Dunia Wanita

Makanan Sehat Pasca Melahirkan Agar Cepat Pulih

Proses melahirkan adalah hal yang sangat melelahkan, agar ibu tetap sehat maka harus segera memulihkannya dengan makan-makanan yang mengandung banyak gizi.

Written by Lohanna Wibbi · 1 min read >

Proses melahirkan bagi ibu adalah hal yang paling sulit dan melelahkan. Energi juga kekuatan tubuh seolah hilang karena dikuras habis ketika persalinan sedang berlangsung. ketika proses persalinan sudah selesai ibu akan merasakan perubahan hormon, fisik, dan juga perubahan emosi yang cukup drastis. Ibu harus sehat pasca melahirkan agar bisa menyusui anaknya.

Proses persalinan akan menyebabkan ibu merasakan lelah yang sangat bahkan tidak jarang ibu akan mengalami lemah dan tidak bias bergerak sedikitpun. Proses persalinan bukan berarti ibu bisa bersantai-santai saja, karena ibu harus segera memberikan kasih sayang kepada anaknya.

Saat itulah kondisi tubuh ibu harus segera pulih agar anak ibu bisa segera merasakan kasih sayang ibunya. Untuk itu marilah kita simak beberapa makanan yang bagus untuk proses pemulihan pacsa melahirkan.

Sup Ayam

Cara terbaik untuk memulihkan badan setelah melahirkan adalah dengan memakan sup ayam. Kompisisi sup yang sempurna akan dengan cepat mengatasi dehidrasi yang ibu alamami. Jika dimakan dengan nasi maka akan membantu menambah karbohidrat dalam tubuh.

Sup ayam ini akan cepat memulihkan kondisi tubuh ibu hamil, dengan begitu ibu akan segera bisa menyusui anaknya.

Krupuk asin

Jika ibu hamil merasakan hambar ketika hanya memakan sup ayam maka bisa menggunakan krupuk asin atau Salted crackers sebagai teman makan. Kandungan dalam krupuk asin sangat bagus jika dikonsumsi untuk ibu yang sedang menyusui. Hal ini terjadi karena kandungan krupuk asin akan cepat mengembalikan energi tubuh ibu pasca melahirkan.

Kurma

Siapa yang tidak mengenal kurma, makanan sehat dan banyak dikonsumsi oleh para muslim ketika sedang bepuasa ini ternyata juga cukup baik untuk jamu setelah melahirkan. Sehingga kondisi tubuh bunda pasca melahirkan akan tetap sehat.

Kandungan gula yang banyak dari kurma inilah yang akan menyebabkan kondisi tubuh ibu akan cepat pulih pasca melahirkan.

Makan oatmeal dengan buah

Memakan buah-buahan dengan oatmeal akan menambah nutrisi ibu pasca melahirkan akan semakin banyak. Kandungan dari oatmeal akan berfungsi sebagai galactagogue yang banyak dipercara sebagai obat penambah produksi ASI.

Karena itulah maka tidak heran jika mengkonsumsi oatmeal adalah salah satu vitamin setelah melahirkan, terutama bagi ibu-ibu yang sedang menyusui anaknya.

Dendeng sapi, penambah darah

Ibu yang sedang dalam proses persalinan selain mengeluarkan banyak sekali tenaga, ibu juga akan kehilangan banyak darah. Bahkan tidak jarang ibu yang harus mengalami pendarahan ketika proses persalinan sudah selesai. Nah untuk mengatasi kekurangan darah ketika ibu selesai proses persalinan adalah makan dendeng sapi.

Kandungan dendeng sapi berupa zat besi dan juga natrium, akan sangant bagus untuk mengembalikan elektrolit sehingga bisa lebih cepat memperbaiki kandungan protein tubuh.

Telur

Tradisi lama dalam merawat tubuh setelah melahirkan adalah dengan mengkonsumsi telur secara teratur. Kandungan telur berupa omega-3 akan bisa cepat meningkatkan fungsi dari otak. Dengan mengkonsumsi telur maka ibu akan terhindar dari resiko depresi pasca melahirkan.

Menjaga kesehatan tubuh pasca melahirkan adalah hal yang paling utama ibu perhatikan. Kesehatan tersebut bukan hanya untuk anak ibu saja, melainkan juga untuk keharmonisan dalam rumah tangga. Maka dari itu ketika proses persalinan dan sesudahnya ibu perlu benar-benar menjaga kondisi tubuh.

Memperhatikan pola makan, agar kondisi fisik ibu tetap terjaga seperti sebelum proses persalinan. Olahraga ketika tubuh sudah mulai sehat pasca melahirkan juga penting untuk ibu lakukan agar kodisi badan tetap dalam keadaan yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *