Bisnis

Mau Menjadi Entrepreneur Sukses? Ini Formulanya

Menjadi seorang entrepreneur sukses layaknya Jack Ma, Mark Zuckerberg, William Tanuwijaya, Nadiem Makariem dan lainnya merupakan impian setiap orang.

Written by Soleh Hasan Wahid · 2 min read >

Menjadi seorang entrepreneur sukses layaknya Jack Ma, Mark Zuckerberg, William Tanuwijaya, Nadiem Makariem dan lainnya merupakan impian setiap orang.

Masalahnya, untuk mengikuti jejak sosok para entrepreneur muda di atas tidaklah semudah membalikkan tangan. Selain diperlukan perjuangan yang cukup panjang tentu ada formula-formula tertentu yang harus secara konsisten dilakukan.

Bila Anda adalah orang yang memiliki mimpi yang sama dengan mereka, maka wajib bagi Anda mengikuti formula menjadi pengusaha dari nol berikut ini. Namun sebelum itu, Anda harus terlebih dahulu tahu apa makna sejati dari entrepreneur sendiri.

Apa itu Entrepreneur?

Entrepreneur adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki keyakinan kuat untuk melakukan perubahan pada dunia berdasarkan ide dan inovasi yang dimilikinya. Keyakinan kuat ini umumnya disebut sebagai jiwa entrepreneurship.

Setidaknya ada 5 ciri utama dari entrepreneur ini, yaitu sebagai berikut:

  • Memilki niat dan keyakinan bahwa ia mampu mengubah dunia ke arah yang lebih baik
  • Inovatif atau kaya akan ide
  • Pantang menjadi seorang karyawan atau memiliki untuk mendirikan usaha sendiri
  • Tidak takut akan risiko
  • Mengedepankan value/nilai dibandingkan hanya mengejar profit

Apa Kegiatan Entrepreneur?

Seorang entrepreneur pantang untuk mau menjadi seorang karyawan. Ia pasti lebih memilih untuk mendirikan usaha sendiri, ia tidak puas bila bekerja untuk orang lain sebab merasa idenya tidak tersalurkan dengan baik. Oleh karena itu, hal pertama yang dilakukan entrepreneur adalah mendirikan organisasi, lembaga atau perusahaan mereka sendiri.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah tidak setiap entrepreneur berkecimpung dalam dunia bisnis. Mereka yang berhasil mendirikan organisasi nirlaba atau lembaga juga disebut sebagai entrepreneur. Entrepreneur bukan persoalan uang, akan tetapi bagaimana ide mereka bisa mengubah dunia. Inilah nilai-nilai entrepreneur yang harus Anda pegang.

Kriteria Menjadi Entrepreneur Sukses

Untuk dapat mentransformasikan idenya, seorang entrepreneur harus melalui beberapa tahap terlebih dahulu. Adapun tahap-tahap menjadi entrepreneur sukses adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Visi

Visi adalah seni untuk melihat masa depan yang belum tampak. Itulah kunci utama yang harus dimiliki entrepreneur sebelum ia melangkah ke tahap aksi. Kemampuan memprediksi sesuatu yang unik, menarik dan inovatif menjadi bekal utama untuk menjadi entrepreneur yang kreatif.

2. Menjalin Jaringan

Tahap selanjutnya, setelah menentukan visi sebagai entrepreneur Anda harus mampu membentuk jaringan yang kuat. Jaringan Anda harus sejalan dengan visi yang ditetapkan sebelumnya.

Untuk membangun jaringan ini diperlukan keterampilan membangun relasi yang baik, oleh karena itu entrepreneur juga harus melatih diri untuk memiliki skill berupa networking.

Ketika memiliki ide yang brilliant seharusnya Anda tidak segan lagi untuk menawarkan ide tersebut ke berbagai pihak. Untuk hal ini kemampuan mengomunikasikan ide salah satu kunci sukses menjadi entrepeneur.

3. Mengambil Tindakan

Entrepreneur bukanlah mereka yang suka berandai-andai, karakter seorang entrepreneur adalah tidak segan-segan untuk melakukan trial and error atas ide yang dipikirkan. Oleh karena itu, langkah selanjutnya setelah berhasil membentuk jaringan adalah mengambil tindakan (take action).

Entrepreneur tidak pernah takut risiko kegagalan, bila dalam proses bertindak ide yang dimiliki ternyata gagal mereka justru akan merasa tertantang. Hal ini merupakan karakter yang sulit ditiru oleh semua orang dan inilah yang menjadi alasan mengapa hanya sedikit orang yang sukses menjadi entrepreneur.

4. Ketekunan dan Kegigihan

Tekun dan pantang menyerah menjadi modal utama entrepreneur . Mereka yang memiliki jiwa ini hampir dipastikan meraih kesuksesan dalam hidupnya. Demikian halnya seorang entrepreneur, sebut saja Jack Ma bagaimana ia mengawali kisah suksesnya dengan mengawali karir sebagai guru bahasa Inggris. Demikian halnya Mark Zuckerberg yang mengawali kisahnya dari seorang mahasiswa drop out. Bila menyerah, mereka tidak akan seperti sekarang ini.

Demikianlah formula-formula yang pasti dimiliki oleh seorang entrepreneur dalam meniti kesuksesan dalam hidupnya. Bila Anda ingin menjadi seorang entrepreneur sukses layaknya tokoh inspiratif di atas, maka formula ini wajib Anda terapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *