Lainnya

Menjadikan Waktu Tetap Produktif di Masa pandemi Covid-19 dengan Konsisten

Harus berdiam diri di rumah selama berbulan-bulan membuat beberapa orang merasa jenuh dan bosan. Memanfaatkan waktu agar tetap produktif di masa pandemi...

Written by isnan diyah · 1 min read >

Pandemi covid-19 mulai merebak dipertengahan bulan Maret. Hadirnya virus ini seakan-akan merubah segala kondisi yang ada. Berdiam diri di rumah haruslah menjadi sebuah kebiasaan. Disinilah kamu harus tetap produktif di masa pandemi covid-19.

Mengubah kebiasaan dan menjaga untuk tetap konsisten adalah perihal yang tidak mudah. Sebelum pandemi orang- orang bergegas berangkat bekerja dan sekolah di setiap paginya. Bercanda dengan kawan sejawat di waktu jam istirahat. Serta menunggu weekend untuk berlibur dengan keluarga.

Kebosanan terjadi adalah hal yang wajar. Kehadiran virus covid-19 ini telah membuat kondisi berubah drastis. Semua di wajibkan untuk tetap berdiam di rumah. Aktifitas belajar dan bekerja juga di kerjakan di rumah.

Tak jarang pula waktu dihabiskan hanya dengan bermain gadget. Pola yang terus berlangsung sudah hampir 3 bulan ini membuat bingung. Ingin melakukan aktifitas tapi bingung dengan apa yang harus dikerjakan.

Masa pandemi seperti ini sebenarnya membuat kamu memiliki waktu lebih banyak. Dengan meratapi kebosanan hayalah membuang waktu saja. Kamu harus memulai dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Semua dapat dimulai dengan mengetahui apa sebenarnya passion yang dimiliki. Setelah itu berupaya untuk mengasahnya di waktu senggang seperti ini.

Tetapi tidak semua orang mampu menyadari passion dalam dirinya. Sehingga membuat orang tetap bingung di tengah pandemi seperti ini. Padahal passion itu bisa kita asah dari hobi yang dimiliki.

Misalnya adalah seseorang yang memiliki hobi memasak. Dia bisa membaca resep di internet maupun buku resep. Setelah itu  barulah bereksperimen membuat masakan dari resep yang sudah dibaca.

Sama halnya dengan orang yang memiliki hobi mendesain. Dengan terus berlatih membuat desain. Bisa jadi menambah portfolio dan berguna untuk mencari pekerjaan loh!

Selain itu bagi kamu yang mempunyai hobi menulis. Asah terus kemampuan menulismu. Karena setiap karya yang dihasilkan dari ide sendiri adalah sesuatu yang mahal.

Berencana adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan setiap manusia. Mengerjakan rencana adalah hal yang bisa diupayakan. Namun terus konsisten dalam mengerjakan sesuatu adalah hal yang sulit untuk dilakukan.

Sama halnya dengan berbagai kegiatan yang sudah direncanakan di masa pandemi ini. Misalnya dalam sehari kamu mampu menulis satu buah karya. Namun di hari berikutnya kamu mulai bosan dan memutuskan untuk tidak menulis lagi.

Karena itu melatih konsistensi adalah hal yang paling penting. Berlatih untuk tetap konsisten adalah kunci keberhasilan dari sebuah usaha.

Berikut adalah cara untuk tetap bisa konsisten dalam melakukan suatu pekerjaan

  1. Membuat timeline

Diawali dengan membuat timeline agar bisa rutin dikerjakan. Kemudian memberikan waktu luang untuk beristirahat agar tidak terlalu jenuh.

  1. Mencintai Pekerjaan

Selain itu berusaha untuk selalu mencintai pekerjaan yang dilakukan. Hal tersebut akan membuat kamu lebih ringan dalam melakukan apapun. Pekerjaan dapat selesai dengan baik.

  1. Beri Penghargaan untuk diri sendiri

Selanjutnya selalu berikan reward untuk diri sendiri. Di segala usaha harus ada rasa berterima kasih untuk diri sendiri. Hal itu akan meningkatkan optimisme dalam menuntaskan pekerjaan dengan maksimal.

Memberikan reward bisa dilakukan dengan membeli makan kesukaan, menonton film, bermain games, dan sebagainya. Tapi setelah itu jangan lupa untuk tetap produktif ya!

 

Demikian penjelasan mengenai cara agar tetap produktif di masa pandemi covid-19. Kamu juga bisa mengikuti berbagao kursus online untuk menambah pengetahuan. Tapi untuk terus konsisten perlu latihan yang ekstra ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *