Kesehatan

5 Tips Memperbaiki Jam Tidur Sebelum Menghadapi New Normal

Masa Work From Home sebentar lagi berakhir. Ini adalah saatnya untuk kamu memperbaiki kembali jam tidur sebelum menghadapi New Normal.

Written by endar julian · 1 min read >

Sebentar lagi era new normal akan segera menjelang, banyak penyesuaian yang harus dilakukan untuk mulai beradaptasi denga kondisi baru ini, termasuk masalah jam tidur. Selama masa Work From Home (WFH), tidak dipungkiri banyak orang yang waktu tidurnya menjadi berantakan.

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang juga mengalami masalah tidur ini. Jika iya, sebaiknya kamu mulai mengambil inisiatif untuk memperbaiki jam tidurmu yang sempat berantakan ini sebelum menghadapi new normal era yang sebentar lagi akan datang.

Untuk membantu kamu memperbaiki jam tidur dan beradaptasi dengan new normal life nantinya, berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat kamu coba.

Cobalah Majukan Jam Tidurmu

Jika kamu terbiasa tidur hingga dini hari bahkan subuh, cobalah untuk secara perlahan memajukan jam tidur kamu kira-kira 15 menit lebih awal dari biasanya setiap minggunya. Hal ini ditujukan agar membuat tubuhmu menjadi terbias untuk tidur lebih awal.

Jika kamu masih mengalami kesulitan untuk tidur, kamu dapat mencoba untuk menggunakan suplemen khusus untuk tidur. Namun lebih disarankan untuk mencobanya tanpa bantuan suplemen tidur.

Bedtime Ritual Sebelum Tidur

Banyak faktor yang  terkadang menyebabkan tubuh kesulitan untuk beristirahat, seperti lampu yang menyala, Smartphone yang masih aktif berbunyi dan lainnya. Menurut penelitian, cahaya biru yang dikeluarkan oleh gadget dapat mengurangi kerja hormon melatonin di tubuh yang berperan sebagai pengatur waktu istirahat tubuh.

Untuk itu, menjadi salah satu hal yang disarankan untuk kamu mematikan lampu dan gadget-mu sebelum tidur. Selain itu, kamu juga dapat mencoba untuk mengonsumsi teh chamomile atau lavender sebelum tidur yang dipercaya memiliki khasiat membuat tidur menjadi nyenyak.

Berhenti Mengonsumsi Kafein

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki jam tidur kamu adalah dengan berhenti sementara mengonsumsi kafein. Kafein sendiri sebenarnya merupakan stimulan penghambat adenosine yang merupakan senyawa dalam tubuh berperan menimbulkan rasa kantuk. Kafein inilah yang membuat tubuh kamu semakin sulit untuk terlelap.

Jika kamu telah terlanjur terbiasa mengonsumsi kafein atau malah telah kecanduan hingga sulit untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein. Kamu dapat mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi Vitamin B Complex pada pagi hari, serta 250 miligram suplemen Magnesium Glycinate sebelum tidur. Kedua suplemen ini akan membantu kamu mengatasi kecanduan kafein yang kamu alami.

Hindari Mengonsumsi Makanan Sebelum Tidur

Mengonsumsi makanan sebelum tidur ternyata juga dapat membuat kamu mengalami kesulitan tidur. Sistem pencernaan yang bekerja di malam hari akan cenderung membuat otakmu untuk sulit beristirahat. Jika kamu ingin makan pada malam hari, sebaiknya kamu melakukannya 3-4 jam sebelum kamu tidur.

Lakukan Olahraga Kecil Setiap Hari

Tips terakhir yang dapat kamu coba untuk memperbaiki waktu tidur sebelum menghadapi new normal di Indonesia yang sebentar lagi diberlakukan adalah melakukan olahraga kecil sebelum tidur. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation mengungkap bahwa berolahraga di waktu kapanpun dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Berdasarkan pada penelitian tersebut, sangat disarankan untuk kamu untuk berolahraga kecil setiap harinya untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam harinya. Kamu dapat mencoba beberapa olahraga ringan di rumah seperti aerobik ataupun workout ringan (push-up, sit up dan lainnya).

Itulah beberapa tips memperbaiki jam tidur yang dapat kamu coba. Semoga tips ini dapat membantu memperbaiki jam tidurmu sebelum menghadapi era new normal nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *