Bisnis

5 Ide Peluang Usaha Rumahan saat Pandemi

Harus di rumah saja karena pandemi tapi khawatir dengan pemasukan yang berkurang? Kamu bisa mencari inspirasi dari ide-ide bisnis rumahan ini.

Written by Ario Seno Nugraha · 1 min read >

Pandemi yang melanda Indonesia berdampak terhadap perekonomian dan usaha mulai dari UMKM ataupun bisnis besar. Namun di tengah kondisi yang sulit ini akan selalu ada peluang usaha yang dapat dilakukan. 

Salah satu yang mengalami perubahan signifikan akibat pandemi ini adalah kegiatan jual beli yang saat ini banyak dilakukan di rumah. Karena itu banyak terbuka peluang baru walaupun harus di rumah saja. 

Berikut ini adalah ide-ide usaha yang dapat kamu lakukan dari rumah: 

1.Peluang Usaha Frozen Food

Banyak pekerja swasta atau pegawai negeri yang harus berada di rumah karena kondisi pandemi. Di antara mereka banyak yang merupakan generasi milenial.

Generasi ini ciri khasnya adalah selalu mencari kepraktisan. Termasuk dalam mengolah makanan. 

Ini bisa menjadi peluang baru bagi kamu untuk menjual produk makanan beku. Karena makanan beku mudah disimpan dan mudah diolah. Karena itulah peluang usaha produk makanan beku memiliki potensi pasar yang sangat besar.

Kamu bisa menjual mulai dari risol beku, dimsum beku, nugget beku, atau produk-produk makanan lain yang bisa dibekukan. Gunakan kreativitas kamu untuk menemukan jenis makanan baru yang dapat menarik minat calon pembeli kamu. 

2. Menjual Produk Kesehatan dan Kebersihan Tubuh

Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, peluang usaha produk kesehatan atau kebersihan diri menjadi prioritas utama yang dicari oleh masyarakat. 

Kamu bisa memproduksi masker kain sendiri dengan motif yang lucu dan menarik. 

Kamu juga bisa memproduksi hand sanitizer sendiri dengan komposisi dan bahan yang dapat kamu beli secara online. Jangan lupa taruh produk kamu ke dalam kemasan botol yang menarik. 

3. Usaha Editing Foto dan Video

Untuk kamu yang memiliki skill edit foto atau video, maka inilah kesempatan besarmu! Dengan banyaknya masyarakat yang berada di rumah maka tingkat penggunaan media sosial juga meningkat secara drastis.

Dengan sendirinya peluang jasa editing foto dan video untuk membuat postingan yang menarik perhatian di media sosial juga akan meningkat tajam.

Kamu bisa tawarkan jasa editing ini menggunakan media sosial kamu, grup WhatsApp teman dan keluargamu, atau kamu juga bisa bergabung di marketplace penyedia jasa pekerja lepas online.

4. Usaha Penulis Lepas

Penggunaan internet selama masa pandemi meningkat tajam. Terdapat ribuan website, konten media sosial, atau blog yang membutuhkan tulisan baru setiap harinya.

Kamu bisa memanfaatkan peluang menjadi penulis lepas untuk mendapatkan penghasilan. Bermacam-macam tulisan dapat kamu buat mulai dari menjadi penulis artikel, membuat atau mengkonsep feed media sosial, atau bahkan membuat naskah untuk channel YouTube.

5. Peluang Usaha Bibit Tanaman

Banyak orang yang memiliki hobi berkebun namun selalu terhambat karena kewajiban mereka untuk bekerja di luar rumah. Saat mereka sering berada di rumah maka timbul kembali keinginan menekuni hobi berkebun.

Bila kamu juga senang berkebun, maka kamu bisa menangkap peluang usaha menjual bibit tanaman bagi mereka yang ingin mempercantik halaman atau kebunnya. 

Kamu bisa menjual bibit atau tunas tanaman melalui aplikasi marketplace. Dengan menggunakan marketplace maka peluang pasar kamu akan terbuka sangat lebar.

Kondisi pandemi bukanlah alasan untuk tidak mendapatkan penghasilan. Peluang usaha selalu ada bahkan banyak diantaranya yang dapat dilakukan dari rumah. Tetap kreatif dan jeli melihat potensi dan kemungkinan yang ada, dijamin kamu akan survive dalam kondisi apapun. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *