Kuliner

10 Makanan Tradisional Jakarta Yang Buat Kamu Ketagihan

Jakarta memiliki berbagai macam kuliner yang cukup populer dan enak salah satu makanan tradisional khas betawi yang terkenal diantaranya yaitu soto betawi

Written by Reza Putra · 2 min read >

Setiap daerah di Indonesia sendiri memiliki berbagai macam ciri khasnya masing-masing terutama pada bidang kulinernya. Jakarta, sebagai ibu kota negara termasuk salah satu kota yang memiliki ciri khas pada makanannya. Makanan tradisional Jakarta ini dari zaman dulu hingga saat ini tidak pernah dilupakan, meski sekarang sudah banyak makanan kekinian khas kota-kota besar.

Hal ini tidak terlepas dari peran masyarakat Betawi yang terus-menerus melestarikan budaya nya termasuk di bidang kuliner. Karna kita tahu bahwa zaman sudah berkembang pesat jangan sampai budaya yang sudah ada dari dahulu menghilang begitu saja. Seperti kalian ketahui dan bisa di lihat sekarang bahwa makanan tradisional Betawi juga bisa bersaing dengan makanan kekinian kan.

Nah, apa aja sih kira-kira makanan tradisional khas Jakarta yang paling enak dan terkenal bukan hanya di Jakarta saja, tetapi juga ke seluruh daerah. Simak pembahasannya dibawah ini:

Makanan Tradisional Jakarta Yang Buat Kamu Ketagihan

Mungkin untuk masyarakat Jakarta udah banyak yang tahu makanan tradisional ini. Namun, buat kalian yang sedang liburan atau merantau ke daerah Jakarta wajib cobain kuliner ini ya dijamin bakal ketagihan.

1. Soto Betawi

soto betawi

Soto betawi merupakan makanan khas betawi dengan campuran dari berbagai macam jeroan sapi. Sebenarnya soto betawi ini mirip dengan soto-soto pada umumnya, tapi jika kamu perhatikan ketika makan soto betawi dan soto lainnya terdapat perbedaannya. Soto betawi memiliki kuah yang cukup kental dan dibuat dengan campuran santan serta susu, berbeda dengan soto pada umumnya.

Hal inilah yang menjadi ciri khas dari soto betawi ini apalagi ketika kamu makan dengan nasi yang panas. Oleh karena itu, makanan ini menjadi makanan tradisional yang paling populer dan enak.

2. Kerak Telor

kerak telor

Kalo kuliner yang satu ini pasti semua orang sudah tahu dari zaman dulu kerak telor sangat terkenal baik dikalangan masyarakat betawi maupun dari daerah lain. Bisa dibilang kerak telor ini menjadi identitasnya kota Jakarta di bidang kuliner loh. Kerak telor dibuat dari campuran nasi dan telor ditambah dengan bumbu andalannya.

Telor yang dipakai bisa telor ayam ataupun telor bebek. Uniknya kerak telor dibuat dengan cara dibakar diatas tempat seperti tungku. Jika, nasi sudah setengah matang oleh abangnya akan di bolak-balik sampai benar-benar matang.

3. Gado-Gado

gado gado

Buat kalian yang suka sayuran atau seorang vegetarian bisa cobain makanan yang satu ini, yaitu gado-gado. Umumnya gado-gado terbuat dari bahan sayuran seperti, kangkung, kubis, kol, kadang ditambah dengan tahu, dan aneka sayuran lainnya.

Untuk bumbunya sendiri yaitu memakai bumbu kacang. Saya sarankan kalau makan gado-gado lebih enak jika bumbunya ini yang pedas karna rasanya sangat pas. Dijamin siapapun pasti suka dengan gado-gado.

4. Kue Rangi

kue rangi

Kue rangi memang kedengarannya sedikit asing karna sangat jarang orang yang berjualan kue ini. Kalau dulu orang masih banyak yang keliling menjual makanan ini. Kue rangi dibuat dari kelapa parut, tepung beras/tepung kranji dan dipanggang di tempat yang sudah disediakan.

Jika sudah matang kue rangi diberi campuran gula merah yang sedikit kental. Rasa dari kue rangi ini sangat legit, manis, dan enak pastinya. Buat kamu suka nyemil yang manis-manis bisa coba kue rangi ini.

5. Ketoprak

ketoprak

Hampir sama seperti gado-gado, ketoprak juga memakai bumbu kacang. Namun, jika gado-gado dibuat dari aneka sayuran saja. Ketoprak dibuat dari lontong dan campuran bihun, tahu, toge, dan telor. Makanan ini bisa kamu jumpai dimana saja karna banyak orang yang menjualnya.

6. Asinan Betawi

asinan betawi

Makanan buat kamu yang suka sayuran lainnya yaitu asinan betawi. Asinan ini terdiri dari sayuran berupa kol, tahu, toge, dan kubis. Untuk bumbunya sendiri di yaitu terdiri dari bumbu kacang dan tambahan kerupuk merah atau kerupuk kuning.

7. Dodol Betawi

dodol betawi

Biasanya makanan ini ada pada saat perayaan idul fitri dan idul adha. Namun, kamu bisa memakan dodol betawi tidak hanya pada perayaan hari raya saja. Kamu bisa membuatnya sendiri loh bahan-bahannya terdiri dari ketan hitam dan ketan putih.

Rasanya pun tidak kalah dengan dodol dari daerah lainnya yang legit dan lembut. Cocok banget makanan ini untuk kamu yang sedang nongkrong santai sambil ditemani kopi dan dodol betawi.

8. Gabus Pucung

gabus pucung

Seperti namanya makanan ini terbuat dari ikan gabus. Kuliner ini masih banyak kita temui di sekitaran daerah Jakarta, kuahnya gabus pucung berwarna hitam dan rasanya pun sama seperti rawon yang manis.

9. Laksa Betawi

laksa betawi

Sepintas laksa betawi ini terlihat mirip dengan soto betawi ya. Laksa betawi terbuat dari bihun, daun kemangi, perkedel, telor, dan juga daun kucai. Kuahnya sama seperti soto betawi berwarna kuning tapi tidak sekental soto betawi. Rasanya pun sangat gurih dan lezat.

10. Roti Buaya

roti buaya

Roti buaya menjadi makanan khas betawi ketika di acara-acara besar seperti pernikahan. Kue ini merupakan simbol bagi masyarakat betawi untuk seserahan kepada pengantin. Kamu yang tinggal di lingkungan Jakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan kue ini.

Rasa yang dibuat pun sekarang mengalami inovasi. Jika dulu rasa roti buaya hanya terdiri dari satu saja, kini roti buaya memiliki berbagai macam rasa dan terdapat isian juga.

Itulah, 10 makanan tradisional Jakarta yang paling populer dan paling enak. Apakah kamu sudah menyicipi semua makanan diatas? kalo belum silahkan cari di sekitaran Jakarta kamu pasti menemukan makanan-makanan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *