Teknologi

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Website Yang Perlu Kamu Ketahui

Untuk meningkatkan kunjungan, berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengunjung website.

Written by subagiyo - · 2 min read >

Setiap pemilik website tentu akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan pengunjung website yang dikelolanya. Jumlah pengunjung yang tinggi akan meningkatkan terjadinya pembelian produk pada website jual-beli online. Sedangkan pada website biasa, jumlah pengunjung yang banyak juga akan meningkatkan penghasilan para pemilik website lewat mekanisme iklan yang mereka pasang.

Jika kamu ingin mendapatkan jumlah kunjungan yang meningkat pada situs yang dikelola, berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu ketahui.

Melakukan Riset Kata Kunci Yang Sesuai

Secara umum, website yang memiliki trafik besar adalah web yang memberikan manfaat bagi para pembacanya. Oleh karena itu membuat tulisan dengan kata kunci yang banyak dicari oleh pengunjung akan menjadi cara ampuh untuk meningkatkan trafik pengunjung website kamu.

Ada banyak tools untuk mencari kata kunci. Mulai dari yang gratis hingga berbayar. Beberapa contoh yang gratis antara lain adalah Google Trends, Ubersuggest, KW Finder, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan tools untuk riset kata kunci maka kamu pun bisa mencari berbagai jenis kata kunci yang potensial dicari pengunjung.

Incar Kata Kunci Jenis Long Tail Keyword

Secara umum ada dua jenis kata kunci yakni Short Tail Keyword dan juga Long Tail Keyword. Kata kunci Short Tail Keyword adalah kata kunci dengan frase pendek yang terdiri dari satu hingga dua kata saja. Kata kunci ini umumnya memiliki pencarian yang cukup besar. Akan tetapi, kata kunci ini juga memiliki tingkat persaingan yang sangat besar.

Sementara itu, Long Tail Keyword adalah kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih. Contoh kata kunci jenis ini misalnya adalah “cara meningkatkan trafik website”.

Kata kunci Long Tail Keyword memiliki volume pencarian dan persaingan yang lebih rendah. Persaingan yang lebih rendah tentu akan membuat kata kunci ini mudah untuk ditarget.  Oleh karena itu, memilih target long tail keyword terlebih dahulu akan menjadi langkah yang sangat baik untuk website kamu.

Masukkan LSI Keyword Sebagai Komponen Pelengkap

LSI merupakan akronim dari Latent Semantic Indexing. LSI adalah sejumlah kata kunci yang masih memiliki hubungan dengan kata kunci utama yang ditarget. Keyword utama yang terlalu sering diulang akan membuat artikel tersebut menjadi kurang baik karena bisa diangap sebagai keyword stuffing. Artikel dengan keyword stuffing akan ditandai sebagai spam atau indeks spam oleh mesin mencari.

Untuk mengatasi hal ini, alternatif yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan LSI keyword. Dengan menggunakan kata kunci LSI yang diletakkan secara almiah pada artikel, akan membuat penggunaan kata kunci utama menjadi berkurang.

Untuk menemukan kata kunci LSI, salah satu tools yang bisa kamu gunakan adalah LSI Keyword. Selain menggunakan tools tersebut, kamu pun bisa mencari LSI keyword dengan menggunakan related search yang biasanya tampil dibagian bawah hasil pencarian kata utama yang kamu ketikkan di Google.

Membuat Artikel Yang Lengkap Dan Menarik

Setelah memilih kata kunci utama dan kata kunci LSI yang sesuai, maka langkah berikutnya untuk meningkatkan jumlah pengunjung website adalah dengan menulis konten yang lengkap dan juga menarik. Artikel yang lengkap dan menarik akan membuat peluang website kamu untuk memenangkan persaingan menjadi semakin terbuka. Selain itu, mesin pencari biasanya akan lebih suka dengan artikel yang memiliki konten lebih lengkap.

Optimalkan Kecepatan Website Yang Kamu Miliki

Upaya untuk meningkatkan kunjungan ke website yang berikutnya adalah dengan mengoptimalkan kecepatan website yang kamu kelola. Website yang membutuhkan waktu terlalu lama untuk membuka kontennya, tentu akan banyak ditinggalkan oleh para pengunjung. Tentu ini akan berdampak kurang baik bagi website yang kamu miliki karena pengunjung akan semakin turun akibat waktu load website yang lama.

Demikianlah beberapa tips yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengunjung website yang kamu miliki. Mulai dari pemilihan kata kunci, pembuatan artikel yang lengkap dan menarik serta optimasi kecepatan website adalah beberapa langkan penting yang dapat digunakan untuk menggaet pengunjung ke website yang kamu kelola.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *