Teknologi

Ingin Kerja Online? Tips Internet Stabil Ini Wajib kamu Pahami

Beberapa tips internet stabil yang harus kamu pahami agar bisa melakukan pekerjaan online dengan baik dan tidak terganggu oleh kendala apapun dalam...

Written by Aji Sundara · 1 min read >

Saat kamu bekerja secara online, ada banyak hal yang harus dipahami. Salah satunya adalah memahami berbagai tips internet stabil. Tujuannya tentu saja supaya pekerjaan menjadi jauh lebih lancar.

Bekerja online tidak membutuhkan modal apapun kecuali internet. Karenanya jangan heran jika internet menjadi salah satu kebutuhan yang paling pokok bagi masyarakat modern masa kini. Kalau kondisi internetnya tidak stabil, sudah tentu akan muncul banyak kendala dalam proses menjalaninya.

Tapi kamu tidak perlu khawatir karena ternyata ada beberapa tips jaringan internet stabil yang bisa memudahkan kamu dalam menjalani pekerjaan online. Apa saja tips-tips tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Mengutamakan Konsumsi Internet Untuk Yang Paling Penting

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan di komputer atau pun smartphone. Hanya saja, kamu harus benar-benar paham mana aplikasi yang penting dan mana yang tidak. Utamakan selalu aplikasi yang kamu butuhkan dalam menjalani pekerjaan online ini.

Stop dulu penggunaan aplikasi lain yang kurang bermanfaat namun mengkonsumsi internet berlebih. Misalnya saat kamu hendak melakukan video call dengan relasi atau atasan anda. Jangan sampai melakukannya sambil mendownload file lain yang berukuran besar.

Hal ini akan mengurangi bandwidth sinyal yang diambil oleh videocall tersebut. Matikan dulu proses unduhan dan tunggu hingga videocall benar-benar selesai. kamu bisa melanjutkan penggunaan aplikasi lainnya setelah proses pekerjaan diselesaikan.

Jangan Menggunakan Internet Terlalu Berlebihan Untuk Entertainment

Tips koneksi internet stabil selanjutnya adalah mengurangi hiburan atau entertain. Seringkali penggunaan internet untuk entertain malah lebih tinggi dibandingkan penggunaan internet untuk bekerja online. Konsumsi internet yang terlalu besar ini bisa mengurangi stabilitas bandwidth internet di rumah anda.

Karenanya kamu harus mengatur penggunaan internet dengan sangat detail. Sementara waktu, kurangi konsumsi internet untuk hiburan karena kamu harus lebih fokus pada pekerjaan. Terlebih kalau kamu menggunakan tethering hotspot dari smartphone yang memiliki keterbatasan.

Penggunaan aplikasi terlalu banyak untuk entertain bisa sangat berdampak pada kelancaran kerja online yang sedang kamu lakukan. Jangan sampai pekerjaan kamu terbengkalai hanya karena hal sepele seperti ini. Bersikap profesional sangat diperlukan saat kamu menjalani pekerjaan online.

Pastikan Semua Perangkat Berada Pada Kondisi Baik

Selain beberapa langkah di atas, tips agar koneksi internet stabil selanjutnya adalah memastikan kalau semua perangkat berada dalam kondisi yang maksimal. Wajib dipahami, kualitas perangkat yang digunakan saat bekerja akan sangat berdampak pada stabilitas jaringan internet yang dimiliki.

Seringkali pemicu terjadinya internet lemot adalah modem yang terlalu panas atau overheat. Biasanya hal ini dipicu oleh beban bandwidth yang terlalu tinggi. Terlebih pada smartphone, hal ini akan menyebabkan kerusakan parah jika dibiarkan dalam jangka waktu lama.

Pahami Fair Usage Policy Dengan Baik

Beberapa negara di dunia termasuk Indonesia telah melakukan penerapan FUP atau Fair Usage Policy dalam ranah internet. Kebijakan ini dibuat untuk memastikan keamanan seluruh pengguna internet di Indonesia. Mereka yang tidak bertanggung jawab dan tidak memahami FUP ini biasanya melakukan pelanggaran dalam konsumsi internet sehingga mengganggu stabilitas koneksi pengguna lain.

Hal ini sudah tentu sangat tidak dianjurkan. Pasalnya selain melanggar hukum, mereka yang melakukan tindakan seperti ini bisa mengganggu orang-orang yang melakukan pekerjaan online. Karenanya kamu harus benar benar memahami hal ini dan memberitahu orang-orang yang belum paham supaya tips internet stabil ini bisa terlaksana dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *