Kesehatan

Khasiat Buah Naga, Efek Samping dan Cara Mengkonsumsinya

Khasiat Buah Naga yang terkenal adalah sangat disarankan sebagai pilihan menu diet bagi penderita obesitas dan diabetes. Kandungan gulanya yang sangat rendah.

Written by Novianti Lavlia · 1 min read >

Buah yang memiliki bentuk unik ini dikenal juga sebagai buah kaktus.  Penyebabnya karena tampilan kulit  yang menyerupai sisik kaktus.

Buah Naga merupakan buah yang termasuk dalam golongan buah tropis. Buah ini juga dikenal dengan nama lain yaitu “Pitahaya Fruit” atau “Strawberry Pear”.  

Khasiat Buah Naga yang terkenal adalah sangat disarankan sebagai pilihan menu diet bagi penderita obesitas dan diabetes. Kandungan gulanya yang sangat rendah, sangat aman untuk dikonsumsi dalam batas yang wajar.

Kandungan Flavonoid, Fitonutrien dan Antioksidan didalamnya dipercaya berguna bagi imunitas tubuh, mencegah penyakit jantung dan kanker. 

Sementara kandungan Vitamin B, Kalsium, Fosfor, Niacin, dan Seratnya berkontribusi dalam peningkatan fungsi kekebalan tubuh. 

Buah Naga juga memiliki khasiat bagi kecantikan kulit, menjaga kondisi rambut dan mengobati jerawat. Selain itu dipercaya dapat membuat awet muda.

Efek samping Buah Naga 

Sayangnya dari semua manfaat yang terdapat didalamnya, buah naga juga memiliki, efek samping jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Diantaranya adalah:

  • Masalah dalam sistem pencernaan.

Karena Buah naga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dapat mengakibatkan sakit perut, kembung, diare dan gangguan pencernaan lain nya  jika dikonsumsi secara berlebihan.

  • Kerusakan didalam sel tubuh.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung anti oxidant secara berlebih dalam jangka waktu yang panjang, dipercaya juga dapat merusak sel-sel yang sehat didalam tubuh.

  • Reaksi Alergi

Pada beberapa orang ditemukan mengalami reaksi alergi setelah mengkonsumsi buah ini. Tanda-tanda vital yang umum seperti  pembengkakan pada bibir serta rasa gatal dan panas pada bagian tenggorokan. 

Bagi para ibu hamil, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. Tujuannya untuk menghindari terjadinya reaksi alergi yang mungkin ditimbulkan.

  • Kontradiksi Pada Proses Pengobatan Penderita Diabetes

Pada tingkat yang wajar, mengkonsumsi Buah Naga pada penderita diabetes sangat dianjurkan. Tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan, dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Hal tersebut sangat berbahaya, karena dapat mengakibatkan “Hipoglikemia”. Kondisi tersebut dapat menurunkan kadar gula darah sampai dengan tingkat dibawah normal. Akibatnya dapat mengakibatkan rasa lapar, berkeringat, pusing dan rasa lelah yang berlebihan.

Cara Mengkonsumsi Buah Naga

  • Pilihlah buah yang sudah masak.

Buah naga memiliki warna merah muda yang menyegarkan. Rasanya juga sangat nikmat untuk disantap saat sudah masak. 

Cara termudah untuk mengetahui kematangan buah tersebut  adalah dengan cara menekannya. Apabila kembali ke bentuk asalnya, artinya sudah masak. Apabila terasa masih keras, artinya masih mentah dan belum siap untuk disantap

  • Belah buah naga menjadi dua bagian. 

Gunakan pisau untuk membelahnya menjadi dua bagian. Setelah dibelah, akan terlihat dagingnya  yang  berwarna putih. Selintas menyerupai buah kiwi, karena memiliki  biji-biji berwarna hitam pada seluruh dagingnya.

  • Ambil dagingnya dengan sendok.

Ambil dagingnya dengan cara mengeruk dengan sendok. Sebaiknya mulai mengambil dagingnya dari bagian pinggir terlebih dahulu. Kemudian mengocoknya hingga  bagian paling dalam.

  • Cara Menyantap.

Sebaiknya disantap dalam keadaan dingin. Pastikan hanya menyantap bagian dagingnya saja dan bukan kulitnya. Menyantap bagian kulit dapat menyebabkan sakit perut.

Apabila ingin dikonsumsi sebagai minuman, dapat dibuat jus ataupun sebagai bahan campuran makanan  penutup.

Demikianlah ulasan mengenai khasiat buah naga, efek samping dan cara mengkonsumsinya. Pastikan menyantap buah yang lezat ini dalam batas kewajaran, agar terhindar dari reaksi efek sampingnya.

Selamat menikmati!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *