Kesehatan

6 Tips Tetap Sehat Selama Menghadapi New Normal

Konsep "New Normal" menjadi isu hangat belakangan ini. Namun, yang jadi pertanyaan adalah bagaimana agar tetap sehat selama New Normal?

Written by Murniati Hasan · 1 min read >

New Normal merupakan tatanan hidup baru yang diterapkan guna mengembalikan kondisi ekonomi setelah krisis yang terjadi selama pandemi Covid-19. Namun, konsep ini mengkhawatirkan bagi banyak orang. Bagaimana tidak? Disaat virus corona masih mengancam, masyarakat telah dihimbau untuk beraktivitas kembali meskipun harus mematuhi protokol yang ada.

Lalu, bagaimana agar tetap sehat selama menghadapi kondisi New Normal?

1. Menjaga Kebersihan

Selama New Normal Indonesia dilaksanakan, menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar sangat penting agar tidak terjangkit oleh virus dan bakteri berbahaya penyebab penyakit. Sediakanlah antiseptik atau tisu basah saat sedang berada di luar rumah. Sering-seringlah mencuci tangan, dan mandi saat pulang ke rumah. Jangan menggunakan pakaian yang sama selama berhari-hari untuk mencegah virus menempel di badan. Rutin membersihkan rumah juga tak kalah pentingnya untuk menghindari segala penyakit.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral akan  membuat tubuh tetap kuat dari serangan penyakit.  Buah seperti lemon yang tinggi akan  kandungan vitamin C, sangat bagus untuk menjaga kesehatan selama kehidupan normal berlaku kembali. Bisa juga dengan mengonsumsi madu yang memiliki senyawa antioksidan yang baik dalam menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

3. Berolahraga

Rajin berolahraga untuk menjaga badan tetap bugar. Meskipun pekerjaan di kantor menumpuk, jangan sampai melewatkan olahraga, walaupun hanya olahraga ringan seperti lari di tempat atau senam biasa. Jarang berolahraga menjadi salah satu penyebab tubuh mudah terserang penyakit menahun seperti hipertensi, diabetes, jantung, obesitas, dan kolesterol.

4. Tidur Teratur

Tidur teratur dan cukup juga tidak boleh disepelekan. Kurangnya waktu tidur akibat sering begadang akan membuat metabolisme tubuh terganggu. Bagi beberapa orang, pandemi menjadi waktu yang tepat untuk begadang menyelesaikan kegiatan. Namun, hal ini sangat beresiko karena dapat memberikan efek buruk bagi tubuh seperti naiknya berat badan, pelupa, kulit menua, bahkan dalam sebuah studi, keseringan begadang akan meningkatkan resiko kematian sebesar 12%.

5. HIndari Menggunakan Peralatan Bersama

Menggunakan peralatan pribadi dengan tidak saling menukarnya dengan orang lain akan mencegah virus untuk berpindah. JIka ingin meminjam atau meminjamkan barang kepada orang lain, pastikan dulu benda tersebut telah disterilkan dengan desinfektan atau tisu basah. Bisa juga dengan mencuci tangan setelah menggunakan alat bersama, dan hindari menyentuh area wajah.

6. Jangan Memaksakan Diri

Beristirahatlah di rumah apabila sedang tidak enak badan, dan hindari tempat umum. Konsumsi juga multivitamin atau suplemen makanan untuk meningkatkan sistem imun. Bahan-bahan alami seperti seduhan jahe, lemon, dan madu ampuh untuk meningkatkan sistem imun apabila tubuh sedang tidak fit.

Nah, selain tips di atas. Berdoa untuk dihindarkan dari segala penyakit juga sangat penting. Jangan lupa untuk selalu mengingat Tuhan agar selalu berhati-hati di manapun berada. Penting untuk mengembalikan kondisi ekonomi, namun, menjaga kesehatan juga tak kalah pentingnya agar tetap mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Jadi, itulah 6 tips untuk tetap sehat selama menghadapi New Normal. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *