Kesehatan

5 Cara Alami Menyembuhkan Jerawat Batu Tanpa Harus ke Dokter

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang sering kali timbul dan membuat jengkel dikalangan remaja dan dewasa. Banyak yang tidak tahu bahwa bahan-bahan alami...

Written by Rahman Sidiq · 1 min read >

Jerawat batu merupakan permasalahan kulit yang sering kali timbul dan membuat jengkel para penderitanya, terutama dikalangan remaja dan dewasa walaupun mereka telah melewati masa pubertasnya. Karena melakukan perawatan ke dokter cukup menguras kantong, hal ini membuat para remaja maupun orang dewasa yang terserang jerawat ini mencari cara alami menyembuhkan jerawat yang lebih hemat mengeluarkan biaya dan tidak menimbulkan efek samping.

Pemicu jerawat berbeda-beda terutama saat melewati saat-saat pubertas. Jerawat bisa disebabkan oleh hormon, keturunan, serta kurangnya menjaga kebersihan wajah setelah memakai kosmetik dan bisa juga karena pola makan yang kurang baik.

Melakukan perawatan melalui dokter di klinik tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk sekedar konsultasi dan membeli obatnya. Tapi kamu jangan khawatir, berikut diantaranya cara alami menyembuhkan jerawat batu secara alami yang bisa kamu lakukan dirumah:

  • Madu

Madu merupakan bahan alami yang biasa digunakan sebagai santapan sehat dan obat. Banyak penelitian tentang madu ini, sehingga teruji dan terbukti mempunyai banyak manfaat. Madu memiliki vit dan mineral yang baik untuk kesehatan badan dan kulit.

Cara alami menyembuhkan jerawat meradang dengan madu yaitu dengan mencampurkan madu, lidah buaya, serta sejumput kunyit yang kemudian semuanya kamu haluskan dan campurkan hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta tersebut pada wajah dan tunggu 10 hingga 15 menit serta bilas dengan air dingin. Dan kompreskan es batu untuk menutup pori-pori wajah.

  • Bawang Putih

Bawang putih yang biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap masakan, ternyata bawang putih juga teruji jitu sebagai obat tradisional dalam melawan peradangan. SEnyawa organosulfir pada bawang mempunyai dampak antiimflasi serta antibakterial alami.

Cara menyembuhkan jerawat dengan bawang putih yaitu bisa dengan meningkatkan jumlah bawang putih ke hidanganmu. Atau bisa langsung dikunyah bersama cengkeh, atau bisa juga dengan menambahkan bawang putih kedalam minuman hangatmu.

  • Es Batu

Cara Alternatif ketiga yaitu menyembuhkan jerawat dengan es batu. Caranya sangat mudah, kamu tinggal membungkus es batu dengan kain bersih dan tipis yang kemudian kamu kompreskan dan pijatkan secara pelan pada wajah yang berjerawat dengan derakan memutar.

Es batu berperan juga dalam mengecilkan pori-pori wajah sehingga kotoran dan debu tidak mudah masuk serta menutup folikel. Cara alami ini terbukti jitu dalam menjaga kulit wajah. Gunakan secara teratur untuk menghindari jerawat timbul kembali.

  • Mentimun

Pada umumnya orang memakai irisan mentimun untuk menenangkan wajah yang bengkak. Kandungan vit dan senyawa anti inflamasi pada mentimun sangat baik dalam berperan meredakan kulit kemerahan dan bengkak yang diakibatkan oleh jerawat.

Kupaslah sebagian mentimun dan potong bagian mentimun tersebut kecil-kecil, kemudian haluskan potongan mentimun tersebut menggunakan blender. Tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya yang fresh. Oleskan campuran tersebut pada kulih wajahmu yang berjerawat, diamkan 10 – 15 menit yang kemudian bilas menggunakan air hangat.

  • Lemon

Lemon memiliki senyawa yang bersifat anti bakteri dan anti jamur. Dampak anti mikroba pada lemon bisa membunuh kuman dan bakteri Propionibacterium acnes yang menyebabkan jerawat meradang.

Cara alami menghilangkan jerawat menggunakan lemon sangatlah mudah, dengan kamu memotong lemon dan menggosokkan potongan lemon tersebut secara lembut ke bagian wajah yang berjerawat. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Itulah 5 cara alami menyembuhkan jerawat yang dapat kamu lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya mahal dan waktu untuk pergi perawatan kulit wajah ke dokter. Tidak hanya murah, bahan-bahan alami tersebut sangat mudah ditemui disekitarmu. Selamat mencoba!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *