Karir

Mengenal Lebih Dalam SEO Specialist, Profesi Hits Era Digital

Specialist SEO menjadi pekerjaan yang cukup dicari pada era digital. Bagaimana seluk beluk pekerjaan ini? Simak penjelasannya di artikel ini.

Written by maulida fadhila · 1 min read >

Era digital memang melahirkan banyak sekali profesi baru khususnya dalam bidang IT. Salah satu pekerjaan yang cukup banyak ditemui pada zaman sekarang yaitu SEO specialist. Profesi ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pekerja kreatif di luar sana.  Spesialis SEO atau ahli SEO biasanya bekerja di perusahaan atau agensi digital marketing.

Profesi sebagai spesialis SEO sangat dibutuhkan pada masa kini. Apalagi dengan banyaknya jumlah website di internet yang berlomba-lomba ingin menduduki peringkat pertama dalam mesin pencarian. Tidak mengherankan jika jasa atau profesi ahli SEO ini dihargai dengan begitu tinggi. Sebenarnya, apa saja tanggung jawab dan skill yang dibutuhkan oleh pakar SEO ini?

Pengertian Spesialis SEO

Sesuai dengan namanya, spesialis SEO adalah seseorang yang bertugas mengoptimasi mesin pencarian. Tujuannya adalah agar website bisa mendapatkan rangking Google yang tinggi. Pekerjaan ini pada dasarnya mengatur strategi optimasi mulai riset keyword yang tepat hingga memilih konten terbaik untuk disposting.

Seorang spesialis SEO dituntut untuk mengetahui cara kerja mesin pencarian. Mereka juga biasanya memiliki pengetahuan dasar tentang copywriting, desain layout serta desain website yang disukai oleh para pengunjung. Pekerjaan ini juga kadang menangani search engine marketing untuk memaksimalkan profit.

Skill yang Dibutuhkan

Untuk bisa menjadi seorang pakar SEO, kamu harus menguasai atau paling tidak tertarik pada bidang digital marketing. Karena algoritma Google selalu berubah, maka kamu juga dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Ahli SEO harus menguasai tool untuk riset keyword dan audit website.

SEO expert sangat diharapkan bisa sensitif dengan perubahan algoritma Google. Selain berkutat dengan mesin, pekerjaan ini juga membutuhkan skill komunikasi yang baik. Ini karena pakar SEO kadang juga perlu memberikan penjelasan kepada klien atau pemegang saham tentang tahapan kerja yang dilakukan.

Tanggung Jawab Spesialis SEO

Seorang spesialis SEO bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua website yang dikelola telah teroptimalkan secara teknis. Selain itu, mereka juga bertugas memastikan bahwa semua konten telah dioptimasi pada semua platform. Spesialis SEO juga bertugas membuat laporan yang rinci untuk klien tentang website yang telah dioptimasi.

Setelah proses optimasi, tugas lain yang tidak kalah penting adalah mempromosikan website secara onsite dan offsite. Jika peringkat website sudah naik dan interaksi sudah terbangun, maka pakar SEO wajib mempertahankan pencapaian tersebut. Tujuannya adalah agar jumlah traffic tidak turun.

Jenjang Karir Ahli SEO

Ahli SEO ini ternyata juga memiliki jenjang karir seperti karir pada umumnya. Ketika kamu baru bekerja dan pengalaman masih minim, kamu akan menjadi SEO junior kemudian menjadi SEO executive. Setelah itu, posisi kamu akan naik ke SEO Manager atau Account Manager.

Jenjang karir yang paling tinggi dari ahli SEO adalah menjadi Head of SEO atau Head of Digital. Tetapi kamu juga bisa berpindah pada posisi digital marketers. SEO sendiri pada dasarnya adalah cabang dari digital marketing. Jika ingin melebarkan karir, maka kamu harus meningkatkan skill.

Itulah penjelasan tentang seluk beluk pekerjaan pakar SEO. Jika kamu ingin menjadi seorang SEO specialist, latihlah beberapa skill yang dibutuhkan untuk profesi ini. Pada dasarnya, pekerjaan ini memiliki prospek yang bagus. Ada banyak peluang yang bisa kamu ambil. Kamu bisa mengandalkan profesi ini untuk meraih masa depanmu. Selamat mencoba ya dan terus belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *