digital. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa semuanya bergerak ke digital akibat dari pandemi ini.

Pengaruh Positif yang Berbeda Dengan Sektor Lain

Mungkin banyak yang berpikiran bahwa wabah korona memberikan pengaruh buruk ke hampir semua sektor bisnis, termasuk digital. 

Padahal banyak yang tidak menyadari bahwa sektor bisnis digital merasakan dampak lain yang justru berkebalikan dengan beberapa sektor bisnis yang ada. 

Bisa dikatakan bahwa ini adalah pengaruh positif yang terjadi kepada bisnis digital akibat virus corona.

Selalu Stabil

Pertama adalah bagaimana bisnis digital dapat selalu stabil meskipun saat ini banyak bisnis dari berbagai sektor yang mengalami penurunan. 

Dilansir dari saungwriter.com, bisnis digital justru sama sekali tidak terkena dampaknya, dan malah bisa dilihat bahwa bisnis ini tetap stabil. Salah satunya adalah fintech yang justru semakin dipilih masyarakat ketika sudah banyak gerakan work from home mulai diadakan.

Semakin Meningkat

Karena banyak yang mulai beralih dari bisnis biasa menjadi bisnis digital, maka tentu terjadi peningkatan yang lumayan pada bisnis ini. 

Bersumber dari saungwriter.com, menyatakan bahkan bisnis dari sektor digital seolah melejit dengan pesat disaat bisnis lain justru mengalami penurunan yang lumayan akibat dampak dari covid-19. Jadi bisa dibilang bahwa pengaruh covid-19 terhadap bisnis digital justru positif.

Bisa Beradaptasi Dengan Cepat

Bisnis digital itu melibatkan banyak sub sektor di dalamnya, dan semua subsektor tersebut masih tetap bertahan saat wabah ini melanda. 

Hal ini membuktikan bahwa pengaruh yang diberikan oleh korona menjadi tempat pembuktian bahwa bisnis digital memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat.

Semakin Banyak Peminat

Dikutip dari saungwriter.com, menyampaikan bahwasanya bisnis digital tentu semakin memiliki banyak peminat apalagi disaat semuanya dibatasi seperti sekarang ini. Hal ini terbukti dari banyaknya pengguna yang mulai beralih pada cara hidup konvensional menjadi serba digital, seperti belanja. 

Selain dari sektor perdagangan ada juga dari sektor hiburan yang terus meningkat, hal yang dibuktikan melalui penggunaan internet yang semakin massif.

Keuntungan yang Tidak Sedikit

Penggunaan internet dan dunia digital yang semakin banyak pada saat wabah ini menyebar tentu memberikan dampak yang signifikan terhadap keuntungan. 

Bukan rahasia umum jika sektor usaha ini mampu meraup keuntungan yang lebih besar saat masa pandemi seperti ini. Apalagi jika semuanya semakin diubah untuk menggunakan digital, maka keuntungan dari sektor bisnis ini pasti akan semakin meningkat.

Menciptakan Peluang Baru

Terakhir yang banyak orang tidak percaya dan tidak ketahui adalah bisnis digital yang justru banyak menciptakan peluang baru di masa wabah seperti ini. 

Disaat justru bisnis dari sektor lain melemah, bisnis digital malah memiliki pengaruh yang berbanding terbalik, dan bisa dibilang trendnya positif. Sehingga menciptakan peluang kepada orang lain untuk ikut bergabung.

Meskipun pengaruh korona sangat baik terhadap bisnis digital ini, tapi justru hal yang negatif timbul akibat ketidaksiapan sector digital menghadapi perubahan ini. 

Salah satunya adalah faktor keamanan yang dirasa masih kurang dan mudah sekali untuk ditembus apalagi saat penggunaannya berskala besar seperti saat ini. Itulah mengapa bisnis digital seperti menghadapi dua hal yang bertolak belakang akibat wabah ini.

Kesimpulan yang bisa dikatakan adalah bahwa tidak semua sektor bisnis mengalami dampak buruk akibat pengaruh wabah korona ini. Karena ternyata wabah ini juga bisa memberikan dampak yang positif, seperti yang terjadi pada bisnis dari sektor digital ini. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *