Bisnis

Inilah Panduan Terbaru 4 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk bisa mendapatkan uang dari internet. Sudah saya rangkum menjadi 4 cara mendapatkan uang dari...

Written by Anggun Taufik · 2 min read >

Banyak sekali panduan lengkap tentang cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu pelajari sendiri. Bahkan bisa kamu dapatkan gratis.

Di zaman yang canggih seperti sekarang ini, tidaklah sulit bila kita ingin mendapatkan penghasilan dari internet.

Seditaknya sudah saya rangkum menjadi  4 cara mendapatkan uang dari bisnis online. Mari kita bahas satu per satu.

Bergabung dengan Afiliasi

Saya akan coba jelaskan secara sederhana. Afiliasi yaitu suatu kerja sama yang terjalin antara pemilik produk dengan kita sebagai pendaftar afiliasi.

Bisa juga diartikan sebagai suatu kerja sama promosi dan penjualan produk.

Ilustrasinya, pemilik produk kita sebut pihak pertama. Pendaftar afiliasi kita sebut pihak kedua. Dan pembeli produk kita sebut pihak ketiga.

Jadi, orang yang bergabung dengan afiliasi berada di tengah-tengah yang mempertemukan pembeli dengan penjual produk.

Biasanya, program afiliasi memiliki sistem berbagi pendapatan. Artinya kita yang bergabung dengan afiliasi akan mendapat komisi untuk setiap produk yang terjual.

Pada umumnya, bergabung dengan afiliasi tidak membutuhkan biaya pendaftaran alias gratis.

Contohnya, program afiliasi yang populer di luar negeri yaitu amazon affiliates. Sedangkan di Indonesia kamu bisa bergabung dengan program afiliasi produk digital di Ratakan.com atau produk fisik di Lazada.co.id

Yang kamu perlukan hanya mendaftar di website penyedia program afiliasi tersebut. Setelah sukses dan berhasil mendaftar pasti kamu akan mendapatkan materi promosi.

Materi promosi bisa berbentuk link promosi, banner promosi ataupun copywriting promosi. Selanjutnya tugas kamu yaitu promosi.

Promosikan link dan banner ke semua media yang kamu punya. Bisa dipasang di blog pribadi, di sebar di sosial media pribadi ataupun yang lainnya.

Apabila suatu saat ada seseorang tertarik dan menggunakan link yang kamu promosikan sebelumnya maka kamu akan mendapatkan komisi. Kurang lebih ilustrasi sederhananya seperti itu.

Membuka Toko Online

Tentunya cara mendapatkan uang dari toko online itu mewajibkan kamu untuk memiliki domain dan hosting.

Domain itu diibaratkan seperti nama toko yang akan kita buka. Dan hosting itu diibaratkan ruangan yang nantinya kita gunakan untuk menyimpan semua produk yang kita jual.

Toko online adalah suatu websita yang didalamnya terpajang berbagai macam produk untuk dijual. Web toko online biasanya sudat diatur agar supaya bisa melakukan transaksi pembelian secara otomatis.

Setiap pembayaran yang dilakukan otomatis biasanya lewat payment gateway. Oleh karenanya, kebanyakan toko online pasti jam bukanya penuh selama 24 jam.

Jika kamu belum mempunyai domain dan hosting untuk menjalankan toko online maka kamu bisa memanfaatkan online marketplace.

Marketplace yaitu suatu website yang didalamnya terdapat sekumpulan pedagang dan pembeli yang sudah difasilitasi sedemikian rupa untuk melakukan jual beli secara online.

Kamu bisa membuat sebuah toko di marketplace dan mulai jualan produk.

Di indonesia ada beberapa marketplace yang populer seperti shopee, tokopedia dan bukalapak.

Yang harus kamu lakukan yaitu berkunjung ke website mereka lalu lakukanlah pendaftaran untuk membuka toko online.

Setelah itu kamu bisa mulai pasang gambar produk jualan kamu. Jangan lupa juga pasang judul, deskripsi dan harga jualnya.

Membuat Blog

Tidak hanya dijalankan sebagai hoby, blogging juga bisa menjadi salah satu cara sederhana untuk mendapatkan uang lewat internet.

Tentunya kamu harus mempunyai blog terlebih dahulu. Dan untuk memiliki blog, kamu harus juga mempunyai domain dan hosting.

Sebetulnya bisa juga kamu gunakan versi gratisnya. Akan tetapi itu kurang maksimal untuk kita gunakan. Apalagi jiga kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan dari blog tersebut.

Berjualan Software

Apakah kamu memahami coding? Jika iya, maka gunakanlah keahlianmu untuk berjualan software. Contohnya membuat template wordpress, membuat plugin pendukung website dan lain-lain.

Banyak yang sudah membuktikannya. Pertama-tama mereka membuat software lalu mereka promosikan melalui blog, sosial media dan bahkan lewat iklan berbayar.

Kesimpulannya yaitu, kamu jangan putus asa jika sedang sulit untuk mendapatkan uang didunia nyata. Karena banyak sekali cara yang baik dan benar yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan uang dari internet.

Sebetulnya banyak sekali cara untuk bisa memiliki penghasilan didunia online. dan penjelasan diatas hanya saya bahas 4 cara saja.

Demikian 4 cara mendapatkan uang dari internet. Silahkan pilih salah satu yang bisa kamu fokuskan. lalu konsisten dalam mengerjakan segala sesuatunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *