Pendidikan

Cara Membuat Artikel Website Berkualitas

Artikel website dikatakan bagus dan berkualitas ketika ditulis dengan cara yang benar. Berikut cara membuat artikel website yang berkualitas.

Written by mastermin · 1 min read >

Keberadaan artikel memang dianggap penting saat ini. Selain mampu memberikan informasi penting, artikel juga bisa dijadikan sebagai media iklan dalam berbisnis. Sayangnya, tidak semua orang mampu membuat artikel website yang berkualitas. 

Tema/konten yang menarik memang bisa membuat artikel mendapat jumlah views yang besar. Akan tetapi, cara penulisan juga bisa berpengaruh terhadap kualitas artikel. Untuk membuat artikel website yang berkualitas, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini. 

 

  • Bikin Konten Orisinil

 

Diliput dari saungwriter.com, konten yang berkualitas merupakan konten yang orisinil. Jangan pernah menjiplak karya atau artikel dari website lain. Hal tersebut hanya akan membuat peringkat website menjadi turun. 

Artikel yang orisinil bukan dinilai dari isi/tema nya saja, melainkan juga dilihat dari berbagai aspek. 

Mulai dari struktur artikel sampai gaya bahasa. Semua harus diterapkan seorisinil mungkin. Jikalau membutuhkan artikel lain, pakai saja sebagai bahan riset. Bukan untuk menjiplaknya. 

 

  • Jangan Terlalu Mementingkan Teknis SEO

 

Beberapa orang mungkin menganggap artikel yang berkualitas harus mengandung unsur seo. Akan tetapi dalam beberapa hal, SEO tak terlalu dibutuhkan untuk sebuah artikel. 

Terkadang, isi/konten sebuah artikel justru dinilai hancur berantakan hanya karena mementingkan kaidah seo. 

Salah satu trik membuat artikel website yang berkualitas yaitu dengan mengesampingkan teknik SEO. 

Penulis yang mampu membahas sebuah konten secara mengalir, mampu melahirkan artikel yang berkualitas. Apalagi untuk penulis pemula. Lebih baik kesampingkan teknik SEO terlebih dahulu, dan fokus kepada pembahasan konten saja. 

 

  • Buat Headline yang Kuat

 

Dikutip dari saungwriter.com, headline merupakan unsur penting yang harus diperhatikan ketika ingin membuat artikel berkualitas. Beberapa orang menganggap, headline hanyalah sebuah judul yang menjadi pelengkap sebuah artikel. 

Padahal sebaliknya, fungsi headline lebih dari itu.

Headline yang kuat mampu menarik jumlah views yang besar. Selain itu, headline juga mampu mempermudah audience dalam mencari informasi. 

Tips dasar membuat headline yang kuat yaitu jangan terlalu berlebihan dan jangan menerapkan clickbait. Kedua hal tersebut hanya akan menimbulkan rasa ketidaknyamanan audience sebelum membaca artikel. 

Misalnya seperti ini, “5 Fakta Presiden Soekarno, Nomor 4 Bikin Kaget!”. Type headline tersebut tidak masuk dalam kategori “menarik”.

Judul seperti itu hanya akan menimbulkan kesan berlebihan pada artikel yang dibuat. Menarik bukan berarti harus berlebihan. Intinya, berikan judul yang mampu menunjukkan nilai plus sebuah artikel. 

 

  • Bikin Engaging Content

 

Engaging content merupakan salah satu konsep yang bisa bikin artikel terlihat sangat berkualitas. Biasanya engaging content ditulis dalam perspektif baru, menawarkan hal-hal baru, serta menginspirasi. 

Artikel engaging akan mengarahkan pembaca pada sesuatu yang belum pernah dilihat sebelumnya. 

Ada banyak unsur yang bisa menciptakan konten yang engaging. Salah satunya pembahasan artikel yang menggantung. 

Cari pembahasan yang membuat audiens merasa bertanya-tanya ketika membaca bagian akhir artikel. Dengan begitu, audience akan menilai bahwa artikel tersebut memiliki kualitas yang wajib ditunggu kelanjutannya. 

Jangan lupa, selipkan beberapa perspektif baru untuk menampilkan pengetahuan yang belum pernah dilihat sebelumnya. Berikan beberapa hal baru yang membuat audience semakin ingin membaca lagi dan lagi. 

 

  • Sematkan Gambar/Video

 

Gambar atau video yang disematkan merupakan hasil interpretasi dari informasi yang telah disampaikan. Semua artikel yang berkualitas rata-rata menggunakan teknik ini untuk menarik minat baca audience. 

Tak perlu terlalu banyak, setidaknya beri sedikit gambaran atas apa yang sedang dibahas dalam artikel. 

Memang tidak mudah menciptakan artikel website yang berkualitas. Namun beberapa cara diatas mungkin bisa membantu. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *