Bisnis

4 Cara Mendapatkan Uang dari Blog yang Terbukti Menghasilkan

Ada berbagai cara untuk mendapatkan uang dari blog misalnya dengan memasang iklan Adsense, mengikuti program afiliasi, menjual produk/jasa atau sponsored content.

Written by maulida fadhila · 1 min read >

Mengelola sebuah blog dan mendapatkan uang dari hobi menulis tentu menjadi impian setiap orang. Blog punya potensi besar untuk menjadi sumber penghasilan asalkan kamu tahu cara mendapatkan uang dari blog. Agar blog bisa menghasilkan, yang paling penting tentu saja jumlah pengunjung blog cukup banyak. Blog juga harus menampilkan konten yang bermanfaat.

Bahkan jika pendapatan yang kamu dapatkan dari blog lumayan besar, kamu bisa menjadi seorang full time blogger. Banyak blogger profesional yang penghasilannya tidak kalah dengan pegawai kantor. Dengan berkembangnya internet dan semakin banyak orang yang mencari informasi lewat internet, ini menjadi peluang emas mendulang pundi-pundi rupiah dari blog.

4 Cara Memperoleh Penghasilan dari Blog

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk meraih penghasilan dari blog yang kamu miliki. Kamu bisa mendapatkan banyak uang dengan berbagai cara berikut.  Yang penting blog kamu memiliki banyak pengunjung dan terawat dengan baik.

1.Google Adsense

Google Adsense menjadi sumber penghasilan yang paling dikenal oleh para blogger. Banyak sekali blogger yang mempelajari cara menghasilkan uang dari blog Google Adsense. Sebagian blogger sukses mengandalkan Google Adsense sebagai penghasilan utama dari blog mereka. Karena ini adalah bagian dari Google, pastikan blog kamu memenuhi persyaratan Google.

Untuk mendapatkan penghasilan dari Google Adsense, daftarkan blog kamu dan buatlah akun Adsense. Biasanya dibutuhkan waktu beberapa hari bagi pihak Google untuk meninjau sebuah blog. Jika sudah diterima, letakkan kode iklan dari Google Adsense pada blog.

2. Program Afiliasi

Program afiliasi ini menjadi cara menghasilkan uang dari internet yang juga cukup populer. Cara kerja dari afiliasi ini yaitu pemilik blog akan mendapatkan komisi jika ada pengunjung yang melakukan pembelian terhadap produk/jasa yang ditawarkan oleh program afiliasi ini. Jumlah komisinya sangat bervariasi dan tergantung perusahaannya.

Jumlah penghasilan yang didapatkan dari program afiliasi ini tidak kalah besar dibandingkan dengan Google Adsense. Banyak yang sudah membuktikannya. Contoh perusahaan terkenal yang memberikan komisi dari program afiliasi ini adalah Amazon. Apakah kamu tertarik ingin mencoba?

3. Jual Jasa

Kamu tidak melulu harus mengandalkan pihak ketiga untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang kamu kelola seperti Google Adsense atau program afiliasi. Kalau kamu memang punya keahlian lain yang bisa ditawarkan lewat blog, maka jangan ragu menawarkannya.

Misalnya jasa menulis artikel kalau kamu pandai menulis artikel SEO. Kamu juga bisa menawarkan jasa desain grafis untuk kamu yang jago desain atau jasa pembuatan website WordPress untuk kamu yang pintar programming.

4. Sponsored Content

Kalau blog kamu memiliki pengunjung yang cukup banyak dan memiliki skor DA/PA yang cukup tinggi, kamu bisa membuka sponsored content. Kamu akan mendapatkan uang setiap kali ada pihak lain yang ingin memposting konten pada blog kamu. Konten ini biasanya mengandung link yang  mengarah pada blog dari si pemilik konten. Tujuannya adalah meningkatkan otoritas blog mereka.

Kapan waktu terbaik untuk menjadikan blog sebagai ladang penghasilan?  Tentu saja sekarang. Jangan menunda lagi! Rawat blog kamu sebaik mungkin dan terapkan berbagai cara mendapatkan uang dari blog seperti yang sudah dijelaskan di atas. Ingatlah bahwa untuk bisa mendapatkan uang dari blog, kamu harus menjadi penulis yang produktif dan bisa menyajikan bacaan yang bermanfaat untuk pembaca. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *