Pendidikan

5 Cara Supaya Tetap Semangat Meski Belajar di Rumah

Pandemi yang memaksamu belajar di rumah jangan sampai membuat semangat belajarmu kendor. Baca 5 tips berikut ini agar tetap semangat.

Written by Farhan Akbar Muttaqi · 2 min read >

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia beberapa bulan belakangan ini, memaksa terjadinya penyesuaian cara hidup diberbagai sektor kehidupan. Termasuk, di sektor pendidikan. Kamu yang biasanya setiap hari belajar di kampus atau sekolah, kini harus belajar di rumah.

Akibat kebijakan belajar di rumah, banyak pelajar dan mahasiswa yang curhat. Mengaku kangen dan ngebet pengen buru-buru bisa balik lagi belajar dengan cara yang normal sebagaimana sebelum pandemi terjadi. Bahkan jangan-jangan, kamu diantaranya ya merasakan itu?

Selain soal kangen, hal lain yang banyak dicurhatkan adalah soal suasana belajar di rumah yang membosankan. Meski disatu sisi hal ini dapat dimaklumi, namun jangan sampai hal itu berimbas buruk pada prestasi belajar dan terbuangnya waktumu dengan sia-sia.

Idealnya, kamu tetap harus semangat belajar di rumah. Toh, yang namanya belajar sesungguhnya kebutuhanmu sebagai manusia. Banyak sekali manfaatnya jika selagi muda konsisten dalam belajar. Untuk membantumu tetap semangat, berikut saya sampaikan 5 cara yang mungkin dapat kamu laksanakan.

  • Mandi tetap pagi

Meski tak berangkat ke sekolah atau kampus, sebaiknya kamu tetap mandi pagi sebagaimana biasanya. Meski malas, usahakan tetap paksakan  hal ini. Jika kamu tidak mandi, biasanya bawaannya kamu akan males-malesan. Lenjeh-lenjeh dan rebahan di kasur gak karuan.

Sebaliknnya, jika kamu memulai pagi dengan mandi, maka kamu akan merasa segar. Suasana yang lebih semangat secara otomatis akan terbangun. Dampaknya, kamu lebih siap untuk memaksa diri dalam mengisi waktu dengan hal-hal produktif. Termasuk, dengan belajar.

  • Menyusun Agenda Harian

Salah satu penyebab malas dan hari berlalu minim produktifitas adalah tiadanya perencanaan dalam menghabiskan hari. Untuk itu, penting bagi kamu untuk menyusun agenda harian. Berisi tentang hal-hal apa saja yang akan kamu lakukan di hari tersebut berikut waktu dan durasi pelaksanaannya jika memungkinkan.

Kamu bisa menyusun kapan saatnya mengerjakan tugas, kapan saatnya membaca, hingga kapan kamu memanjakan diri dengan mencari hiburan dengan bermain game misalnya. Dengan perencanaan semacam ini, kamu setidaknya memiliki komitmen dan batas-batas dalam setiap aktivitas.

Tentu saja, yang terpenting dari aktivitas ini bukanlah proses menyusunnya. Namun, bagaimana kamu berusaha mengkomitmen diri dengan apa yang telah kamu rencanakan? Jelas, ini membutuhkan juga yang namnya konsistensi. Namun, jika sudah terbiasa, nyalanya semangat itu akan semakin terasa mudah.

  • Menemukan Partner dengan Pemahaman yang Sama

Hal lain yang juga memiliki pengaruh, adalah keberadaan partner yang bisa mendukung semangat yang hendak kamu bangun. Meski motivasi itu datangnya dari diri sendiri, namun kadangkala butuh juga sentilan dari luar agar motivasi itu dapat terpatik lalu menyala.

Ketika belajar di rumah sendiri, tak berarti kamu kehilangan kesempatan berkomunikasi dengan teman-temanmu di sekolah atau kampus bukan? Zaman sudah canggih. Kamu bisa berkomunikasi dengan temanmu yang sama-sama berusaha membangun semangat dan saling bertukar perasaan juga pikiran positif. Semangatmu mungkin akan terangsang manakala kamu tau bahwa temanmu sangat produktif meskipun di rumah terus.

  • Selingi dengan Hiburan atau Istirahat

Melakukan suatu pekerjaan yang sama dalam waktu panjang, lama-lama pasti membosankan. Untuk itu, penting juga bagi kamu untuk menyelinginya dengan hal-hal yang membuat kepalamu kembali segar. Bisa dengan istirahat sejenak. atau dengan melakukan aktivitas yang menghibur. Misalnya dengan menonton video-video lucu di youtube, bermain game, atau bermain dengan orang-orang yang ada di rumahmu.

Hanya saja, harus dipahami, ini hanya selingan saja. Jika selingan, maka sebaiknya jangan terlalu lama. Lama-lama istirahat dan melakukan berbagai kegiatan yang menghibur, justru malah bikin kecanduan dan lupa belajar.

  • Tidur yang Cukup dan Teratur

Salah satu hal yang menjadi faktor kamu kurang bersemengat ketika berada di program belajar di rumah, adalah ketika kamu kurang tidur dan jam tidurnya tak teratur. Kedua hal tersebut bisa membuatmu pusing dan bawaannya males-malesan. Bahkan pada akhirnya bukan hanya belajar yang males, namun mandi juga pasti males.

Maka dari itu, penting juga bagi kamu untuk memperhatikan jam tidur. Jangan sampai fleksibilitas kegiatanmu di masa pandemi ini membuat jam tidur kamu berantakan.

Oke, demikian 5 cara supaya tetap semangat meski Belajar di Rumah. Mudah-mudahan bermanfaat ya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *