Pendidikan

7 Ide Pendidikan Anak Usia Dini yang Bisa Diterapkan di Rumah

Orangtua Berperan Penting Dalam Perkembangan Sang Buah Hati. Berikut Ini Adalah Beberapa Ide Pendidikan Anak Usia Dini Yang Bisa Diterapkan Di Rumah.

Written by Yusriah Ulfah Winita · 2 min read >

Pendidikan sepatutnya diterapkan kepada anak sejak kecil dan dimulai dari lingkup keluarga. Maka dari itu orangtua mempunyai peran penting dalam pendidikan anak usia dini sebagai tahap awal perkembangan. Agar proses ini terasa menyenangkan ada beberapa ide kegiatan yang dapat kamu tiru sebagai orangtua.

Terapkan Konsep Bermain Sambil Belajar

Bermain merupakan dunia anak-anak. Sebagai orangtua kamu harus memahami hal ini dengan baik. Memaksa anak belajar untuk tujuan pendidikan sama saja dengan merenggut dunianya.

Salah satu konsep yang dapat kamu terapkan untuk pendidikan si kecil di rumah adalah bermain sambil belajar. Metode ini terbilang efektif sebab anak belajar secala alamiah melalui permainan. Misalnya bermain puzzle yang berisi berbagai macam alphabet.

Bacakan Buku Cerita yang Disukai Anak

Anak mempunyai kecenderungan untuk menyukai sesuatu yang mencolok. Oleh sebab itu buku bacaan khusus anak-anak didesain dengan beraneka macam gambar. Menyediakan buku bacaan sebagai materi pendidikan anak usia dini juga perlu kamu siapkan.

Biarkan si kecil memilih sendiri bacaan apa yang diinginkan. Setelah itu kamu cukup membacakan buku tersebut. Pada saat membaca itulah kamu bisa menyelipkan unsur-unsur pendidikan seperti penanaman akhlak.

Libatkan Anak dalam Kegiatan di Rumah

Hampir semua anak mempunyai rasa keingintahuan yang begitu tinggi. Contohnya ketika kamu sedang memasak atau memperbaiki perabotan. Biasanya anak akan mendekat, memperhatikan, atau bahkan mengganggu pekerjaanmu.

Pastikan untuk tidak langsung menyuruh anak pergi jika hal ini terjadi. Libatkan mereka dalam kegiatan yang kamu lakukan. Ketika anak berada dalam kondisi yang nyaman kamu bisa lebih leluasa menanamkan pendidikan.

Bermain Drama dengan Anak? Tidak Masalah

Salah satu tujuan pendidikan anak usia dini adalah membangun kesiapan menghadapi tahap pendidikan dasar. Kesiapan ini tidak hanya dari segi kemampuan belajar akademik, tetapi juga kesiapan berhubungan sosial.

Kamu bisa membentuk karakter buah hati untuk menghadapi lingkungan sosial melalui aktivitas ‘drama’ di rumah. Misalnya kamu berperan sebagai seorang pembeli dan anak menjadi penjualnya. Biarkan buah hati mengeksplor sendiri apa yang dilakukan untuk menarik pembeli.

Posisikan Diri Sebagai Teman Agar Anak Leluasa Bercerita

Pendidikan yang diberikan pada anak melalui aktivitas ‘rumahan’ biasanya lebih mudah tersimpan di alam bawah sadarnya. Anak-anak juga biasanya tidak bercerita segamblang dengan teman sebaya saat bersama orantua. Ini menjadi salah satu alasan pentingnya pendidikan anak usia dini.

Maka dari itu kamu mungkin kesulitan untuk memberi pendidikan kepada buah hati. Cobalah untuk memposisikan diri sebagai teman agar anak lebih leluasa bercerita. Dengan begitu kamu juga mudah mengetahui kekurangan dan kelebihan anak, sehingga dapat memberi pendidikan yang tepat.

Bangun Kepercayaan Diri Anak Melalui Story Telling

Apakah kamu percaya bahwa setiap manusia memiliki potensi dalam dirinya? Hanya saja potensi ini tidak selalu bisa muncul di permukaan. Di sinilah fungsi pendidikan anak usia dini  untuk mengasah potensi sang buah hati.

Kepercayaan diri anak dapat ditumbuhkan melalui aktivitas sederhana seperti story telling atau demonstrasi. Biasakan mengajak buah hati untuk menceritakan kembali aktivitas apa yang dilakukan dalam sehari. Kamu juga bisa meluangkan waktu untuk mendengar mereka ber-story telling.

Biarkan Anak Mengeksplor Dunia

Ada nasehat bijak untuk orang tua yang mengatakan bahwa didiklah anakmu seperti layang-layang. Biarkan anak menemukan dunianya sendiri dan tugasmu sebagai orangtua hanya mengarahkan. Nasehat ini patut kamu terapkan dalam pendidikan si kecil termasuk di rumah.

Banyak contoh sederhana yang berkaitan dengan memberi anak keleluasaan untuk mengeksplor dunia. Misalnya biarkan anak bermain tanah pada saat kegiatan berkebun atau bolehkan anak merasakan serunya bermain hujan.

Itulah beberapa ide pendidikan anak usia dini yang dapat kamu terapkan di rumah. Ingatlah selalu bahwa perkembangan dan karakter buah hati sangat dipengaruhi oleh peranmu sebagai orangtua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *