Karir

Mengenal Seluk-beluk Tentang Pekerjaan Data Saintis

Sedang mencari pekerjaan yang kekinian dengan prospek gaji menawan? Apply saja Pekerjaan Data Saintis.

Written by subagiyo - · 1 min read >

Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat telah membuka peluang baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Salah satu peluang tersebut adalah dalam bidang data. Berbagai sektor telah mulai menyadari pentingnya data untuk membantu bisnis dan kinerja mereka. Guna memenuhi kebutuhan analisis data yang semakin banyak digunakan diberbagai bidang, muncullah pekerjaan data saintis yang bertugas untuk menangani data-data tersebut.

Bagi kamu yang masih awam dengan dunia teknologi digital, mungkin pekerjaan sebagai seorang data saintis masih terdengar asing di telinga. Namun faktanya, kebutuhan data saintis diberbagai sektor mulai dari industri digital, ecommerce, start up, dan atau perusahaan lainnya masihlah cukup tinggi.

Pengertian Dari Data Saintis

Data Saintis adalah sebuah pekerjaan kekiniaan yang berkaitan dengan data, mulai dari mengumpulkan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja, kemudian memilah data-data yang dibutuhkan, mengolah data yang ada, dan kemudian menganalisa data-data tersebut agar bisa didapatkan informasi penting yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan penting perusahaan.

Data-data yang diolah ini bisa terdiri dari berbagai macam. Bisa dalam bentuk text, object, angka, ataupun data-data lainnya. Seorang data saintis tidak hanya berurusan dengan data-data dalam jumlah kecil, namun bisa juga dalam jumlah sangat besar atau yang biasa kenal sebagai Big Data.

Pekerjaan seorang data saintis biasanya dilakukan dalam tim yang terdiri dari beberapa anggota. Masing-masing anggota memiliki peranan yang berbeda semisal ada data engginer yang bertugas mengambil atau memisahkan data-data penting agar bisa diolah oleh data analis.

Kemampuan Penunjang Untuk Menjadi Seorang Data Saintis

Cara menjadi data saintis bisa dikatakan gampang-gampang susah. Kamu membutuhkan sejumlah kemampuan penunjang agar bisa menjadi seorang data saintis. Berikut adalah beberapa kemampuan tersebut :

Kemampuan Matematika Yang Baik

Salah satu tugas seorang data saintis adalah melakukan analisa terhadap data-data yang ada. Untuk bisa melakukan analisa dengan baik, tentu membutuhkan kemampuan matematis yang baik pula. Beberapa bahasan seperti aljabar, algoritma, matematika diskrit, dan ataupun statistika merupakan pengetahuan yang penting untuk menjadi data saintis.

Menguasai Bahasa Pemrograman

Data saintis adalah pekerjaan yang senantiasa berkaitan dengan analisis data. Untuk memudahkan proses analisis data-data yang banyak, diperlukan penguasaan terhadap beberapa bahasa pemrograman dasar. Beberapa contoh bahasa program yang harus dikuasai dan dipelajari oleh calon data saintis antara lain adalah MATLAB, R, Python dan ataupun SQL.

Selain beberapa bahasa program tersebut, sebaiknya seorang calon data saintis juga memiliki kemampuan terhadap beberapa perangkat lunak seperti SPSS, Microsoft Excel, dan ataupun juga SAS. Beberapa perangkat lunak ini biasa digunakan untuk mengolah data-data statistika.

Plot Dan Visualisasi Data Hasil Analisisnya

Pekerjaan sebagai seorang data saintis tidak hanya terkait dengan data. Seorang data saintis juga dituntut untuk memiliki kemampuan visualisasi dan komunikasi data yang baik. Kemampuan visualisasi dibutuhkan untuk menyajikan hasil analisis data menjadi bentuk yang menarik dan mudah dipahami oleh orang-orang awam, contohnya adalah pimpinan di kantor tempat kamu kerja atau klien yang kamu tangani.

Sedangkan kemampuan komunikasi yang baik dibutuhkan agar bisa menyampaikan hasil analisis data tersebut kepada pihak-pihak yang berkepentingan seperti pimpinan perusahaan atau yang lainnya, sehingga dapat dilakukan pengambilan keputusan yang sesuai.

Meskipun data saintis merupakan pekerjaan yang lebih banyak berkaitan dengan bidang eksakta, namun sejatinya pekerjaan ini adalah pekerjaan interdisipliner yang melibatkan banyak bidang. Beberapa bidang yang terkait dengan pekerjaan data saintis antara lain adalah matematika, ilmu komputer, dan juga ekonomi bisnis. Proses analisis data yang melibatkan bidang eksakta dan ilmu komputer, pada akhirnya akan digunakan untuk pengambilan keputusan sebuah perusahaan industri dalam rangka untuk mengoptimalkan potensi keuntungan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *