Kuliner

Kuliner Khas Bali yang Wajib Kamu Nikmati Selama di Bali

Kuliner Khas Bali memang banyak, tetapi tidak hanya soal Ayam betutu atau sambal matah saja. Masih ada menu makanan yang lain yang...

Written by rizky nusantara · 1 min read >

Saat ini, kemenparekraf sedang mempersiapkan wisata new normal untuk Bali yang masih menjadi magnet luar biasanya. Sebelum kamu melihat apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa pergi kesana. Tidak ada salahnya untuk mencari Kuliner Khas Bali yang mungkin, bisa kamu nikmati.

Apalagi, Kuliner Khas Bali sudah banyak yang namanya mendunia. Seperti, sambal matah, Ayam Betutu, atau juga Sate Lilit. Kamu bisa mendapatkannya di berbagai warung makan di seluruh Bali.

Pilihan Kuliner Khas Bali

Kalau ke Bali hanya makanan Sate lilit, Ayam Betutu, dan Sambal matah saja rasanya belum ke Bali. Karena, di Pulau Dewata ini punya segudang menu yang membuat kamu tidak ingin pulang dan terus tinggal disini. Berikut, beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba.

Pie Susu

Pilihan pertama jatuh ke Pie Susu. Bentuknya kecil bulat dengan rasa manis dan gurih kalau kamu gigit rasanya lumer di mulut. Kehadiran oleh-oleh Khas Bali ini memang sudah ada sejak lama. Bahkan, dahulu sering dijadikan sebagai santapan saat acara keluarga atau juga acara sembahyangan.

Ada banyak pilihan merk Pie Susu yang bisa kamu pilih. Kurang lebih 10 merk pun ada. Hampir semuanya enak-enak.  Harganya mulai dari Rp1 ribu.

Es Tambring

Cuaca di Bali cukup panas, hampir sama seperti di Jakarta atau Surabaya. Apalagi, di kawasan pesisir pantai. Kalau sudah begini, kamu harus membeli minuman khas Bali satu ini yang hanya bisa kamu temui disini saja lho.

Kalau dilihat dari sajiannya, hampir mirip es kelapa muda. Hanya saja, dipadukan dengan beberapa bahan seperti putih telur ayam kampung, asam jawa, dan juga gula jawa ditambah dengan es batu. Rasanya sangat segar saat masuk ke dalam kerongkongan.

Perlu kamu ketahui bahwa, Es Tambring ini mempunyai khasiat bagi tubuh. Pertama bisa mengatasi panas dalam. Kedua, bagi kamu yang ada masalah dengan pencernaan. Harganya kurang lebih Rp20 ribuan saja.

Timbungan

Nama menu makanan ini memang belum terlalu dikenal oleh wisatawan luar Bali. Tetapi, makanan khas Bali ini mempunyai cita rasa yang tidak kalah dengan yang lainnya. Pembuatannya menggunakan bambu yang dilubangi ditengahnya.

Untuk isinya ada daging dan sayur. Kamu bisa meminta menggunakan daging ayam, karena bila tidak kamu akan disuguhkan dengan campuran antara daging ayam dan babi. Jadi, pastikan benar untuk bila ke pelayan ya.

Menggunakan bumbu minyak kelapa dan juga sayuran sela. Disuguhkan bersama dengan nasi hangat dan beberapa sambal. Kamu bisa menemukan makanan ini di beberapa warung makan dengan harga mulai dari Rp25 ribu.

Bubur Mengguh Bali

Menu terakhir yang bisa kamu nikmati saat berada di Pulau Dewata adalah Bubur Mengguh. Kamu bisa menikmatinya di Desa Tejakula yang hampir setiap warung menjualnya. Isinya sendiri ada bubur, ayam, kacang goreng dan urapan.

Saat satu suapan saja, kamu sudah jatuh cinta karena rasanya yang pedas gurih dan beraroma rempah-rempah nan kuat. Menu khas Buleleng ini bisa kamu nikmati dengan harga mulai dari Rp10 ribu saja.

Kesimpulan

Bagaimana dengan Kuliner Khas Bali di atas? Ada yang sudah kamu pilih-pilih untuk menemani kamu selama menjelajah Pulau Dewata? Semua menu makanan diatas halal-halal semua. Jadi, sangat ramah, aman dan nyaman untuk disantap  terutama bagi kamu warga muslim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *