Kesehatan

Bahaya Kecanduan Gadget dan Cara Efektif Mengatasinya

Kecanduan gadget memiliki dampak buruk pada kesehatan fisik dan mental seseorang. Bagaimana cara mencegah dan mengatasinya?

Written by NUR HUDA · 1 min read >

Kecanduan gadget di era modern ini sangat mungkin terjadi. Apalagi pada golongan milenial yang tak bisa lepas dari penggunaan teknologi modern. Namun apakah kamu tahu jika kecanduan gadget dapat mengganggu fisik dan psikologi manusia?

Menurut penelitian, kecanduan gadget pada anak usia dini sudah marak terjadi di dunia. Dikabarkan, ada 70% anak di Indonesia telah kecanduan gadget. Entah karena fitur game, internet, maupun media sosial.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Apa solusi tepat agar tidak kecanduan gadget?

Indikasi Kecanduan Gadget

Kecanduan gadget menurut para ahli bisa mengakibatkan seseorang merasakan efek euforia yang sama seperti kecanduan narkoba atau berjudi. Maka dari itu, tidak boleh disepelekan.

Seseorang dikatakan kecanduan gadget apabila menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain gadget. Entah itu smartphone, laptop, tablet, dan lainnya.

Ketika seseorang sudah kecanduan, dia akan kesulitan untuk melepaskan penggunaan gadget. Kondisi seperti ini sering kali disebut dengan nomophobia atau no mobile phobia.

Dampak Kecanduan Gadget

Ada banyak dampak buruk yang terjadi apabila seseorang kecanduan gadget. Diantaranya adalah dampak fisik dan dampak psikologi.

A. Dampak Fisik

Bagian tubuh yang paling berdampak sebab penggunaan gadget adalah mata. Mata akan sering berpapasan dengan sinar dari layar gadget. Bila keseringan, mata bisa rusak sedikit demi sedikit.

Selain itu, tubuh kamu bisa nyeri sebab jarang bergerak. Seringkali, pengguna gadget tidak memperhatikan posisi tubuh mereka. Kecanduan gadget bahkan bisa merubah kondisi fisik seseorang.

Sistem tubuh secara keseluruhan juga pasti terganggu. Apalagi kamu sudah kecanduan akut hingga lupa waktu tidur dan istirahat. Efeknya bisa menyebabkan insomnia dan tubuh tidak fit.

B. Dampak Psikologi

Kecanduan gadget berpotensi menyebabkan anak menjadi anti sosial dan malas berinteraksi dengan orang lain. Hal ini adalah dampak psikologi, dimana anak akan merasakan kehidupan maya lebih menyenangkan daripada kehidupan nyata.

Bila parah, efeknya adalah kesulitan bersosial. Menyebabkan gampang stress dan depresi. Tak hanya itu, mereka yang sudah kecanduan akan merasa sering kesepian dan gangguan kecemasan.

Penelitian terbaru mengatakan, kecanduan gadget bisa menyebabkan kegilaan. Sebab sudah sangat ketergantungan layaknya narkoba. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan penggunaan gadget agar tidak sampai kecanduan.

Mencegah Kecanduan Gadget

Hal-hal yang bisa kamu lakukan agar tidak kecanduan gadget ada banyak sekali. Pertama, kamu bisa kurangi penggunaan gadget. Memperbanyak kegiatan sosial dan fisik, sehingga fokus kamu tidak hanya ke gadget.

Ketika tidak ada kerjaan, usahakan jangan dialihkan ke gadget. Lebih baik melakukan kegiatan fisik seperti olahraga, berbincang dengan keluarga, atau membaca.

Mengatasi Kecanduan Gadget

Kecanduan gadget di Indonesia seringkali disepelekan. Bahkan tidak dipedulikan. Padahal efeknya sangat bahaya.

Meski sudah banyak dokter menjelaskan bahaya kecanduan gadget, masyarakat nampaknya kurang peduli. Sehingga, di zaman ini sangat banyak sekali orang yang kecanduan gadget.

Ketika sudah kecanduan gadget, bukan berarti tidak bisa sembuh. Tentu ada cara mengatasi gadget yang mudah dilakukan dan efektif.

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi kecanduan gadget adalah disiplin diri. Jangan dibiasakan memakai gadget ketika berjalan, hendak tidur, atau bermotoran.

Usahakan memiliki waktu khusus dan waktu maksimal dalam pemakaian gadget. Jadi, selain di waktu khusus itu, kamu tidak boleh bermain gadget. Hal ini mungkin akan sangat sulit, namun harus dibiasakan.

Kemudian, kamu harus memperbanyak aktivitas tubuh dan sosial. Bisa dengan olahraga, membaca buku, bermain di luar, dan berinteraksi dengan kawan ataupun keluarga. Intinya, fokus kamu harus dialihkan dari gadget.

Itulah bahaya kecanduan gadget dan cara mengatasinya. Kondisi ini memang seringkali disepelekan, padahal memiliki dampak buruk kedepannya. Bermain gadget boleh saja, asalkan memiliki kontrol dan tidak berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *