Lainnya

Liburan Di Rumah Menjadi Solusi Di tengah Pandemi

Tekanan emosional akibat pembatasan sosial selama pandemi berpotensi membuat soseorang mengalami gejala stress. berikut adalah cara untuk membuat liburan di rumah selama...

Written by Fatkhur Rozi Mustofa · 1 min read >

Saat ini masyarakat tengah melakukan pembatasan sosial yang mengharuskan mereka untuk melakukan mayoritas aktivitas di dalam rumah. Pembatasan sosial tersebut tentunya menyebabkan banyak sekali instansi dan kantor memberlakukan work from home atau bahkan libur. Sehingga liburan di rumah menjadi sebuah keharusan untuk menghindari stress.

Mengapa Harus Menanamkan Mindset Liburan Di Rumah ?

Tanggal pertama kasus pandemi covid-19 semenjak 2 Maret 2020 membuat berbagai aktivitas di berbagai sektor terhambat. Selama itu tentunya aktivitasmu sangat terbatas dengan berbagai protokol kesehatan untuk menghindari infeksi virus. Bahkan pemerintah menganjurkan untuk mengisolasi diri di dalam rumah hingga pandemi berakhir.

Kamu tentu telah mengalami dan merasakan kehidupan yang sangat berbeda serta terasa asing. Meskipun pada masa awal isolasi di rumah memberikan kamu kesempatan untuk beristirahat dari kegiatan sehari-hari yang melelahkan.

Bahkan untuk mencegah resiko penularan virus, berbagai provinsi di Indonesia telah memutuskan untuk meniadakan pertemuan tatap muka di sekolah sejak awal bulan April. Oleh sebab itu para Pelajar dengan terpaksa harus melakukan kegiatan belajar di rumah selama masa pandemi.

Namun lambat laun kamu pasti merasakan tekanan psikologis dan stress akibat terus menerus berada di dalam rumah. Bahkan dalam benakmu pasti sering bertanya “liburan di rumah ngapain ?”. Hal tersebut sangat wajar terjadi karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan kehadiran orang lain di kehidupannya.

kebutuhan manusia akan kehadiran orang lain bukan sekedar untuk membantu memenuhi kebutuhan fisik seperti makan atau melakukan transaksi penjualan saja. Namun lebih kompleks dari itu, karena kamu pastinya akan merasa lebih aman apabila berada di dalam sebuah kelompok masyarakat.

Berada di dalam rumah dalam waktu yang lama dan tidak bisa bebas keluar juga akan membuatmu merasa terpenjara. Perasaaan negatif seperti inilah yang akan menimbulkan gejala-gejala stress. Sehingga sangat penting bagi kamu untuk menanamkan mindset bahwa rumahmu telah menyediakan segala kebutuhan dan kamu sedang berlibur di dalamnya.

Bagaimana Menyikapi Liburan Di Rumah Saja ?

Tentunya kamu bertanya-tanya tentang bagaimana sebaiknya menyikapi semboyan “liburan di rumah saja” yang digalakkan oleh pemerintah. Terlebih untuk kamu yang mudah merasa bosan apabila harus terus tinggal di dalam rumah.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menanamkan mindset positif di dalam dirimu sendiri. Jangan menganggap kamu sedang terpenjara di dalam rumah, tapi kamu harus menyadari bahwa kamu berlindung dari pandemi dengan tetap berada dalam rumah. Dengan pemahaman yang benar kamu dapat menghindari stress.

Selanjutnya yang kamu perlukan adalah jangan pernah membiarkan pikiran kosong terlalu lama. lakukan aktivitas yang biasa kamu lakukan sehari-hari, namun tetap dilakukan di dalam rumah. Usahakan pikiran tetap sibuk dengan melakukan berbagai aktivitas.

Bagi para pelajar dapat memanfaatkan waktu ini untuk menyelesaikan tugas yang sebelumnya tertunda akibat jadwal yang sangat padat. Bahkan untuk kamu yang merupakan mahasiswa tingkat akhir, dapat memanfaatkan waktu ini untuk membuat draft skripsi untuk kelulusanmu nanti.

Saat ini berbagai media hiburan juga dapat diakses dengan mudah selama kamu liburan di rumah bersama keluarga. Berbagai film terbaru dapat kamu akses melalui berbagai channel seperti Youtube atau Netflix.

Bahkan kamu juga tetap bisa bermain bersama dengan teman-temanmu di berbagai game online yang akhir-akhir ini booming. Sehingga kamu tetap dapat berinteraksi dengan teman-temanmu meskipun tidak bertemu secara langsung.

Sekian penjabaran dari dari cara untuk menyikapi liburan di rumah selama pandemi. Perasaan tertekan merupakan hal yang wajar dan dialami hampir semua orang pada kondisi seperti ini . Namun kamu harus menyikapinya secara cerdas dan bijaksana untuk menghindari stress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *