Kesehatan

Cara Merawat Kulit Wajah Yang Baik Dan Benar

Sedang Mencari Tahu Cara Merawat Kulit Wajah Yang Baik dan Benar? Sebelum itu, Kamu Harus Tahu Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Kulit...

Written by Anggun Taufik · 2 min read >

Banyak orang keliru tentang cara merawat kulit wajah yang baik dan benar. Semua wanita beranggapan bahwa merawat wajah itu harus menggunakan produk yang bermerk serta harus dilakukan di klinik kecantikan.

Produk bermerk dan perawatan di klinik kecantikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tetapi, jika kamu tidak keberatan untuk merogoh kocek lebih dalam maka silahkan untuk melakukan cara ini.

Padahal, ada banyak cara sederhana yang bisa kamu lakukan dirumah agar bisa menjadikan kulit wajah yang sehat dan bersih.

Adapun kondisi kulit wajah itu bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa diantaranya yaitu faktor lingkungan, cara merawat kulit wajah yang kamu terapkan sebelumnya, usia dan kondisi medis tertentu.

Lantas bagaimanakah cara merawat kulit wajah yang baik dan benar? Bagaimana pula cara menerapkannya?

Untuk menjawab semua pertanyaan itu, mari kita ulas satu persatu. Hal pertama dan yang paling mendasar yaitu memahami apa saja yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit wajah.

Dengan memahami hal dasar tersebut, diharapkan dapat memberikan pengetahuan tambahan untuk bisa lebih merawat dan menjaga kesehatan kulit dengan hati-hati.

Apa Saja Yang Mempengaruhi Kesehatan Kulit?

Kulit yang sehat adalah tujuan utama dari melakukan perawatan. Oleh sebab itu, hindarilah beberapa hal dibawah ini jika kamu tidak ingin kulit wajahmu menjadi rusak.

A. Faktor Internal

Yang pertama yaitu faktor internal. Beberapa faktor yang sangat mempengaruhi kondisi kulit yaitu faktor genetik, kurang tidur, stres, kurang asupan nutrisi dan vitamin, alkohol dan kehilangan kolagen.

Hormon dan penurunan produksi melanin juga ikut mempengaruhi kesehatan kulit.

Semua hal yang disebutkan diatas itu termasuk kedalam faktor internal. Dari beberapa faktor diatas, terdapat beberapa yang tidak dapat dihindari.

Yaitu, penurunan produksi melanin, faktor genetik dan kehilangan kolagen. Oleh karenanya, rutinlah mengkonsumsi vitamin dan nutrisi yang bagus untuk kesehatan kulit.

B. Faktor Eksternal

Yang kedua faktor eksternal. Jangan khawatir karena faktor eksternal dapat dihindari. Kamu hanya perlu menghindarinya.

Yaitu, sinar ultraviolet, asap rokok, radikal bebas serta asap kotor lainnya.

Selain itu, penyalahgunaan produk, kondisi cuaca yang buruk dan perawatan yang tidak baik juga termasuk kedalam faktor eksternal.

C. Faktor Mekanikal

Yang ketiga yaitu faktor mekanikal. Perlu kamu ketahui bahwa faktor ini banyak sekali disepelekan. Padahal sama-sama mempengaruhi kesehatan kulit.

Faktor mekanikal bisa juga disebut sebagai faktor kinetik. Atau bisa diartikan sebagai pergerakan yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit.

Contohnya yaitu merokok, ekspresi wajah dan posisi tidur.

Adapun maksud dari ekspresi wajah yaitu seperti mengerutkan dahi, cemberut dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Merawat Kulit Wajah yang Benar?

Setelah kita mengetahui beberapa hal yang dapat merusak kesehatan kulit wajah, sekarang saatnya kita bahas tentang panduan bagaimana merawat kulit wajah yang baik.

A. Pakailah sabun pembersih muka yang sesuai dengan jenis kulit kamu

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Jenis-jenis kulit tersebut ada yang tergolong ke normal, sensitif, berminyak, kering dan kombinasi dari ke empat jenis kulit tadi.

Jenis kulit kamu kering dan sensitif? Maka pakailah produk sabun pembersih muka yang berbahan kimia lembut. Serta memiliki kandungan yang dapat melembabkan kulit.

Jenis kulit kamu berminyak? Maka pakailah sabun pembersih muka dengan bahan dasar lembut yang mampu melembabkan kulit wajah tanpa menimbulkan minyak.

Contohnya saja, kamu bisa pilih sabun pembersih wajah yang terdapat kandungan gliserin.

Selain itu, pakailah produk perawatan kulit atau make up yang berlabel noncomedogeni. Kenapa? Karena tidak akan membuat penyumbatan pada pori-pori.

B. Bersihkan wajah secara rutin

Jika kamu ingin memiliki wajah yang bersih, maka rutinkan mencuci wajah 2 kali dalam sehari, yaitu di pagi dan malam hari.

Hal ini terlihat sederhana, akan tetapi bila dilakukan dengan benar dan berkelanjutan, bukan tidak mungkin kulit kamu akan terjaga kesehatannya.

Adapun tujuan dari mencuci wajah dipagi hari yaitu untuk menghilangkan bakteri yang menempel di wajah ketika tidur.

Dan dimalam hari, tujuannya yaitu untuk membersihkan kulit wajah dari make up, polusi dan debu selama kamu beraktifitas di luar rumah.

Lakukanlah secara konsisten dan selalu jaga kesehatan kulit kita.

Baiklah, kesimpulannya yaitu jika kamu benar-benar ingin melakukan dan mengetahui tentang cara merawat kulit wajah dengan benar, maka kamu harus tahu terlebih dahu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit wajah.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *