Lainnya

8 Cara Berolahraga di Kantor.Tanpa Terlihat Canggung!

Cara berolahraga di kantor dapat dilakukan dengan melakukan latihan yang dapat membantu menghilangkan kelelahan pada otot.

Written by Novianti Lavlia · 1 min read >

Padatnya kesibukan kantor kadang membuat seseorang akan mengalami masalah untuk melakukan aktivitas berolahraga. Usaha yang harus dilakukan pada saat ingin pergi ke gym dirasakan akan menyita banyak waktu.

Tetapi sebenarnya ada  cara berolahraga di kantor  yang lebih efektif . Tanpa perlu ke gym, kamu tetap dapat menjadi sehat dan bugar. Keuntungannya lagi, konsentrasi kamu akan meningkat dan produktivitas kerja tidak akan terganggu

Mau tahu solusinya? Yuk, kita lihat bagaimana caranya.

1. Jadikan perjalanan kerja sebagai ajang latihan

Kurangi melakukan perjalanan ke kantor dengan menggunakan kendaraan. Rajinlah mengolah tubuh dengan banyak berjalan cepat, jogging atau pun mengendarai sepeda. Jangan lupa untuk mencari rute aman saat melakukannya. 

Dan pastikan kamu menggunakan pakaian yang tepat!

2. Sempatkan olah tubuh saat waktu makan siang.

Kamu juga dapat melakukan olah tubuh di saat waktu makan siang. Lakukan jalan cepat di lingkungan kantor atau melakukan gerakan peregangan di meja kamu. Waktunya tidak perlu lama, cukup setengah jam saja. 

Setelah itu, coba rasakan manfaatnya!

3. Tetap aktif ketika beristirahat

Walaupun saat sedang rehat untuk coffee break, tetaplah aktif. Dengan hanya berjalan kecil, itu artinya sudah ada sedikit  kalori yang hilang. Selain itu konsentrasi kerja pun akan dapat bekerja lebih maksimal sepanjang hari.

4. Berbicara dan bergerak sama dengan latihan fisik

Saat kamu tidak bekerja dengan komputer, manfaatkan kesempatan itu untuk berdiri dan bergerak. Lakukan  kegiatan yang sama saat kamu berbicara di telepon. Setiap pergerakan yang kamu lakukan akan sama halnya dengan melatih fisik.

5. Melatih stamina dengan cara  bekerja lebih cepat

Jadikan aktivitas kerja  menjadi ajang melatih stamina. Caranya dengan melakukan pekerjaan kamu dengan lebih cepat. Hal tersebut akan menjadikan setiap “gerakan cepat” menjadi bagian alami dari keseharian kamu.

Banyak pekerjaan, bukan berarti berkurang latihannya!

6. Hindari fasilitas yang membuat kamu malas berjalan

Dalam kondisi yang memungkinkan, cobalah hindari menggunakan lift di kantor. Lebih seringlah menggunakan tangga sebagai bagian dari budaya aktif. Semangat ya!

 7. Lakukan peregangan setiap beberapa waktu

Melakukan peregangan (stretching) di meja,  tidak akan terlihat aneh. Ada banyak jenis peregangan yang bisa dilakukan saat duduk atau berdiri. Peregangan sangat membantu di dalam menangkal rasa sakit dan kaku setelah duduk lama. 

Peregangan juga merupakan bagian dari olah tubuh yang dapat meningkatkan konsentrasi kerja. Hal tersebut terjadi karena sirkulasi darah akan terbantu saat peregangan dilakukan. Jadi jangan lupa melakukan kebiasaan bermanfaat ini ya, sesibuk apapun kamu bekerja.

8. Lakukan latihan dasar di meja kerja

Melakukan latihan dasar di meja kerja  tetap membuat kamu canggung?  Ada ide lain yang dapat dicoba tanpa terlihat rekan kerja! Ide ini merupakan latihan yang dapat membantu menghilangkan kelelahan pada otot.

  • Kencangkan perut selama 30 detik dan lepaskan. Ulangi hingga 10 kali
  • Kencangkan bagian otot bokong dan pinggul selama 30 detik dan lepaskan. Ulangi hingga 10 kali
  • Kencangkan otot betis kamu selama 1 menit, dan lepaskan
  • Jika kamu memiliki hand gripper, kamu dapat menggunakannya. Kamu dapat melakukan latihan tangan dan lengan sambil duduk santai kursi.

Demikianlah ulasan tentang  cara berolahraga di kantor yang dapat kamu coba. Jangan lupa untuk selalu mengolah tubuh kamu dikala sibuk sekalipun.

Semoga dapat bermanfaat bagi kamu semua, dan sukses selalu!.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *