Kesehatan

Fakta Mengenai Penyakit Asma yang Harus Kamu Ketahui

Penyakit Asma bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang lanjut usia. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa diatasi dan...

Written by rizky nusantara · 1 min read >

Apakah kamu sering mengalami sesak nafas di saat tengah malam? Atau disaat suhu mendadak menjadi dingin atau panas? Kedua hal tersebut menjadi ciri utama Penyakit Asma yang sampai saat ini belum ada penelitian pasti mengenai penyebab penyakit satu ini.

Menurut data kementrian kesehatan Indonesia ada kurang lebih 4,5 persen penduduk Indonesia terkena Penyakit Asma. Siapa pun bisa kena penyakit ini dan satu catatan penting, bahwa Asma tidak bisa disembuhkan.

Mengenal Penyakit Asma

Satu pertanyaan yang sering terlontar adalah Apakah Penyakit Asma menular? menurut penelitian sakit ini menyerang organ paru-paru dan tidak akan menular ke orang lain. Penyebabnya bukanlah dari bakteri atau juga jamur serta virus yang mampu berpindah dari satu orang ke orang yang lain.

Tidak hanya bisa menimpa orang dewasa saja, anak-anakpun bisa mengidap penyakit ini. Biasanya, saat memasuki usia remaja akan berkurang bahkan tidak ada lagi. Tetapi, menginjak usia dewasa hingga lanjut, Asma itu akan kambuh kembali seiring penurunan daya tahan tubuh yang sering terjadi.

Gejala dan Penyebab Asma yang Sering terjadi

Gejala Asma satu orang dengan yang lain memang berbeda. Tetapi, satu hal yang bisa terlihat adalah batuk yang disertai lendir. Bila kamu dengarkan seksama, batuk yang disebabkan asma, dengan yang disebabkan dengan virus atau penyakit lainnya terdengar sangat berbeda.

Kadar lendir yang berlebihan di dalam organ paru-paru inilah yang menyebabkan penderita merasakan sulitnya bernafas. Bagi kamu yang sudah berusia lanjut, keadaan ini akan menguras energi. Sehingga, bisa menimbulkan rasa cemas dan stress yang berlebihan.

Serangan yang terjadi biasanya tiba-tiba dan tidak mengalami proses tertentu terlebih dahulu. Seringnya adalah aktivitas yang berlebihan, menimbulkan rasa lelah. Debu juga bisa menjadi potensi gejala Asma muncul. Bagi sebagian orang, alergi terhadap debu bisa juga menjadi pemicunya.

Asap rokok bisa juga menjadi penyebabnya. Jadi, bagi kamu yang masih merokok. Disarankan jangan merokok di tempat umum. Mempunyai Penyakit Asma tidak enak apalagi kalau sudah kambuh.

Penyebab terakhir biasanya adalah faktor makanan. Faktor ini yang biasanya sering sekali dirasakan oleh penderita. Sebenarnya, tidak ada pantangan khusus. Semua tergantung dari kondisi badan kamu sendiri. Saat kamu merasakan kondisi buruk saat makan tertentu, saat itu pula biasanya Asma akan terjadi.

Cara Pengobatan dan Penanganan

Pengobatan Asma sendiri sebenarnya cukup mudah. Walau, serangan tidak bisa dihindari, setidaknya bisa mengurangi munculnya. Seperti, melihat pemicu awal dari serangan yang terjadi.

Ambil sebuah contoh, saat suhu udara tiba-tiba menjadi sangat dingin. Kamu yang sedang tertidur pasti akan terbangun dan merasakan hal ini. Atau saat suhu menjadi panas. Hal-hal ini yang bisa kamu perhatikan, bahkan sampai hal yang terkecil sekalipun, karena sangat penting.

Menghindari pemicu ini berpengaruh besar pada kehidupan kamu. Semakin sering terjadi serangan, semakin sering pula kamu stress. Kembali lagi, salah satu penyebab munculnya Asma adalah stress. Seperti, sebuah lingkaran memang, berputar-putar disitu saja. Tetapi, dijalani dengan senyum pasti terasa ringan.

Salah satu obat untuk meredakan gejala asma adalah Inhaler. Sediakan selalu di sekitarmu, agar mudah untuk menjangkaunya. Biasanya, ada beberapa obat tertentu di apotik yang bisa membantu meredakannya. Kamu, bisa mencoba menanyakannya ke pihak apotik atau dokter.

Kesimpulan

Walaupun, Penyakit Asma tidak dapat disembuhkan hingga tuntas seperti penyakit lainnya. Namun, Pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat menjadi solusi terbaik bagi kamu untuk bisa mengurangi intensitasnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *