Bisnis

4 Strategi Mempromosikan Konten Blog dengan Efektif

Konten yang menarik sangat penting dalam pemasaran online, tapi mempromosikannya tidak kalah penting. Gunakan 4 strategi efektif ini ya untuk mempromosikannya.

Written by mastermin · 1 min read >

Salah satu hal penting dalam pemasaran online adalah membuat konten yang menarik di sebuah website. Namun, ada hal yang lebih penting dibandingkan hal tersebut. Yaitu mempromosikan kontennya.

Untuk sebuah web baru, untuk mendapat visitor tentu membutuhkan kerja keras. Web yang sudah lama adanya tanpa konten baru pun tidak baik.

Lalu bagaimana cara efektif untuk mempromosikan konten agar segera mendapat visitor melimpah?

  • Bergabung dengan Grup di Facebook

Strategi pertama yang bisa dilakukan untuk menarik visitor ke konten yang diinginkan adalah dengan bergabung ke grup Facebook populer dan membagikan tautan kontennya. Usahakan anggota grupnya lebih dari 10.000 orang.

Namun, usahakan grupnya sesuai dengan topik konten yang dibagikan. Jangan lupa untuk turut aktif berinteraksi agar ada timbal balik dan anggota grup lainnya. Anggota lain pun tidak segan untuk berkunjung.

Strateginya gunakan 1:4, setelah empat kali posting non promosi, maka yang kelima adalah posting promosi. Namun pastikan kontennya benar-benar bermanfaat. Bisa juga dengan membuat Facebook page dan memposting konten di sana terlebih dahulu sebelum dibagikan ke grup-grup.

  • Aktif di Forum

Dilansir dari saungwriter.com, setiap jenis topik memiliki forumnya masing-masing. Contohnya saja forum komunikasi dan teknologi. Jika topik blog sesuai dengan forum tersebut bergabung dan turut aktiflah di dalamnya.

Untuk mendapatkan forum ini, bisa mencarinya di internet. Catatan penting, sebelum mempromosikan konten sebaiknya pelajari terlebih dahulu TOS atau aturan forumnya. Apabila memang diperbolehkan untuk membagikan konten, kapan waktu yang tepat membagikannya?

  • Memasang Link Blog lain di dalam Konten

Pernah menggunakan cara ini untuk membuat artikel web dibagikan oleh blogger lain? Jika belum, coba saja.

Buatlah konten yang memiliki sangkut paut dengan blog orang lain, misalnya saja membuat tulisan terkait SEO artikel. Bisa disematkan ke salah satu kalimat yang mendukung, seperti jasa SEO berkualitas.

Mudah sekali kan caranya? 

Setelahnya beralihlah ke halaman kontak dan hubungi. Kalau tidak dijawab, bisa mengirimkan email follow up. Umumnya dengan cara sederhana ini ada 20 hingga 50 persen yang membalas.

Kalau konten yang dibuat memang menarik dan bagus, mereka pun tidak akan segan untuk membagikan konten ke audiennya.

  • Guest Blog

Bersumber dari saungwriter.com salah satu dari lima faktor SEO yang akan memuluskan jalan ke page one adalah backlink berkualitas. Dan salah satu cara mendapatkannya adalah dengan guest blog.

Guest blog ini bukan hanya sangat efektif untuk mendapatkan backlink yang berkualitas tetapi juga efisien untuk meningkatkan traffic. Sehingga konten yang sedang dipromosikan bisa naik rank-nya di mata Google.

Caranya mudah, cari saja blog yang menerima guest blog kemudian buat artikel dan sisipkan tautan salah satu web konten pada artikel. Terakhir masukkan artikel ke blog yang menerima guest blog tadi.

Tunggu artikel yang terkirim diposting oleh pemilik blog. Cara ini tak kalah efektif untuk mendatangkan visitor dari blog lain. Namun, perhatikan guideline yang diterapkan ya sebelum mengirimkan konten.

Bagaimana dengan empat strategi sederhana mempromosikan konten blog di atas? 

Mudah sekali dilakukan kan?  Bukan hanya efektif saja tapi cara-cara di atas tergolong hemat waktu.

Selain itu ada juga alat untuk mempromosikan konten seperti Buffer, GMass, Ahrefs, dan masih banyak tools lain yang bisa dipilih dan dimanfaatkan. Ingat, pilih alat yang bebas dari sifat spam.

Karena spam bisa membuat orang lain terganggu dan bisa juga berpengaruh pada blog yang dipromosikan. Jadi, main bersih saja dari bawah ya dengan menerapkan empat strategi di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *