Karir

7 Tips Lolos Wawancara Kerja Agar Diterima Perusahaan!

7 tips lolos wawancara kerja ini membuat lamaranmu diterima perusahaan.

Written by Toni Al-Munawwar · 1 min read >

Hal yang paling sulit saat melamar kerja ialah pada saat interview atau wawancara. Ada beberapa tips lolos wawancara kerja yang perlu kamu cermati, agar pada saat berhadapan langsung dengan bagian HRD, kamu tidak merasa gugup dan takut.

Salah satu penyebab gagalnya para pelamar kerja adalah karena mereka tidak siap saat di inteview. Padahal, interview merupakan faktor utama seorang HRD menilai seberapa seriusnya kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut. Jika tidak memiliki persiapan yang matang, maka jangan heran jika pada akhirnya lamaranmu ditolak.

Ada beberapa cara menghadapi interview kerja bagi pemula, agar pada saat di interview, kamu bisa memberikan yang terbaik. Berikut beberapa tips dan trik lolos wawancara yang bisa kamu cermati dan ikuti dengan baik.

Persiapkan Diri dengan Baik

Mempersiapkan diri sebelum mendapat panggilan wawancara kerja merupakan hal yang sangat penting. Dengan persiapan yang matang, menunjukkan kalau kamu memang serius ingin bekerja. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan HRD, apakah menerima lamaranmu atau tidak.

Cari Tahu Visi dan Misi Perusahaan

Sebelum memutuskan mengirimkan lamaran pekerjaan, ada baiknya kamu mencari tahu dulu visi dan misi perusahaan yang dituju. Untuk apa? Agar kamu tahu apakah visi dan misimu cocok dengan mereka atau tidak. Salah satu penyebab lamaranmu ditolak boleh jadi karena visi misimu tidak sejalan dengan mereka.

Selain itu, memahami visi dan misi perusahaan bisa membuat wawancara berlangsung cepat. Sehingga kamu bisa menghemat lebih banyak waktu.

Pilih Pekerjaan Sesuai Keahlian

Hal yang tak kalah penting saat hendak melamar kerja ialah memilih pekerjaan yang tepat. Salah dalam memilih pekerjaan bisa membuat atasan meragukan kemampuanmu. Pun, lebih parahnya lagi, lamaran yang sudah kamu buat akan ditolak mentah-mentah. Sebab, mereka meragukan kemampuanmu. Gawat sekali, bukan?

Untuk itu penting sekali memilih pekerjaan yang sesuai keahlian agar kamu bisa bekerja dengan nyaman. Bekerja sesuai keahlian juga bisa meningkatkan produktivitasmu dalam bekerja lho. Jadi, jangan salah pilih pekerjaan ya.

Jangan Ragu Untuk Bertanya

Bertanya pada saat di interview bukanlah hal yang salah. Justru dengan bertanya, kamu bisa lebih merasa yakin dan siap akan posisi pekerjaan yang dipilih seandainya nanti diterima. So, jangan ragu bertanya ya!

Jangan Terburu-Buru Saat Menjawab Pertanyaan

Tetap tenang dan rileks saat sedang ditanya. Usahakan, untuk jangan terburu-buru menjawab pertanyaan yang diajukan. Berilah jawaban dengan penjelaskan yang meyakinkan dan jangan terlihat ragu saat menjawab.

Jelaskan Kelebihanmu

Jelaskan mengapa kamu layak untuk diterima bekerja. Jabarkan kelebihanmu ke dalam beberapa poin yang ringkas dan padat. Menjelaskan tentang kelebihan diri, bisa menjadi pertimbangan HRD untuk menerimamu.

Selain itu, pihak HRD juga jadi memiliki alasan kenapa kamu layak diterima dan posisi apa yang cocok untukmu. Setuju? Buat mereka tidak ragu memilihmu dengan menjelaskan kelebihanmu ya.

Berpakaian Rapi

Kerapian mungkin terlihat sepele. Tapi secara tidak langsung masuk dalam daftar penilaian juga. Pakailah pakaian yang rapi dan bersih saat melamar kerja maupun di wawancara. Dengan berpenampilan rapi, menunjukkan kalau kamu menghargai perusahaan dan benar-benar serius ingin bekerja.

Seseorang yang berpenampilan tidak rapi dan bersih bisa dianggap main-main alias tidak serius ingin bekerja. So, jangan abaikan kerapian dan kebersihan ya. Boleh jadi ini yang membuat lamaranmu diterima perusahaan.

Nah, itulah 7 tips lolos wawancara kerja yang bisa kamu coba agar lamaranmu diterima perusahaan. Good luck!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *