Bisnis

5 Langkah Usaha Makanan Ringan yang Menguntungkan

5 langkah usaha makanan ringan yang menguntungkan, terbilang memang cukup mudah untuk dilakukan dimana saja.

Written by Dany Putra Hermawan · 1 min read >

Menjalankan usaha makanan merupakan sebuah usaha yang cukup mudah untuk dilakukan tetapi hasil yang didapatkan terbilang menguntungkan. Sebab menjalankan usaha di bidang makanan bisa Anda lakukan dimana saja termasuk di rumah. Selain itu juga peluang usaha ini pun juga sangat besar karena makanan sangat dibutuhkan oleh semua orang jadi tidak akan mati permintaan dalam hal ini.

Makanan yang biasa dijadikan usaha pun juga bervariasi, mulai dari makanan besar atau pokok hingga makanan ringan sekalipun. Keduanya sama-sama memiliki peluang yang menguntungkan karena memang banyak yang mencarinya.

Mungkin beberapa dari Anda tertarik untuk membuka dan menjalankan usaha di bidang makanan ringan. Selain lebih mudah untuk dijalankan makanan ringan ini bisa dikatakan hanya membutuhkan modal kecil untuk memulai usaha tersebut. Walaupun menggunakan modal kecil, tidak menutup kemungkinan Anda menjadi pengusaha sukses.

Sebab sudah cukup banyak gambaran yang memulai usaha makanan ringan dari keisengan belaka hanya bermodal sekitar ratusan ribu, tetapi keuntungan yang didapatkan bisa berkali lipat lebihnya. Tetapi tentu saja gambaran kesuksesan tersebut tidak terlepas dari keberhasilan strategi serta langkah yang diambilnya, selama memulai hingga menjalankan usaha tersebut.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk memulai usaha makanan ringan rumahan, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membantu Anda memulai usaha tersebut. Apalagi jika Anda ingin membuka usaha yang hanya bermodal kecil, tentu saja ada langkah-langkah tertentu yang harus Anda ambil.

Untuk membantu Anda dalam hal ini, berikut terdapat 5 langkah untuk memulai usaha makanan ringan yang menguntungkan dan bisa Anda lakukan di rumah:

Melihat dan Mencari Peluang

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memulai usaha makanan yang menguntungkan adalah dengan melihat dan mencari peluang dari usaha yang ingin dijalankan. Mulai dari lingkungan, hingga jenis makanan yang akan dijadikan usaha tersebut. Tujuan dari langkah ini adalah untuk mengetahui jenis makanan ringan yang memang banyak dicari peminatnya.

Menemukan Resep yang Tepat

Tidak hanya mencari tahu peluang yang ada dari jenis makanan dan lingkungan, tetapi Anda juga harus menemukan dan menentukan resep yang tepat untuk usaha yang ingin dijual nantinya. Dalam langkah ini, Anda bisa memulainya dengan melakukan searching resep-resep jenis makanan ringan tersebut di internet tentunya dengan respon atau review yang positif.

Memberikan dan Membagikan Tester

Langkah selanjutnya dalam memulai usaha di bidang makanan ringan ini adalah dengan memberikan dan membagikan tester ke kerabat dan kenalan Anda. Tanya pendapat tentang tester yang diberikan, sembari menjelaskan secara halus tentang tujuan Anda memberikan tester tersebut.

Menerima Pre-Order

Setelah Anda menemukan resep yang tepat serta enak dan memberikan tester ke cukup banyak orang, pada langkah ini biasanya Anda sudah mendapatkan beberapa list order untuk makanan ringan yang dijadikan usaha tersebut. Jadi dengan mendapatkan order tersebut, Anda sudah bisa mulai memproduksi makanan ringan pertama Anda.

Membuat Akun Sosial Media atau Website Usaha sebagai Ajang Promosi

Jika sebelumnya Anda melakukan promosi hanya melalui kerabat dan kenalan yang sudah mencoba tester, kali ini Anda harus melakukan promosi sendiri menggunakan sosial media atau website khusus untuk usaha milik Anda tersebut.

Hal ini dilakukan agar usaha Anda akan semakin dikenal lebih luas dan tentunya untuk mendatangkan orderan lebih banyak dari sebelumnya. Jadi manfaatkan lah teknologi yang ada.

Jadi itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha makanan ringan yang menguntungkan. Semoga dengan adanya penjelasan terkait langkah-langkah tersebut, dapat membantu Anda meraih kesuksesan di dunia wirausaha. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *