Lainnya

4 Alternatif Kantong Plastik yang Unik dan Ramah Lingkungan

Plastik adalah salah satu material yang tidak dapat terurai secara organik dan dapat mengancam keberlangsungan semua makhluk hidup. Untuk mengurangi sampah plastik,...

Written by Linna Amanda · 1 min read >

Plastik adalah salah satu material yang tidak dapat terurai secara organik. Butuh ratusan tahun agar kandungan yang terdapat di dalam plastik dapat menyatu dengan bumi. Namun sayangnya, banyak orang yang memakai plastik untuk menjadi bahan utama berbagai macam keperluan sehari-hari.

Hal ini tentunya menyebabkan masalah untuk keberlangsungan semua makhluk hidup yang berada di suatu ekosistem. Di saat laut tertutupi oleh plastik yang terus menumpuk, hidup biota laut seperti ikan dan penyu mulai terancam.

Sebagian minimarket di Indonesia telah menghentikan penggunaan kantong plastik dan mengajak konsumen untuk membawa kantong belanja dari rumah. Tetapi selain itu, masih ada 4 alternatif kantong plastik dengan bahan-bahan unik yang bisa kamu coba pakai. 

  1. Kresek Berbahan Dasar Singkong (Cassava Bag)

Kantong yang terbuat dari serat singkong atau telo adalah salah satu bioplastik yang ramah lingkungan. Di Indonesia sendiri singkong adalah sumber daya alam yang mudah ditemukan sehingga menjadikannya materi tidak akan merogoh kantong.

Kantong organik ini bisa larut dengan mudah saat terkena air. Bahkan jika dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu yang lama bisa digerogoti serangga seperti semut.

  1. Tas Berbentuk Jaring (Produce Net Bag)

Tas yang satu ini dibuat dengan mengaplikasikan teknik anyaman dan memiliki pola seperti jaring. Untuk kamu yang punya atau tertarik dengan dunia menganyam ini adalah kesempatan bagus untuk mengasah kemampuan kamu.

Kantong belanja ramah lingkungan seperti ini cocok untuk menjadi wadah buah-buahan segar sebagai pengganti tas plastik sekali pakai yang biasa kita pakai. Bahkan tas jaring sudah menjadi tren untuk dijadikan aksesori dalam berpakaian sehari-hari.

  1. Kantong Kertas (Paperbag)

Kantong kertas sudah biasa digunakan oleh masyarakat Amerika dan Eropa. Bentuknya yang kotak memang terkesan kurang praktis tetapi sangat cocok untuk digunakan untuk keperluan belanja sehari-hari. Tenang saja, kamu masih bisa menaruhnya di bagasi mobil atau memegangnya dengan erat.

Bahan kertas sudah tidak diragukan lagi keramahan-lingkungannya karena selain mudah terurai juga termasuk material yang mudah diperbarui. Pohon akan terurai secara alami karena terbuat dari kayu yang tidak memiliki senyawa yang beracun untuk bumi.

  1. Tas Dari Baju Bekas

Jika punya baju lama yang masih cukup bagus, kamu bisa desain ulang menjadi salah satu pilihan untuk mengurangi sampah plastik. Kaos oblong yang terbuat dari katun tebal akan memuat banyak barang karena elastis dan kuat.

Kamu bisa mengikuti berbagai macam tutorial yang tersedia di internet atau mendorong sisi kreativitasmu sendiri. Salah satu keuntungan terbesar jika kamu memilih untuk melakukannya sendiri yaitu kamu bisa menentukan bentuk kantong sesukamu. Gambar atau tulisan yang ada di kaos juga akan memberikan kesan stylish.

Ini hanyalah sebagian dari banyaknya alternatif kantong plastik yang tergolong unik. Kamu bisa memilih kantong belanja yang paling sesuai dengan situasi keadaan dan dompetmu. Mengurangi plastik tidak akan susah jika kamu memiliki keinginan yang kuat untuk mencari atau bahkan membuatnya.

Dengan menggunakan tas belanja berbahan dasar mudah lingkungan kamu juga bisa menyebarkan kesadaran untuk diet kantong plastik ke orang-orang di sekitarmu. Kamu sudah selangkah lebih depan untuk menyelamatkan bumi dengan melakukan hal kecil.

Penggunaan plastik yang berkurang akan mengurangi sampah dan polusi yang mengancam ekosistem. Jika semua orang bekerja sama untuk mengganti kantong plastik bumi pun bisa terselamatkan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *