Kesehatan

5 Cara Diet Sehat Tanpa Harus Olahraga, Tertarik untuk Mencoba?

Diet dapat diartikan sebagai pola makan dengan gizi yang seimbang dengan tujuan menurunkan berat badan. Karena itulah, diet tidak boleh dilakukan secara...

Written by Sri Utami · 1 min read >

Persoalan berat badan sangat sering diperhatikan oleh banyak orang. Bisa dibilang, berat badan harus selalu dijaga agar penampilan tubuh tetap menarik. Untuk menjaga berat badan tersebut, banyak orang mencoba untuk menerapkan cara diet sehat dalam kesehariannya.

Yang pasti, diet yang sehat bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan alami. Diet pun bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yuk, simak kupas tuntas diet yang sehat tanpa harus olahraga dalam penjelasan berikut ini.

1. Menghindari Makanan Cepat Saji

Jika ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk menerapkan pola makan sehat dengan menghindari makanan cepat saji. Tentunya, diet satu ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus repot olahraga secara rutin. Meski makanan cepat saji sangat lezat, nyatanya makanan tersebut tidak baik untuk diet.

Jika dikonsumsi secara berlebih, makana cepat saji akan menyebabkan timbunan lemak dalam tubuh. Ditambah lagi adanya kandungan MSG yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat membuat berat badan naik.

Karena itulah, hindari makanan cepat saji untuk menjaga berat badan. Jika ingin makanan lezat namun tetap sehat, pilihlah makanan berprotein seperti ikan atau telur.

2. Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Diet yang sehat tanpa olahraga juga bisa dilakukan dengan cara memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Bisa dibilang, cara ini cukup efektif untuk menjaga dan menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan sayur dan buah mengandung serat yang tinggi.

Tidak hanya menurunkan berat badan, sayur dan buah juga memiliki manfaat lainnya. Sayur dan buah dapat mendetoksifikasi tubuh dan menghambat penyerapan gula. Hal tersebut tentunya bagus untuk kesehatan tubuh.

3. Memperbanyak Minum Air Putih

Minum banyak air putih juga termasuk cara efektif diet alami. Apalagi untuk seseorang yang tidak mempunyai waktu untuk berolahraga. Dibandingkan dengan minuman bersoda, air putih merupakan pilihan tepat untuk menjaga berat badan.

Memperbanyak minum air putih juga bagus untuk kesehatan tubuh. Misalnya seperti meningkatkan kinerja dari ginjal dan membersihkan racun dalam tubuh. Karena itulah, pastikan konsumsi air putih setiap hari sesuai dengan yang dianjurkan, yakni 8 hingga 10 gelas.

4. Menghindari Makan di Malam Hari

Diet yang alami dan sehat juga bisa dilakukan dengan menghindari makan di malam hari. Cara ini cukup efektif untuk diet tanpa harus melakukan olahraga. Agar tidak makan atau ngemil di malam hari, pastikan asupan tubuh saat sarapan sudah maksimal.

Bisa dibilang, sarapan menjadi kunci untuk berat badan yang tetap terjaga. Sarapan juga menjadi asupan energi tubuh selama seharian penuh. Karena itulah, porsi saat sarapan harus benar-benar tercukupi.

Jika terpaksa untuk makan di malam hari, cobalah mengganti makanan berat dengan buah apel. Setelah makan pun jangan langsung tidur. Sebaiknya, tunggu sekitar 2 sampai 3 jam setelah makan agar makanan dapat dicerna tubuh.

5. Rutin Minum Air Jeruk Nipis

Minum air jeruk nipis secara rutin juga bisa dilakukan untuk diet tanpa harus olahraga. Untuk menurunkan berat badan secara praktis, campurlah jeruk nipis dengan air hangat. Selanjutnya, air jeruk nipis dapat diminum rutin di pagi, siang, dan sebelum tidur.

Jeruk nipis dipilih karena kaya akan nutrisi yang bagus untuk tubuh. Ada vitamin C, vitamin B1, zat besi, kalsium, fosfor, dan lainnya. Sangat lengkap kan?

Demikian cara diet sehat yang bisa dilakukan tanpa harus repot olahraga. Selain menjaga asupan dan pola makan, pastikan juga untuk beristirahat dengan cukup. Yang pasti, tanamkan niat dalam hati agar diet bisa dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *