Dunia Wanita

5 Tahapan Skincare Pemula Yang Bisa Diterapkan Untuk Remaja

Banyaknya jenis dan tahapan perawatan wajah sering kali membingungkan. Berikut ini 5 tahapan skincare pemula yang bisa diterapkan oleh remaja untuk mendapatkan...

Written by Ghea Cahya Yulitha · 1 min read >

Setiap perempuan pasti menginginkan kulit wajah yang bersih dan sehat. Untuk mendapatkannya, ada banyak jenis dan tahapan perawatan wajah yang bisa dilakukan, baik menggunakan produk lokal maupun non-lokal.

Nah, bagaimana bila kamu adalah remaja dan masih pemula dalam dunia per-skincare-an?

Berikut adalah 5 tahapan skincare pemula yang bisa diterapkan untuk remaja.

1. Micellar Water

Setelah seharian beraktivitas dan terpapar debu polusi, kamu wajib banget membersihkan wajah dengan micellar water.

Micellar water memiliki kandungan partikel minyak super kecil yang disebut misel (micellas). Misel ini yang akan membersihkan segala kotoran dan minyak yang menempel pada wajah kamu.

Komposisinya yang terdiri dari 90% air membuat micellar water aman digunakan pada kulit remaja.

Cara pakainya gampang. Kamu hanya perlu menuangkan cairan secukupnya ke atas kapas. Usapkan kapas secara lembut pada wajah hingga semua kotoran terangkat.

Pastikan untuk melakukan gerakan tarikan ke atas, ya! Jangan ke bawah karena dapat mengurangi kadar kekencangan kulit kamu.

2. Face Wash

Selanjutnya, kamu harus memastikan wajahmu benar-benar bersih dengan mencucinya menggunakan face wash.

Sebaiknya pilih produk yang telah diformulasikan khusus untuk kulit remaja. Ada banyak produk yang dijual di pasaran. Kamu bisa pilih satu yang sesuai dengan jenis kulit kamu, apakah kulit kering, normal, atau berminyak.

Cara pakainya juga sederhana.

Pertama, basuh wajah dengan air. Tuangkan cairan face wash ke tangan dan usap hingga mengeluarkan banyak busa. Aplikasikan busa ke wajah dengan gerakan memutar. Terakhir, bilas dengan air sampai bersih.

3. Face Toner

Setelah mencuci wajah, biasanya kulit akan terasa lebih kering karena kadar pH yang berubah. Normalnya, pH kulit wajah adalah sekitar 5.5. Untuk menormalkannya kembali, penggunaan face toner sangatlah dibutuhkan.

Tidak hanya untuk menormalkan pH, face toner ternyata juga memiliki banyak kelebihan lainnya. Bisa untuk membersihkan sisa-sisa face wash yang masih menempel pada wajah, mencerahkan, hingga memberikan rasa lembab.

Cara pakainya bisa diaplikasikan langsung ke wajah. Bisa juga dengan dituangkan ke atas kapas, kemudian ditepuk-tepukkan ke wajah hingga cairan menyerap sepenuhnya.

4. Moisturizer

Tidak hanya untuk melembabkan, kamu bisa menggunakan moisturizer untuk mencerahkan kulit yang kusam bahkan mencegah timbulnya keriput.

Penggunaan moisturizer ini tidak hanya disarankan pada jenis kulit kering dan normal saja, loh! Kulit berminyak juga membutuhkannya. Namun, pastikan produk yang kamu pilih sesuai dengan jenis kamu sehingga manfaat menggunakan skincare ini dapat lebih terasa.

Cara pakainya mudah. Biasanya, moisturizer tersedia dalam bentuk krim. Kamu bisa langsung mengoleskannya ke wajah. Jangan lupa berikan pijatan ringan agar krim meresap sempurna.

5. Sunblock

Terakhir, rangkaian skincare untuk remaja ini sebaiknya dilengkapi dengan sunblock. Gunakan sunblock untuk memproteksi kulit wajah dari sinar UV A dan UV B matahari.

Untuk remaja, sebaiknya pilih produk dengan kandungan SPF yang tidak terlalu tinggi. SPF 15 sudah cukup untuk mencegah sinar matahari yang menerpa wajah kamu.

Sunblock biasanya juga tersedia dalam bentuk krim sehingga cara pakainya bisa dengan dioleskan langsung ke wajah.

Itu dia 5 tahapan skincare pemula yang bisa diterapkan untuk remaja. Mudah, bukan?

Skincare routine ini bisa kamu lakukan setiap pagi dan malam demi mendapatkan hasil yang maksimal. Kecuali untuk sunblock, cukup pakai saat kamu akan terpapar sinar matahari langsung saja, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *