Bisnis

Jenis Konten Untuk Pemasaran Digital Sesuai Medianya

Beda jenis konten beda pula jenis medianya, jika yang dibicarakan tentang pemasaran digital. Lalu konten apa yang benar-benar efektif untuk setiap...

Written by surya wijaya · 2 min read >

Kualitas konten salah satu yang mempengaruhi bagaimana kesuksesan sebuah pemasaran digital. Konten yang baik dan memiliki kualitas bagus bisa menjadi daya tarik utama bagaimana audiens penasaran dengan sebuah produk baik jasa atau barang. 

Dengan cara ini, maka otomatis memungkinkan para audiens untuk melakukan pembelian atau pemesanan jasa. 

Bersumber dari saungwriter.com, konten yang berkualitas biasanya biasanya juga dibuat menurut jenis konten dan medianya. Memang harus ada variasi konten agar semakin memudahkan dan memperluas jaringan sehingga memunculkan banyak calon pembeli. 

Berikut beberapa jenis konten untuk pemasaran digital yang sesuai dengan medianya.

 

  • Video

 

Kini konten video cukup menjadi tren yang populer, karena banyak orang lebih menyukai visualisasi. Video bisa jadi wadah promosi yang cukup menarik untuk sebuah bisnis. 

Mulai dari video review, tips dan trik hingga tutorial sebuah produk atau jasa. ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk membuat video marketing yang menarik. 

Mulai dari evaluasi konten, rancangan video, syuting video, SEO, hingga media pemasarannya. Dalam hal ini, konten video berdurasi 1 menit lebih tepat dipasarkan di media sosial. Namun untuk video dengan durasi lebih panjang, sebaiknya gunakan platform YouTube.

 

  • Artikel

 

Artikel adalah konten yang juga tidak kalah populer.  Menulis artikel juga butuh pemahaman yang mendalam, karena harus mengetahui cara merangkai kata yang baik. 

Artikel setidaknya harus terdiri dari deskripsi, penjelasan hingga uraian terhadap topik tertentu. Artikel pemasaran digital yang cukup sering digunakan yaitu ber-tema lifestyle dan teknologi. 

Artikel biasanya digunakan untuk digital marketing dengan media website. Tentu gunanya untuk meningkatkan traffic website. Nantinya sebuah website penjualan produk atau jasa bisa diketahui lebih luas berkat artikel yang berkualitas. 

 

  • Infografis

 

Infografis adalah jenis konten yang isinya terdiri dari beberapa gambar. Konten seperti ini cukup menarik karena membuat pembaca ataupun calon pembeli tidak bosan saat membaca sebuah konten. Infografis biasanya juga disertakan pada sebuah website, contohnya saja pinterest.

Cara untuk membuat infografis yang menarik adalah dengan membuat judul yang menarik, fokus pada caption yang ingin disampaikan kepada pembaca dan yang terakhir adalah menggunakan gambar yang mudah dipahami. Selain itu publikasikan pula infografis di berbagai media sosial. 

 

  • Livestreams

 

Selain konten video, livestreaming saat ini juga jadi tren. Banyak orang-orang melakukan strategi marketing dengan menggunakan livestream video di Facebook atau platform lainnya. 

Menariknya, meskipun video live streaming, namun konten ini tetap tersedia setelahnya. Jadi memungkinkan untuk orang lain yang tidak sempat melihat video livestreaming secara langsung tidak akan melewatkan hal tersebut. 

Bisa juga melakukan komunikasi dengan cara meminta para pemirsa atau penonton untuk mengklik link tertentu di bagian komentar. 

Selain di Facebook itu juga mencoba Instagram Live atau fitur Q&A di Instagram sebagai wadah untuk perkenalan produk. 

 

  • Testimoni Dari Klien

 

Kini testimoni dari client bisa menjadi cara jitu untuk mendapatkan prospek potensial yang lebih aman. 

Cara ini terbukti bisa membuat orang-orang lebih yakin kepada produk seseorang dibanding pesaingnya. Karena banyak calon pembeli sebelum yakin untuk melakukan pembelian sesuatu harus melihat terlebih dahulu testimoni yang diberikan oleh pembeli lainnya. 

Cara untuk membuat postingan testimonial lebih menarik bisa dengan menggunakan video testimoni. 

Hal ini adalah cara paling baru dibanding membuat testimoni berupa teks atau screenshot. Bisa dengan memanfaatkan video testimoni dari para pembeli, tapi kembali lagi hal ini bisa dilakukan jika memang produk atau jasa yang diberikan cukup memuaskan. 

Bahkan kadang tanpa diminta pembeli akan memberikan sendiri testimonial terbaiknya dalam bentuk apapun. 

Demikian beberapa jenis konten untuk pemasaran digital yang dilakukan sesuai dengan medianya. Karena setiap konten untuk pemasaran secara online tentu berbeda-beda, meski kini kebanyakan menyasar pada sosial media marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *