Kesehatan

Ingin Usus Selalu Sehat? Ini Dia Buah Kaya Serat Yang Wajib Kamu Konsumsi

Usus adalah salah satu anggota tubuh yang vital. Sebagai manusia sehat, menjaga usus sangat perlu dilakukan. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah kaya...

Written by vivi ayu setiawati · 1 min read >

Jika berbicara soal buah kaya serat, ada banyak sekali jenis buah ini di sekitar kita. manfaat buah yang kaya akan serat ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan usus. Usus sendiri merupakan salah satu anggota tubuh yang paling vital. Jika usus kita rusak, maka anggota tubuh lain akan mengalami gangguan. Untuk menjaga kesehatan, kamu bisa mengandalkan buah dengan serat tinggi.

Ada banyak sekali buah yang mengandung serat tinggi. Namun banyak orang yang kurang paham dan menyadarinya. Sebagai orang yang cinta akan kesehatan, tentunya kamu harus pandai-pandai memilah konsumsi buah mana yang memang bagus untuk usus kamu. Lantas, buah apa sajakah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi?

5 Buah Pilihan Dengan Serat Tinggi

  1.  Apel
    Buah apel ada banyak sekali jenisnya. Namun semua jenis apel memiliki khasiat yang sama. Buah yang satu ini memiliki kandungan pektis dan serat yang cukup tinggi. Khasiatnya sangat bagus untuk membersihkan racun atau gangguan buruk pada usus.
  2.  Jeruk
    Selain buah apel, buah jeruk juga merupakan salah satu buah yang kaya akan pektin dan serat. Vitamic C yang ada di dalamnya juga sangat bagus untuk kesehatan tubuhmu. Kamu bisa mengkonsumsi buah ini sebagai minuman jeruk yang segar. Namun sebagai saran penyajian, sebaiknya konsumsi minuman jeruk ini tanpa menggunakan gula yaa.
  3.  Semangka
    Buah semangka memang dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan air tinggi. Dengan kandungannya ini, semangka mampu membantu memperbaiki metabolisme tubuh. Dengan mengkonsuminya secara rutin, semangka mampu membersihkan kotoran atau sisa makanan yang tidak dibutuhkan dalam tubuh.
  4.   Avokad
    Avocad menjadi salah satu buah yang dilengkapi dengan nutrisi glutathione. Nutrisi yang satu ini juga menjadi gizi yang cukup penting untuk tubuh. Pasalnya, glutathione akan bekerja melakukan detoksifikasi pada hati dari zat-zat buruk yang diakibatkan oleh bahan kimia sintesis. Buah avocad bisa jadi pilihan buah terbaik untuk kamu yang ingin menjaga usus agar tetap dalam kondisi sehat. 
  5.  Blueberry
    Mungkin buah yang satu ini lebih jarang ditemukan dibandingkan beberapa pilihan buah di atas. Namun, tahukah kamu buah yang satu ini memilliki peran yang cukup bagus untuk pencernaan? Tiap kamu mengkonsumsi blueberry secara rutin dalam waktu semimggu, maka hal ini akan membantu memperbaiki usus dalam membuang tiap senyawa kimia yang mungkin secara tidak sengaja kamu konsumsi.

 Mengapa Harus Konsumsi Buah Berserat Tinggi?

5 contoh buah yang kaya akan serat di atas, mungkin sudah sering kamu dengar dan dapatkan di sekitar kamu. Namun, ternyata masih banyak sekali orang yang tidak sadar akan pentingnya mengkonsumsi jenis buah di atas.

Bisa kamu bayangkan, jika usus hanya diisi dengan jenis makanan yang instan dan memiliki kandungan senyawa kimia yang tinggi, maka kondisi usus bisa rusak. Metabolisme tubuh juga jadi tidak seimbang dan tidak bekerja secara normal. Alhasil, beberapa gangguan tubub lain yang vital juga akan menjadi korban kerusakan tersebut.

Pentingnya nutrisi dalam tubuh, termasuk usus, sangat perlu diperhatikan dengan baik. Mengkonsumsi buah dengan serat yang tinggi bisa kamu jadikan kebiasaan sehat yang harus kamu lakukan dari sekarang. Semakin sering kamu konsumsi buah kaya serat, maka akan semakin baik untuk kesehatan tubuh dan usus kamu. Mulai hidup sehatmu dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *