Lainnya

Anti Bosan! Kamu Bisa lakukan 5 Aktivitas ini di Masa Pandemi

Selama masa pandemi, banyak orang yang terpaksa harus tetap di rumah saja. Hal ini tentunya rentan menimbulkan rasa bosan. Tetapi kamu bisa...

Written by Lailatul Khomsiyah · 3 min read >

Masa pandemi sudah berlangsung sekitar 3 bulan di Indonesia. Banyak tatanan kehidupan yang terpaksa harus dirombak, lalu diganti dengan gaya kehidupan yang baru. Diantaranya adalah krisis di berbagai sektor, perubahan aktivitas di masa pandemi, hingga hal sepele seperti kemunculan hastag #dirumahaja di berbagai media sosial.

Fenomena ini memang bukan sekadar viralnya hastag dengan seruan di rumah saja, tetapi pengimplementasiannya yang harus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kini semuanya dilakukan dari rumah, entah itu bekerja, beribadah, sekolah serta aktivitas-aktivitas lainnya.

Karena terus-menerus di rumah saja, kebanyakan orang-orang mengeluh bosan. Pasalnya, kegiatan yang mereka lakukan hanya seputar tidur, makan dan rebahan. Padahal … sebenarnya kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru, penuh edukasi dan tentunya anti bosan. Penasaran aktivitas menyenangkan apa saja yang bisa dilakukan selama di rumah?

Berikut adalah daftar 5 aktivitas anti bosan yang bisa kamu lakukan selama masa pandemi:

Membaca
Membaca adalah kegiatan yang sangat sederhana, sebab termasuk kegiatan yang sifatnya santai, hemat tenaga dan murah. Kamu bisa melakukan aktivitas membaca dengan duduk santai depan teras sambil menikmati sepotong kue, cemilan dan jus buah yang segar di siang bolong. Kamu juga bisa membaca sambil rebahan di atas kasur empuk dengan selimut hangat sebelum tidur.

Bukan hanya itu, di era digital yang berkembang pesat seperti sekarang, aktivitas membaca bukan hanya digambarkan dengan memegang setumpuk buku. Namun, bisa disulap menjadi sesuatu yang bisa diletakkan di saku celana dan mudah dibawa kemana pun.

Yaps, dengan HP Android yang kamu miliki saat ini, membaca bisa lebih fleksibel. Bahan bacaan bertebaran di mana-mana. Kamu bisa menemukannya di perpustakaan daring, blog, website hingga media sosial. Kamu juga bebas memilih bahan bacaan yang ingin kamu baca, baik bacaan yang berat seperti buku-buku ilmiah, atau bahan bacaan yang ringan seperti cerpen, opini, artikel, dll.

Selain karena aktivitasnya santai, murah, mudah dan fleksibel, yang menjadi nilai plus dalam membaca adalah bertambahnya wawasan. Dengan membaca, kamu bisa berlibur dan menjelajah dunia tanpa keluar rumah.

Menulis
Banyak orang bilang, bahwa menulis itu butuh bakat. Padahal, menulis sama sederhananya dengan aktivitas membaca. Bedanya, membaca adalah melihat karya orang lain, sedangkan menulis adalah membuat karyamu sendiri.

Menurut ilmu psikologi, menulis bisa menjadi terapi. Sebab banyak orang yang bisa menumpahkan segala bentuk emosinya ke dalam tulisan tanpa perlu banyak bercakap dengan orang lain. Kamu juga bisa menceritakan hal-hal yang menyenangkan lewat tulisan. Jika ingin, kamu bisa membagi kisahmu di media sosial.

Apalagi di tengah pandemi saat ini. Kamu bisa menulis sesuatu yang bermanfaat, seperti menulis kata-kata semangat untuk para tenaga medis dan masyarakat agar kita bisa saling menguatkan dalam menghadapi pandemi ini. Dengan ini, menulis adalah rekomendasi aktivitas yang bukan hanya menyenangkan, tetapi juga mempererat hubungan.

Selain itu, dengan menulis, kamu bisa memiliki penghasilan loh. Jika kamu memiliki tulisan yang dirasa bagus, kamu bisa mencoba mengirimnya ke koran-koran atau majalah. Kalau mau, kamu juga bisa mencoba menjadi penulis lepas di perusahaan yang membutuhkan jasa penulis artikel, seperti saung writer.

Jika menjadi penulis lepas, kamu bukan hanya mendapat komisi, tetapi juga bisa menambah pengalaman dan bisa terus mengembangkan skill dalam menulis. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Menyenangkan sekali ya!

Memasak
Siapa bilang memasak hanya sekadar untuk kebutuhan makan saja. Memasak juga bisa menjadi aktivitas yang seru loh. Selain memasak makanan yang berat, sesekali mencoba memasak makanan ringan bisa dijadikan opsi agar kamu tidak bosan di rumah.

Kamu bisa membuat cemilan saat santai atau dessert berupa kue, jajanan kering, es krim dan yang lainnya. Apalagi jika ada si kecil di rumah, tentu adanya makanan-makanan itu bisa membuat mereka betah di rumah.

Kamu tidak perlu bingung jika tidak pernah membuat makanan ringan. Kamu bisa mencari resepnya dengan mengklik google atau media sosial kamu. Resep makanan yang pembuatannya murah dan mudah banyak bertebaran sekarang. Kamu tinggal memilih menu dan menyiapkan bahan-bahan.

Agar lebih seru, kamu bisa mengajak orang serumah untuk membantu memasak. Bisa suami, ibu, adik atau anak. Selain bisa belajar masak, kamu bisa kompak bareng keluarga. Selamat mencoba!

Olahraga
Hidup di masa pandemi membuat kita lebih waspada untuk selalu menjaga kesehatan dan pola hidup. Karena kondisi seperti ini, kamu tentu tidak bisa ke tempat pelatihan senam maupun gym. Kamu juga tidak bisa berlari dan bersepeda santai di taman kota. Meski begitu, kamu tetap bisa berolahraga dengan menyenangkan meski di rumah saja. Tentunya, dengan cara melakukan aktivitas yang berbeda.

Menonton video senam dan yoga di youtube bisa menjadi pilihan. Kamu bisa mempraktikkan gerakannya sendiri di rumah. Banyak praktisi profesional senam maupun yoga yang membagikan video di media sosial mereka. Kamu tidak perlu khawatir salah gerakan ya.

Jika halaman rumahmu cukup luas, kamu bisa bersepeda berkeliling di sana. Jika tidak, kamu cukup lari-lari kecil di teras rumah. Jangan lupa lakukan pemanasan sebelum olahraga ya. Bukankah banyak cara untuk bisa sehat dan produktif?

Menonton Film
Kalau opsi yang satu ini, sudah pasti banyak peminatnya. Mulai dari kalangan ibu-ibu, anak muda hingga anak kecil sekalipun. Apalagi betapa mudahnya sekarang mengakses serta mengunduh film, baik film lokal hingga mancanegara. Kini menonton film tidak harus di televisi. Dengan HP Android saja, kamu bisa menonton film sesukamu.

Dengan mengunduh aplikasi penyedia hiburan film, kamu bisa menonton tidak terbatas pada jam, jumlah episode dan yang bikin seneng serta hemat waktu karena tidak terlalu banyak iklan yang lewat.

Jika ingin nonton maraton, pastikan ada cemilan di sampingmu ya. Selamat bersantai!

Nah, itulah 5 aktivitas di masa pandemi yang bisa kamu lakukan agar mengusir bosan dan tentunya menyenangkan. Meski di rumah saja, kamu tetap bisa beraktivitas. Hindari stres dengan melakukan kegiatan seru dan juga produktif. Selama masa pandemi, jangan bosan di rumah ya. Mari saling menguatkan.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *