Teknologi

Keunggulan Indonesia di Bidang Teknologi

Negara dapat dikatakan maju salah satunya jika perkembangan teknologinya cukup pesat, bagaimana di Indonesia?

Written by surya wijaya · 1 min read >

Indonesia sudah merdeka sejak tahun 1945 atau 75 tahun yang lalu, sejak saat itu perekonomian di Indonesia selalu mengalami fluktuasi. Itu juga diikuti dengan perkembangan teknologi yang hingga kini menjadi peran penting. 

Masyarakat Indonesia sekarang ini juga hidup berdampingan dengan perangkat teknologi di sekitarnya.

Seberapa penting peran teknologi baik di dunia maupun di Indonesia? 

Dan apakah Indonesia memiliki kelebihan dalam mengembangkan teknologi?

Saat ini laju perkembangan teknologi di seluruh dunia semakin tinggi dan cepat. Terutama di negara-negara benua Eropa dan Amerika yang salah satunya menjadi pelopor perkembangan teknologi. Seperti Amerika yang menjadi pondasi perkembangan jaringan komputer oleh ARPANET pada tahun 1970-an.

Sampai sekarang peradaban suatu negara dapat dikatakan maju jika teknologinya juga canggih, di samping SDM dan SDA yang tersedia. Bagaimana kondisinya di Indonesia dalam bidang teknologi? 

Bersumber dari Saungwriter.com, pemerintah AS telah mencabut status “negara berkembang” di Indonesia dan merubahnya menjadi “negara maju”.

Apakah itu menunjukkan kalau teknologi di Indonesia sudah sangat maju?

Ya dan tidak! 

Presiden AS, Donald Trump, mengambil tindakan tersebut untuk mengurangi daftar negara berkembang yang mendapatkan perlakuan istimewa. 

Jadi, apakah tidak ada kelebihan Indonesia terhadap perkembangan teknologi?

Ada, mari membahasnya satu-satu. Untuk Sumber Daya Manusia untuk menciptakan era modernisasi sebenarnya Indonesia memiliki banyak SDM. 

Contohnya, dilansir dari Saungwriter.com bahwa penemu jaringan 4G di Jepang adalah orang Indonesia bapak Pro. Dr. Khoirul Anwar. Lalu, masih ingat dengan seorang remaja yang menerobos sistem keamanan satelit?

Ia adalah seorang lulusan SMA, Jim Geovedi, menjadi top hacker terkenal di seluruh dunia. Lalu untuk teknologi transportasi, Indonesia juga tidak kalah dengan negara-negara maju lainnya yang mulai mengadopsi teknologi transportasi berbasis online.

Selain itu, inovasi dalam bisnis juga ikut berkembang dengan adanya e-commerce yang semakin memudahkan masyarakat dalam berbelanja. Dan semua itu ada karena jasa orang-orang kreatif yang mau mengembangkan teknologi untuk membantu kehidupan masyarakat.

Faktanya, Indonesia unggul dalam bidang teknologi karena banyaknya orang-orang kreatif yang mengembangkan inovasi yang bermanfaat. Hanya saja, orang-orang seperti itu jarang disorot media.

Indonesia kini juga mulai merangkak ke dunia antariksa dengan membuat sebuah observatorium di Timau yang telah direncanakan pada tahun 2018 kemarin. Setelah itu, pada tahun 2019 kemarin pemerintah juga berniat membuat bandara antariksa di Biak. 

Ketika semua itu terealisasikan, Indonesia akan memiliki keunggulan lebih di bidang teknologi. Hingga pada akhirnya, negara ini akan mampu bersaing di era globalisasi atau zaman modernisasi dengan negara lain.

Bagaimana masalah pemerataan penggunaan teknologinya? 

Sayangnya, pemerintah hingga kini kesulitan memeratakan penggunaanya dikarenakan bentuk geografis negara ini. Indonesia terdiri dari banyak pulau yang membuat pemerintah sulit untuk memberikan akses layanan seperti Internet ke seluruh tempat.

Misalnya saja jaringan 4G yang saat ini belum dapat disebarluaskan secara merata. 

Bahkan, ada beberapa wilayah yang sampai sekarang belum mengenal jaringan Internet. Sehingga, teknologi di Indonesia baik untuk hal bisnis, kesehatan dan sebagainya hanya difokuskan di kota-kota besar seperti DKI Jakarta, Surabaya dan Bandung.

Kesimpulannya, Indonesia sebenarnya punya keunggulan tersendiri dalam membangun inovasi teknologi. Faktanya negara ini memiliki banyak SDM yang berkualitas dari orang-orang kreatif yang mau membangun negerinya. 

Hanya saja ada beberapa masalah, salah satunya menyangkut kebijakan pemerintah.

Pemerintah harus mau melirik orang kreatif seperti itu untuk mendukungnya menciptakan berbagai inovasi dan harus mampu mengatasi masalah persebaran teknologinya. Dalam hal bisnis, kesehatan, layanan di bidang teknologi Indonesia mampu bertahan di zaman modernisasi saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *