Kuliner

Ketupat, Makanan Istimewa yang Punya Banyak Makna

Artikel ini membahas tentang serba-serbi ketupat, seperti macam olahan dan makna dibalik ketupat.

Written by Dhea Inda · 1 min read >

Hari raya Idul Fitri memang sudah lewat. Namun, rasa ketupat makanan istimewa lebaran yang dihidangkan dengan santapan khas lainnya mungkin masih meninggalkan kesan. Ketupat bukan hanya sekedar makanan. Konon, hanya orang bertangan terampil yang bisa membuat ketupat yang gurih dan pas teksturnya. Masih ada beberapa serba serbi unik tentang makanan yang berasal dari beras ini yang menarik untuk kita ketahui.

Perjalanan Panjang Ketupat di Nusantara

Ketupat bukan hanya makanan populer, tetapi juga legendaris. Makanan ini bahkan sudah dikenal masyarakat pada zaman animisme! Pada masa itu, selain untuk dimakan, ketupat juga dipakai sebagai simbol untuk menangkal bencana. Makanan yang kini lebih dikenal sebagai hidangan khas hari raya juga dijadikan simbol rasa syukur masyarakat petani atas hasil panen yang didapat.

Olahan Ketupat di Berbagai Daerah

Sudah sejak lama menjadi bagian kuliner nusantara, tidak heran jika ketupat dikenal luas di berbagai pelosok tanah air. Kebanyakan orang Jawa menyebutnya kupat, orang Bali menyebutnya tipat, orang Minang menyebutnya katipek, sementara orang Tolitoli Kasipat. Apapun sebutannya, setiap daerah punya menu ketupat andalan masing-masing. Kamu penasaran? Beberapa hidangan dengan bahan ketupat yang terkenal di antara pecinta kuliner nusantara adalah:

  1. Kupat Glabed

Ini adalah menu sarapan yang populer di Tegal, Jawa Tengah. Gurihnya ketupat berpadu dengan bumbu kuning kental dan disantap dengan sate. Hmmm terbayang lezatnya. Bagi kamu yang gemar menyantap sate, wajib coba makanan ini!

  1. Katupek Sayua

Sumatera Barat punya hidangan andalan katupek sayua. Ketupat disajikan dengan kuah santan bumbu merah. Perpaduan rasa unik berasal dari sayuran seperti nangka dan daun pakis yang disajikan dengan daging ayam juga telur rebus.

  1. Kupat Tahu

Seperti namanya, hidangan ketupat ini disajikan dengan tahu. Di Jawa Barat, kupat tahu sangat digemari. Irisan ketupat dan tahu goreng disajikan dengan bumbu kacang istimewa. Butuh keahlian khusus untuk menghasilkan bumbu kacang yang lezat. Konon, rasa istimewa akan didapat kalau bahan dasar kacang diolah secara tradisional, alias tidak menggunakan blender dan alat penghancur lainnya.

  1. Ketupat Kandangan

Olahan makanan ini berasal dari Kalimantan Selatan, tepatnya kandangan. Racikan istimewa dari menu ini adalah ikan gabus yang sudah dipanggang dengan santan. Disiram hangat-hangat di atas ketupat, hidangan ini siap untuk kamu santap.

  1. Ketupat Babanci

Kawasan ibukota juga punya menu andalan ketupat. Ketupat babanci disajikan dengan kuah santan dan daging sapi yang dipotong kecil. Jelas menggugah selera.

Makna di balik Wujud Ketupat

Ketupat memang pas disantap dengan berbagai makanan khas nusantara. Tidak hanya itu, di balik wujud ketupat ternyata tersimpan makna yang berupa pesan untuk kehidupan manusia.

  1. Pesan Menjaga Silaturahmi

Jalinan janur yang membungkus ketupat dengan cantik ternyata dibuat bukan tanpa maksud. Anyaman yang terjalin apik melambangkan silaturahmi antar sesama. Sementara itu, beras yang berwarna putih menandakan kesucian yang dicapai manusia pada saat idul fitri.

  1. Empat Tuntunan dalam Bentuk Segi Empat

Memang sangat pas kalau makanan berbentuk segi empat ini jadi bagian penting dalam perayaan lebaran.

Oh ya, bentuk segi empat juga ternyata punya makna kehidupan, lho. Keempat sudut melambangkan 4 pesan untuk manusia, yaitu harus saling memaafkan, harus saling memberi, harus menghapus dosa, dan menyucikan diri.

Ternyata, sebuah makanan bisa menyimpan banyak pesan dan makna untuk kehidupan. Nikmati ketupat makanan istimewa nusantara dengan penuh rasa syukur, ya!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *