Otomotif

7 Istilah Anak Motor Yang Wajib Kamu Ketahui!

Berbagai istilah anak motor yang wajib kamu ketahui karena sering muncul dalam pergaulan di komunitas dan pada saat melakukan touring

Written by Aji Sundara · 1 min read >

Dewasa ini ada banyak istilah anak motor yang muncul. Bukan tanpa alasan, hal ini pastinya dipicu oleh tingginya jumlah komunitas motor yang ada di negeri ini. Seperti kita ketahui, pasar otomotif memang sedang mengalami puncaknya di Indonesia.

Tak heran kalau saat ini ada banyak sekali komunitas motor yang bermunculan. Namun untuk kamu yang hendak bergabung ke dalam komunitas motor kekinian, sangat wajib untuk memahami berbagai istilah yang seringkali muncul di dalamnya. Ini akan memudahkan kamu untuk beradaptasi.

Ada banyak sekali istilah yang berkaitan dengan komunitas motor masa kini. Sangat wajib bagi kamu untuk memahaminya supaya tidak terkesan pemula. Berikut ini istilah komunitas motor yang harus kamu pahami tersebut!

Kopdar

Kopi darat ini arti sebenarnya adalah kopi darat. Namun di kalangan anak motor, kopdar bisa diartikan sebagai jadwal berkumpul yang harus dihadiri oleh sesama anggota klub. Usahakan hadir karena biasanya dari sinilah jalinan kedekatan antar anggota tercipta.

Biasanya kopdar ini dilakukan di basecamp komunitas motor itu sendiri. Namun tak jarang, hal ini dilakukan di lokasi lain. Biasanya jadwal kopdar ini sudah ditentukan sejak lama dan kamu wajib menghadirinya sebagai bentuk loyalitas terhadap klub.

Rolling

Istilah selanjutnya adalah Rolling. Rolling ini artinya berkeliling di sebuah wilayah bersama sama. Biasanya dilakukan setelah selesai kopdar. Saat melakukan rolling pastikan untuk tetap safety dan menjaga kenyamanan pengguna jalan lainnya.

Jangan seenaknya saat berkendara di jalanan karena hal ini bisa merusak citra klub motor kamu sendiri. Ikuti peraturan dan rambu lalu lintas yang berlaku. Utamanya, hal ini akan menjaga keselamatan kamu saat sedang berada di perjalanan.

Sunmori

Istilah klub motor selanjutnya adalah sunmori. Istilah satu ini banyak digunakan oleh para vlogger. Adapun pengertian dari sunmori ini adalah Sunday Morning Ride. Tentunya hanya dilakukan pada hari minggu pagi.

Ada banyak vlogger motor yang mengangkat tema sunmori ini. Mereka merekam kegiatan touring di hari minggu dan dibagikan di kanal Youtubenya masing-masing. kamu juga bisa melakukan hal yang sama kalau ingin penghasilan tambahan.

Tourjib

Tourjib ini adalah tour wajib. Artinya semua anggota wajib ikut tanpa terkecuali. Biasanya anggota yang tidak mengikuti tourjib akan dikenai denda sesuai dengan kesepakatan bersama. Adapun denda ini seringkali disalurkan terhadap kegiatan sosial.

Destinasi tourjib ini sendiri akan bergantung pada keputusan bersama. Namun kalau klub yang kamu ikuti sudah bertaraf nasional, bisa jadi tour yang dilakukan sampai ke luar pulau. Tentunya ini akan menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan.

Tourgab

Istilah anak klub motor selanjutnya adalah tourgab atau tour gabungan. Biasanya jenis tour satu ini diikuti oleh beberapa komunitas motor sekaligus. Saat berada dalam tourgab ini kamu bisa menjalin hubungan dengan banyak komunitas motor dan menjalin silaturahmi.

Road Captain

Road Captain ini bisa dianggap sebagai ketua touring. Jadi sosok inilah yang bertugas memantau kelancaran dan keselamatan semua peserta touring. Tugasnya memang berat, karenanya mereka yang dipilih menjadi road captain adalah sosok yang berpengalaman.

Safety Officer

Safety officer adalah sosok penunjuk jalan. Sosok satu ini wajib memahami kondisi jalan dan memberikan arahan untuk para peserta touring. Biasanya dipilih kandidat dengan pengetahuan yang bagus tentang jalan yang akan dilalui.

Istilah-istilah di atas merupakan kata yang paling sering muncul pada komunitas motor. Kalau kamu hendak bergabung atau mengikuti touring dari sebuah komunitas, pastikan untuk mengingat istilah anak motor yang kami sebutkan di atas agar momen touring menjadi jauh lebih lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *