Dunia Wanita

Ini Dia Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Wanita

Artikel berisi tentang manfaat yoga untuk kesehatan wanita

Written by Dhea Inda · 1 min read >

Punya seabrek aktivitas? Tentu kondisi tubuh yang prima jadi modal utama untuk menjalani hari-hari sibukmu. Jangan biarkan kesibukan membuatmu lupa untuk menjaga kesehatan. Selain konsumsi makanan bernutrisi dan cukup istirahat, olahraga juga penting untuk kesehatan tubuh. Yoga bisa menjadi pilihan yang menyenangkan buat kamu. Gerakan-gerakan dalam olahraga ini melatih pernapasan, keseimbangan, hingga kekuatan. Manfaat yoga untuk kesehatan memang bisa dirasakan semua orang namun ada beberapa gerakan dalam olahraga ini yang memberikan pengaruh luar biasa untuk kaum wanita.

Mengapa ada manfaat istimewa dari gerakan yoga untuk wanita? Hal ini ada kaitannya dengan tubuh wanita yang mengalami siklus haid bulanan juga perjalanan istimewa seorang wanita saat mengandung dan setelah melahirkan. Yoga bisa membantu tubuh kamu untuk tetap prima dan terasa nyaman saat melewati masa-masa tersebut. Lalu, apa saja sebenarnya keistimewaan yoga untuk kaum Hawa?

Membantu Pikiran Tetap Tenang dan Fokus

Saat berlatih yoga, kita harus bisa mengatur pernapasan. Selain itu, gerakan keseimbangan juga melatih kita untuk lebih fokus. Jika dilakukan secara rutin, kamu jadi terbiasa berpikir tenang dan rileks. Kemampuan mengendalikan pikiran ini penting sekali terutama saat kamu mengalami tekanan rutinitas atau mood swings akibat PMS, misalnya.

Menjaga Organ Reproduksi

Rutin latihan yoga juga bisa membuat organ reproduksi wanita sehat dan kuat, lho. Gerakan-gerakan sekitar bawah punggung, pinggang, panggul, dan selangkangan akan membantu menjaga elastisitas organ-organ tersebut. Salah satu rangkaian sederhana yang mudah diikuti adalah gerakan cat dan cow. Organ reproduksi yang sehat bisa bantu kamu atasi nyeri haid dan meningkatkan kualitas hubungan suami istri.

Menjaga Tulang Punggung

Kamu sering merasa nyeri di area punggung? Yoga bisa menjadi solusi masalahmu. Beberapa gerakan dalam olahraga ini melatih kelenturan punggung sehingga mengurangi rasa nyeri. Selain itu, yoga memperbaiki postur tubuh asal dilakukan dengan benar dan teratur. Tidak ada lagi bahu melorot dan punggung yang bungkuk. Dengan postur netral yang benar, kamu pun akan tampak lebih segar dan sehat.

Mengembalikan Kondisi Tubuh Setelah Melahirkan

Setelah berjuang di ruang persalinan, seorang wanita harus siap merawat sang buah hati. Pikiran tenang dan tubuh yang kuat akan membantu kamu jalani semuanya. Yoga bisa menjadi sarana meditasi untuk menghilangkan kecemasan. Gerakan-gerakan yoga juga akan melancarkan sirkulasi darah sehingga kamu akan lebih berenergi.

Tidak hanya itu, latihan yang tepat akan mempercepat proses pemulihan, termasuk mengembalikan bentuk tubuh. Sebelum mulai olahraga pasca melahirkan, konsultasikan dulu kondisimu dengan dokter. Hal tersebut penting untuk menentukan waktu dan intensitas latihan yang sesuai.

Bonus: Terlihat Lebih Muda

Tumpukan tugas, tekanan pekerjaan di kantor, serta kesibukan di rumah sering kali membuat kita terlihat muram dan tegang. Jangan hanya tutupi dengan make up! Perbaiki metabolisme tubuh dengan berlatih yoga.

Nikmati setiap gerakan terutama yang membuka rongga dada agar melatih kamu merasa plong. Peningkatan kualitas metabolisme dan hati yang tenang tanpa beban otomatis akan membuatmu tampak lebih segar dan muda.

Kalau kamu sering cemas, galfok alias gagal fokus, sulit move on dari kenangan buruk, serta nyeri tubuh, kamu bisa coba berlatih yoga sekarang. Olahraga ini bisa kamu lakukan di rumah tanpa banyak peralatan, cukup dengan matras. Segan berlatih di sanggar? Kamu bisa panggil private instructor ke rumah. Banyak video panduan untuk pemula juga bisa kamu temukan di kanal Youtube.

Tidak ada yang sulit kalau kamu benar-benar ingin mencoba. Selamat memulai dan rasakan sendiri manfaat yoga untuk kesehatan!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *