Wisata

10 Kota Tertua di Indonesia Beserta Ragam Keunikannya

Beberapa kota tertua di Indonesia tentu memiliki keunikan yang bisa bikin kamu tertarik mengunjunginya. Apakah kotamu termasuk?

Written by NUR HUDA · 1 min read >

Salah satu bukti jejak peradaban yang membanggakan adalah kota tertua di Indonesia. Kota-kota yang telah berdiri sejak dahulu kala. Bahkan ada beberapa yang pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan pada masanya.

Tidak hanya berusia puluhan tahun, ada kota yang memiliki usia ratusan bahkan ribuan tahun. Tak heran jika di kota-kota ini ada memiliki banyak keunikan yang menarik perhatian wisatawan.

Daripada penasaran, inilah 10 kota yang memiliki usia paling tua di Indonesia.

1. Palembang

Palembang adalah ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Dari sumber Prasasti Kedukan Bukit, Kota Palembang berdiri pada 16 Juni 682 Masehi. Kini Kota Palembang telah berusia 1337 tahun.

Kota Palembang kerap kali mendapat julukan Venice of the East yang artinya Venesia dari Timur. Julukan ini ada sebab kota Palembang nampak bersinar di malam hari, seperti provinsi Venesia di Italia.

2. Salatiga

Prasasti Plumpungan adalah bukti sejarah yang mengungkapkan bahwa Salatiga berdiri pada tahun 750 M. Kota ini, sering diberitakan sebagai kota yang paling indah di Jawa Tengah. Salatiga memiliki makanan khas yang bernama “Enting-enting Gepuk dan Ronde.”

3. Kediri

Sebuah artefak arkeologi menyebutkan bahwa Kediri didirikan pada tanggal 27 Juli 879 M. Sekarang Kediri sudah berusia 1140 tahun. Meski usianya sangat tua, kota ini adalah salah satu kota terkaya di Indonesia.

4. Magelang

Berdasar prasasti Mantyasih, kota Magelang berdiri pada Tanggal 11 April 907. Kota Magelang masuk di wilayah Jawa Tengah. Dulunya kota ini adalah pusat kegiatan keagamaan pada masa kejayaan Wangsa Syailendra.

Kota Magelang seringkali disebut sebagai salah satu kota terkecil di Indonesia. Luas wilayahnya hanya sekitar 18,18 Km persegi. Namun tetap memiliki keunikan tersendiri yang beda dengan kota lainnya.

5. Banda Aceh

Banda Aceh merupakan ibukota Kesultanan Aceh Darussalam. Kota ini berdiri pada tanggal 22 April 1205. Siapa sangka, kota yang dulu pernah dihantam tsunami ini adalah salah satu tertua dengan umur 813 tahun.

6. Surabaya

31 Mei 1293 adalah tanggal berdirinya kota Surabaya. Kota yang dijuluki sebagai kota pahlawan ini, adalah salah satu kota terbesar di Indonesia dengan jumlah penduduk hampir 3 juta jiwa.

7. Probolinggo

Kota Probolinggo lahir pada tanggal 4 September 1359. Tepatnya di akhir masa kerajaan Majapahit.  Probolinggo ini memiliki wisata terkenal yang bernama Gunung Bromo.

Selain itu, kabupaten ini juga memiliki suku yang terkenal dengan keunikannya, yaitu Suku Tengger. Setiap tahun, di kota ini ada perayaan Kasada di kawah Gunung Bromo.

8. Cirebon

Cirebon adalah kota yang dijuluki sebagai kota udang. Berdiri pada tanggal tanggal 31 Desember 1388. Tepatnya pada masa kerajaan Sunda Galuh.

Kota ini dikenal memiliki pasar sandang terbesar se-Asia Tenggara. Kamu tentu harus coba mengunjunginya.

9. Bogor

Penobatan Prabu Siliwangi pada tanggal 3 Juni 1482 sebagai raja di Pajajaran dijadikan sebagai hari berdirinya Kota Bogor. Kota yang dikenal dengan Buitenzorg pada zaman Belanda ini, disebut sebagai kota yang memiliki kebun raya pertama di Asia.

1o. Jakarta

Tanggal 22 Juni 1527, Sunda Kelapa direbut dari tangan Portugis oleh Fatahillah. Tanggal itulah yang dijadikan hari lahir ibukota negara Indonesia ini.

Meski sering dikenal karena kepadatannya, kota ini juga lekat dengan budaya tradisional seperti kesenian ondel-ondel dan makanan khas yang bernama kerak telor.

Itulah 10 kota tertua di Indonesia dengan berbagai keunikannya. Kota-kota di atas tentu sangat menarik untuk dikunjungi. Apakah kamu sudah tidak sabar untuk berkunjung ke kota-kota tertua di atas? Selamat berwisata!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *